Delivery Services Trend



 

Tingkat kesibukan yang meningkat, merupakan faktor utama restoran cepat saji menjamur keberadaannya. Tidak hanya di kota-kota besar, restoran cepat saji ini juga merambah ke daerah-daerah dengan warga lokal sebagai pemilik gerai. Jika diperhatikan dengan seksama, menu utama yang ditawarkan oleh berbagai restoran cepat saji cenderung sama yakni ayam goreng dan olahannya, serta burger. Lantas apa yang membedakan antar satu restoran cepat saji dengan yang lain? Banyak yang menjawab, fasilitas dan service atau pelayanan yang diberikan oleh masing-masing outlet fastfood kepada para pelanggan.
Perkembangan sektor jasa terus meningkat dari tahun ke tahun.

Makin kompetitif persaingan, makin banyak pula inovasi yang dilakukan. Restoran cepat saji tidak hanya mengandalkan menu-menu yang inovatif, tetapi juga pelayanan ekstra yang dapat menarik hati para pelanggan. Jika dulu, restoran cepat saji hanya bisa dinikmati di siang atau sore menjelang malam saja, sekarang banyak restoran fastfood yang non stop 24 jam melayani pelanggan. Jika dulu pelanggan harus datang langsung ke restoran tersebut untuk membeli makanan yang diinginkan, maka sekarang layanan pesan antar (delivery service) dapat digunakan untuk memudahkan pelanggan yang tidak ingin susah payah pergi ke outlet.

Layanan pesan antar, merupakan layanan yang sangat dimanfaatkan oleh para pelanggan. Pelanggan dapat memesan makanan yang diinginkan hanya dengan menelpon dan kemudian makanan akan segera diantar ke lokasi dimanapun pemesan berada. Seperti layanan Pesan Antar 14022 milik KFC (Kentucky Fried Chicken) yang beroperasi 24 jam. “Layanan pesan antar ini untuk memudahkan para pelanggan yang ingin menikmati KFC di rumah,” cerita HD & Catering Support Manager PT Fastfood Indonesia Tbk., --sebagai pemilik resmi lisence KFC, Heri Susilo Utama. Sejak tahun 90-an layanan ini sudah ada. Pelanggan cukup menelpon store KFC terdekat, memesan apa yang diinginkan kemudian menunggu 30 menit, pesanan datang. Hanya 227 store dari sekitar 400 store KFC yang menyediakan layanan ini. “Layanan sangat dibutuhkan di kota-kota besar, dengan tingkat kesibukan yang cukup tinggi. Store yang berdekatan tidak semuanya melayani pesan antar. Daerah-daerah tingkat II (Kotamadya) juga tidak begitu memerlukan layanan ini, jadi tidak kami sediakan,” terang Heri. Jumlah call order yang masuk setiap harinya mencapai ribuan, apalagi jika bulan puasa. Call order bisa dua kali lipat jumlahnya dari hari biasa. Lunch hour adalah peak hour untuk delivery service di hari biasa, dan saat berbuka merupakan peak hour saat bulan puasa. Hambatan yang kini dialami oleh PT Fastfood Indonesia Tbk. (PT FFI), adalah armada dan rider. “Tidak semua pemesan terlayani tepat waktu untuk delivery service pada peak hour. Karena keterbatasan armada dan orang yang mengantar (rider), pesanan akan datang lebih lama dari waktu yang dijanjikan (lebih dari 30 menit),” kata Heri. Untuk menyiasati hal ini, terutama untuk menyambut Bulan Ramadhan, PT FFI siap menambah armada dan rider untuk meng-cover permintaan konsumen yang banyak saat jam berbuka puasa.

Teknologi call center digunakan oleh pihak FFI sejak tahun 2004, “Jadi konsumen tidak perlu menghafal nomor-nomor store yang menyediakan layanan antar, tetapi hanya dengan menekan 5 angka saja (14022-red) pesanan akan segera diantar,” ujar Heri. K-12

Artikel Lainnya

  • Jun 26, 2019

    Efek Konsumsi Lemak Trans terhadap Kesehatan

    Lemak trans ialah semua isomer geometrik dari asam lemak tidak jenuh tunggal dan asam lemak tidak jenuh jamak yang tidak terkonjugasi, dipengaruhi setidaknya oleh satu kelompok metilen, dengan ikatan rangkap karbon-karbon dalam konfiurasi trans. Lemak trans ini dapat terbentuk secara alami dalam bahan pangan serta selama proses pengolahan pangan pada temperatur yang sangat tinggi (proses deodorisasi dan penggorengan) dan melalui reaksi hidrogenasi. ...

  • Jun 24, 2019

    Lemak yang Digunakan dalam Produk Bakeri

    Produk baking meliputi rerotian, cake, biskuit, cookies, cracker, kue kering, pastry, pie, mufin, dan lainnya yang merupakan aplikasi bahan tepung-tepungan yang dipanggang dalam oven. Lemak sebagai bahan utama dalam pembuatan produk baking berperan dalam menambah citarasa, aroma, kelembapan, nilai gizi, pembentuk tekstur (melembutkan), dan menjaga kualitas selama penyimpanan. ...

  • Jun 21, 2019

    Menghambat Oksidasi Minyak

    Reaksi oksidasi terjadi ketika minyak goreng terpapar dengan udara. Untuk menghambat reaksi ini, biasanya industri minyak goreng menambahkan antioksidan, yakni suatu senyawa yang dapat menangkap radikal bebas. Komponen radikal bebas terbentuk selama reaksi terjadi dan memicu terjadinya berbagai kerusakan. ...

  • Jun 20, 2019

    Mengenal Teknik Memasak Shallow Frying

    Shallow frying merupakan teknik menggoreng dengan sedikit lemak atau minyak dengan menggunakan wajan datar. Shallow frying merupakan teknik memasak cepat, dan biasanya digunakan untuk bahan yang berkuran kecil dan memiliki tekstur lunak seperti telur dan ikan. Namun perlu diperhatikan, minyak yang digunakan harus dipastikan sudah benar-benar panas. Jika minyak yang digunakan belum cukup panas, maka pangan yang dihasilkan akan menyerap minyak. ...

  • Jun 19, 2019

    Risiko Konsumsi Lemak Jenuh untuk Kesehatan

    Lemak jenuh ada yang bersumber dari hewan (seperti gajih, lemak dalam daging, dan lainnya) dan ada yang bersumber dari pangan nabati (seperti minyak kelapa). Dalam kaitannya dengan penyakit jantung, maka lemak jenuh yang berasal dari hewan dinyatakan lebih berbahaya. ...