Aroma Keharuman Teh di Istana Eropa



Selama berabad-abad, teh hadir menjadi salah satu minuman di istana-istana Eropa, sehingga minuman ini lekat dengan aroma aristokrat.

“Voyages and Travel” merupakan literatur pertama yang berisi referensi mengenai perkembangan teh masuk ke benua Eropa. Literatur ini dikumpulkan oleh Giambattaista Ramusio dan terbit pada tahun 1559. Dalam literatur itu digambarkan teh sebagai minuman hangat yang memiliki manfaat kesehatan.

Meski Portugis sempat membawa teh dari Cina masuk ke Eropa tahun 1560-an, namun itu hanya sebatas untuk konsumsi di istana dan para saudagar kaya di negeri itu. Sampai tahun 1600-an, tak ada catatan bahwa teh sempat beredar dan diperdagangkan di Eropa.

Sekitar tahun 1606, Belanda untuk pertama kali mulai melakukan ekspor teh ke Eropa. Ekspor tersebut dilakukan melalui pelabuhan yang dibangun oleh Belanda di Banten di pulau Jawa. Ini merupakan awal mula teh dikenal dan diperdagangkan secara komersial di benua Eropa dan Amerika.

Masyarakat Eropa menyebut teh sebagai ‘Tay’, atau ‘Tee’ yang merupakan salah satu dialek dari bahasa di Canton. Bangsa Inggris melafalkan sebagai ‘tea’. Bangsa Belanda menyebut teh sebagai ‘Tee’. Dari kata “Tee” inilah masyarakat Indonesia kemudian melafalkan menjadi ‘Teh’.

Duke of Braganza mempopulerkan teh sebagai minuman istana

Tahun 1662, raja Inggris Charles II menikahi Catherine of Braganza yang juga dikenal sebagai Duke of Braganza putri raja Portugis, George V. Catherine dibesarkan di lingkungan di mana teh telah menjadi minuman istana.

Catherine tetap membawa kebiasaan minum teh ini di istana kerajaan Inggris. Meski pada awalnya dianggap sebagai ‘minuman aneh’, namun aroma keharuman tanaman Camellia sinensis ini, mulai disukai oleh para bangsawan Inggris. Dalam berbagai jamuan di istana, Catherine selalu menyajikan teh sebagai minuman utama. Teh tumbuh menjadi minuman penting di istana kerajaan Inggris. Supremasi kerajaan Inggris di Eropa, memiliki andil besar dalam menempatkan teh sebagai minuman di istana-istana Eropa.

Tahun 1664, Duke of Braganza memesan teh dari Belanda. Pesanan ini dikapalkan via pelabuhan Belanda di pulau Jawa sebanyak 200 lbs. Tahun 1669, Inggris mendapatkan hak monopoli perdagangan teh dari Cina. Melalui maskapai perdagangan East India Company, Inggris mulai memasarkan teh, terutama ke negara jajahan mereka yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Di Inggris, teh tidak saja menggeser ’ale’ sebagai minuman nasional, namun juga menyingkirkan wine. Teh semakin populer, ketika Anna yang dikenal sebagai ‘Duchess of Bedford’ di tahun 1840an, mengundang kerabat di lingkungan istana Inggris untuk menikmati jamuan teh sore hari. Ternyata acara ini mendapat apresiasi positif dari peserta yang hadir, sehingga akhirnya melahirkan gaya hidup baru yang dikenal sebagai ‘Afternoon tea’.

Meski Inggris tidak memiliki perkebunan teh, namun gaya hidup yang berangkat dari kebiasaan minum teh di masyarakatnya telah melahirkan budaya minuman teh, yang sebagian bahkan telah menjadi ’milik dunia’. Ambil contoh seperti afternoon tea dan high tea. Di luar itu masih ada tea dance, tea garden juga ada tea break, tea time sampai tea shop.

Berkembang bersama revolusi industri

Sampai dengan tahun 1700-an, perdagangan teh dari Asia masih kecil. Sistem perdagangan monopoli yang dipegang oleh Inggris melalui maskapai East India Company, telah membuat harga teh dunia sering tidak stabil.

Penemuan James Watt atas mesin uap pada awal abad 17, telah mendorong Inggris memasuki masa transisi. Dari negara agraris yang berbasis pertanian, Inggris bermetamorfosis ke negara industri. Perubahan radikal terjadi di semua lini kehidupan masyarakat, yang kemudian dikenal sebagai Revolusi Industri. Tahun 1720, Parlemen Inggris melarang impor produk tekstil dari Asia, termasuk tekstil sutera dari Cina. Ini sebagai antisipasi untuk mengamankan industri tekstil Inggris yang berkembang pesat akibat Revolusi Industri dari tekstil Cina di pasar domestik.

Parlemen Inggris menyepakati bahwa teh menjadi komoditas pilihan untuk menggantikan tekstil dari Cina. Para importir tekstil segera beralih menjadi importir teh. Teh berkembang menjadi komoditi penting, dan menempatkan Inggris sebagai importir sekaligus eksportir besar teh dunia. Ini menjadi awal dominasi Inggris di industri teh dunia!

Mulai tahun 1650 sampai tahun 1700, Inggris ’hanya’ mengimport teh dari Cina sebanyak 181.500 lbs. Namun setelah undang-undang baru tersebut diberlakukan oleh Parlemen Inggris, impor teh itu melonjak mendekati 40 juta lbs.

Tahun 1835, teh dari pulau Jawa mulai memasuki Balai Lelang teh Eropa. Java tea menjadi produk pertama di luar teh Cina yang masuk di pasar Eropa, mendahului Inggris yang masih melakukan budidaya teh di Assam, India.

Suatu saat, Sir Winston Churchill, perdana menteri Inggris legendaris itu membuka ’rahasia kemenangan’ serdadu Inggris di medan Perang Dunia II. ”...They could not have fought World War II without their steady supply of tea”. Begitu versi perdana menteri yang senantiasa lekat dengan cerutu ini.

Setiap pagi, konon ratu Wilhelmina dari Belanda serta ratu Elisabeth dari Inggris selalu menikmati minuman teh. Kebiasaan ini dilanjutkan oleh ratu Beatrice dari Belanda, yang sampai kini masih sering ‘menyeruput’ keharuman aroma minuman teh, termasuk dari perkebunan teh Indonesia!

Prawoto Indarto;
Sekretaris Indonesia TEH Lover’s
Penulis buku :
Teh Minuman Bangsa-Bangsa Di Dunia (2007)
Real Tea Real Health (2009)

Artikel Lainnya

  • Nov 21, 2018

    Resmi Dibuka, SIAL Interfood 2018

    Industri kuliner kian berkembang di Indonesia. Berkembanganya industri kuliner di Indonesia membuat wisatawan mancanegara tertarik untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata. Bahkan, wisata kuliner menempati 30% dari total pengeluaran atau belanja wisatawan. Dengan kata lain, industri kuliner sebagai salah satu penyumbang besar devisa negara.    "Industri kuliner menjadi salah satu daya tarik pariwisata tanah air. Dengan adanya pameran SIAL INTERFOOD 2018 ini, akan berdampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Acara ini juga akan menjadi ajang promosi dan informasi yang mampu mendorong kemajuan wisata kuliner nasional," terang Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I kementerian pariwisata RI, Dra. Ni Wayan Giri A. M.Sc, dalam upacara pembukaan pameran SIAL INTERFOOD 2018 yang di selenggarakan di Jakarta pada 21 November 2018.   Pameran yang berlangsung selama empat hari ini mentargetkan 75.000 pengunjung dan akan dimeriahkan beragam program menarik. Program-program tersebut di antaranya SIAL Innovations, yaitu program acara yang memberikan penghargaan tertinggi kepada peserta atas inovasi terbaik untuk produk makanan dan industri pendukungnya, seperti pengemasan dan kontainer. Selain itu juga ada kompetisi dan perlombaan dalam bidang patiseri, teh, dan kopi yang bekerjasama dengan berbagai asosiasi.  Tidak sampai di situ, SIAL INTERFOOD juga menyelenggarakan berbagai seminar dan workshop dengan mengangkat topik yang berkaitan dengan tantangan keamanan pangan, penanganan limbah, dan pengembangan bisnis kuliner di Indonesia. KI-37 ...

  • Nov 05, 2018

    Pengenalan Sertifikasi Halal Untuk Produsen Pangan Skala UMKM

    Jaminan produk halal merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan pada pola konsumsi pangan saat ini. Pergeseran tren ini menjadikan pemerintah berencana menerapkan kewajiban sertifikasi halal pada bulan Oktober 2019 mendatang.    Produk pangan yang diolah dari bahan halal sekalipun tetap harus memiliki sertifikasi halal agar dapat dipasarkan ke masyarakat. Implementasi kebijakan tersebut perlu menjadi perhatian karena kapasitas produksi pangan sangat beragam, mulai dari yang besar (industrial) hingga skala UMKM.    Penerapan sertifikasi halal bagi produsen pangan skala UMKM inilah yang perlu diperhatikan dan difasilitasi oleh pemerintah. “Masyarakat perlu dipahamkan tentang pentingnya jaminan produk halal beserta nilai tambah produk apabila memiliki sertifikasi halal.   Produsen UMKM banyak yang belum memperhatikan hal ini karena sertifikasi halal sampai sekarang masih bersifat sukarela,” jelas Desi Triyanti dari LPPOM MUI dalam acara Pengenalan Sertifikasi Halal Untuk UMKM sebagai rangkaian Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 yang diadakan pada 3 November 2018 di Smesco Convention Hall Jakarta.    Desi menekankan bahwa ada tiga hal yang harus ada untuk mempercepat proses sertifikasi halal bagi UMKM yaitu kejujuran dalam proses audit, kesadaran produsen untuk menggunakan bahan halal, dan adanya ketertelusuran komponen produk yang dihasilkan.    Partisipasi aktif para produsen pangan merupakan kunci penting keberhasilan sertifikasi. Selain dari pihak produsen, LPPOM MUI juga memfasilitasi pengajuan proses sertifikasi produk halal melalui aplikasi Cerol yang lebih efektif dan efisien. Fri-36 ...

  • Nov 03, 2018

    Jaminan Halal Ingredien Berbasis Protein

    Dalam industri pangan, obat-obatan, dan kosmetik, banyak digunakan ingredien yang diproduksi dari sumber protein hewani seperti gelatin, kolagen, dan kondroitin. Pada mulanya sebagian ingredien tersebut diproduksi dari sumber non-halal. Namun saat ini, tren konsumen khususnya pada umat muslim telah bergeser ke arah tuntutan jaminan produk halal sehingga diperlukan suatu perubahan yang menyeluruh terhadap sistem produksi ingredien tersebut.   ...

  • Nov 01, 2018

    Indonesia sebagai Pusat Produk Halal Dunia

    Indonesia tengah bersiap sebagai pusat produk halal dunia. Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam membuat hal tersebut sangat potensial untuk dikembangkan. Untuk memperkenalkan langkah tersebut, diadakan Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2018 yang menghadirkan berbagai macam acara seperti pameran, seminar, dan juga gelar wicara. ...

  • Okt 29, 2018

    Rempah-Rempah Indonesia Membumbui Dunia

    Kekayaan rempah-rempah Indonesia tanpa disadari membumbui pangan dunia. Sejarah menceritakan bahwa bangsa-bangsa Eropa dan Jepang menjajah nusantara salah satu tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan rempah-rempah Indonesia seperti lada dan pala. Hingga saat ini pun kuliner dan industri pangan tak akan lepas dari rempah-rempah sebagai penghasil flavor spesifik. Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada,  Supriyadi mengatakan, "Inilah 4 primadona rempah Indonesia: cengkeh, pala, kayu manis, kemudian lada." Ada beberapa bagian tanaman Indonesia yang digunakan sebagai rempah-rempah diantaranya akar, umbi, daun, kulit batang, bunga, dan buah. Adapun pemanfaatan bumbu bisa dalam bentuk segar, kering, saus, dan oleorosin. Nur ...