Hantaran & Hidangan Lebaran Populer Daerah



 

Ada banyak pilihan menu khas hari raya dari daerah di Indonesia. Tiap-tiap wilayah punya sajian andalannya.

Hidangan dari resep warisan keluarga dipastikan jadi menu yang selalu hadir saat perayaan lebaran tiba. Meski umumnya hidangan lebaran selalu sarat dengan penggunaan santan, namun di tiap daerah punya ke-khasan hidangan yang berbeda pula. Hampir setiap keluarga punya contekan resep turun temurun yang jadi primadona. Nah, apa saja macamnya? Berikut beberapa hidangan lebaran populer dari beberapa daerah yang kami pilih.

Kuah Labu
Khas: Aceh
Iga sapi berkuah santan ditemani potongan ketupat, adalah salah satu hidangan lebaran populer dari Aceh. Hidangan yang mirip dengan gulai ini menggunakan bumbu-bumbu rempah, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, kunyit, dan kelapa parut sangrai. Tak ketinggalan, daun salam koja atau biasa disebut juga daun temurui –-yang merupakan rempah daun penting di dapur Aceh-- ditambahkan ke dalamnya. Daun yang di pasaran dijual dalam bentuk segar dan kering ini, bisa memberikan sensasi aroma yang khas. Selain daging, kuah labu juga diberi tambahan potongan labu. Jenis labu yang dipakai adalah labu air dengan warna kulit kehijauan. Bedanya dengan labu siam, labu ini tidak terlalu banyak getahnya.

Bebek Gulai Kurma
Khas: Aceh

Selain kuah labu, hidangan lebaran yang tak kalah beken dari Tanah Rencong adalah bebek gulai kurma, berupa potongan daging bebek dengan rempah daun beraroma, seperti daun pandan, daun temurui dan serai dengan kuah santan yang nyemek. Meski ada embel-embel kurma di penamaannya, lauk ini sama sekali tidak menggunakan kurma. Bumbu-bumbu yang dipakai, terdiri dari bawang merah, bawang putih, cengkih, kayu manis, pekak, biji pala, jahe, kapulaga, merica, dan ketumbar.

Gulai Nangka
Khas: Melayu Deli (Medan)
Tak berbeda jauh dengan Aceh, lauk pendamping ketupat untuk sajian lebaran dari Medan ini juga berupa gulai, yaitu gulai nangka muda dengan potongan iga. Potongan kacang seringkali ditambahkan panjang ke dalamnya. Bumbu yang dipakai, seperti resep gulai kebanyakan. Ada ketumbar, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan lengkuas. Tambahan nangka muda yang dipakai sebaiknya dipilih yang masih segar, empuk dan berwarna putih bersih. Untuk menghilangkan getah nangka, kupas buah nangka sambil dicuci di bawah air mengalir dan potong menggunakan pisau yang sudah diolesi minyak.

Rendang
Khas: Sumatera Barat
Masakan khas Sumatera Barat hampir dipastikan tak luput dari penggunaan santan. Selain gulai pakis, yang jadi ‘teman’ lauk ketupat lebaran, rendang daging tentu tak pernah terlewat. Potongan daging sapi yang digunakan dipilih bagian paha atau gandik. Bumbu halus yang perlu disiapkan terdiri dari campuran cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan garam. Daging dimasak bersama santan dan bumbu halus hingga santan mengental. Jika warna daging cokelat kehitaman dan kering berminyak, berarti rendang sudah masak dan siap dihidangkan.

Semur Betawi
Khas: Betawi

Semur adalah sajian lebaran orang Betawi yang kesohor, terbuat dari potongan daging sapi dengan kuah kecap yang dimasak hingga menyusut (nyemek). Bumbu pelumur daging berupa campuran bumbu halus dari merica, ketumbar, jintan, biji pala, lengkuas, jahe, dan garam, sedangkan bumbu tumisnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cengkih, kayu manis, daun salam, dan serai. Penyajian semur betawi, biasanya disandingkan dengan bencok (kentang kering goreng dengan ebi halus).

Kellapate
Khas: Madura
Tak cuma lauk berbahan daging yang ikut memeriahkan lebaran. Salah satu hidangan lebaran khas Madura berupa potongan daging ikan tenggiri yang digoreng. Kemudian ikan dimasak dengan kuah santan dan bumbu halus, yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, jintan, kencur, dan terasi. Tambahan irisan cabai merah dan belimbing wuluh membuat rasa ikan semakin lezat. Penyajian kellapate biasanya bersama potongan lontong.

Lodeh Terong
Khas: Pekalongan
Terung hijau biasanya dipakai untuk sayur lodeh di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bentuknya sama seperti terung ungu, hanya kulitnya saja yang berwarna hijau. Lodeh terong yang biasanya disantap dengan ketupat atau nasi putih ini berkuah santan. Selain terong dan daun melinjo, ada tambahan irisan bunga kecombrang yang membuat cita rasa lodeh ini semakin istimewa.

Ayam Gagape
Khas: Makassar
Berbeda dengan opor ayam putih yang biasanya di sajikan di daerah Jawa. Di Makassar, ada ayam gagape yang umumnya dijadikan lauk pelengkap ketupat. Cara membuatnya, potongan ayam buras direbus bersam air, serai, lengkuas, daun salam, dan kunyit hingga setengah matang dan mengering. Kemudian bumbu tumis berupa bawang merah dan bawang putih, dimasak bersama ayam dan santan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Untuk mendapatkan kuah yang kental dan gurih, diberi tambahan kelapa parut sangrai di akhir proses pemasakan.

Soto Banjar
Khas: Banjar
Soto Banjar jadi menu andalannya orang Banjar untuk memeriahkan lebaran. Kuahnya yang ringan plus cita rasa asam segar memberi sensasi lain, di tengah hidangan lebaran yang umumnya ‘berat’. Soto Banjar berisi suwiran daging ayam ras yang sudah direbus dan digoreng. Bumbu halus penyedap kuahnya berupa bawang putih, bawang merah, merica, jahe, kunyit dan garam. Soto Banjar disajikan bersama suun, telur ayam rebus, perkedel kentang, irisan bawang merah dan bawang putih goreng dan seledri. Tak ketinggalan, sambal rawit dan perasan air jeruk nipis, melengkapi kelezatan soto yang umumnya disajikan bersama ketupat kandangan atau lontong.

Panggang Haruan
Khas: Banjar
Ikan khas Banjar ini biasa disajikan dengan ketupat kandangan. Berupa ikan gabus asap dengan kuah santan. Bumbu tumis yang dipakai berupa cabai merah, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, garam, terasi, air asam dan serai. Pelengkap lainnya --selain ketupat-- ada telur bebek atau ayam rebus dan sambal goreng.

Tips Mendesain Hantaran Cantik
Menu-menu dari beberapa daerah di Indonesia, juga bisa dijadikan hantaran lebaran kepada orang tua, keluarga, atau sahabat terdekat. Supaya hantaran tampil lebih menarik, lauk berkuah seperti kuah labu atau panggang haruan komplet dengan ketupat dan pelengkap lainnya, bisa diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari gerabah yang cukup tebal, atau mangkuk bertutup yang cantik. Hias dengan beragam bunga, misalnya anggrek, mawar, atau janur. Supaya tambah menarik, taruh wadah tersebut di dalam keranjang rotan yang dialasi dengan serbet katun warna putih berbordir. Bila perlu, gunakan wadah sayur atau lauk yang tahan panas, sehingga si penerima tinggal memanaskan wadah tersebut jika akan bersantap. Mel

Artikel Lainnya

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...

  • Sep 20, 2018

    Keamanan Pengemas Jajanan dan Makanan Cepat Saji

    Penggunaan kemasan adalah salah satu upaya untuk mencegah terjadinya cemaran pada produk olahan pangan. Selain berfungsi sebagai pelindung, kemasan juga berperan sebagai media untuk promosi. Kemasan dapat mempengaruhi berbagai aspek pada pangan seperti nilai jual, estetika, dan keamanan pangan. Makin kompleks suatu kemasan, maka nilai tambah produk pangan juga akan dapat meningkat. Konsumen cenderung memilih kemasan yang menarik dan mampu menunjukkan mutu produk pangan. ...

  • Sep 17, 2018

    Apa itu Gaya Hidup Ketofastosis?

    Diet ketogenik merupakan salah satu tren diet yang cukup populer di Indonesia. Prinsip diet ini ada pada pengaturan pola makanan harian untuk mencapai kondisi ketosis. Diet ini dipandang efektif untuk penurunan berat badan. Saat ini, diet ketogenik dikombinasikan dengan puasa pada kondisi ketosis dengan tujuan mempertahankan metabolisme lemak yang optimal sehingga disebut dengan ketofastosis....

  • Sep 14, 2018

    Kemeriahan Lomba Cipta Menu Berbahan Lokal

    Crafting Special Recipe (CRISPY) Competition merupakan lomba cipta menu dan masak dengan menggunakan bahan pangan lokal. CRISPY tahun 2018 mengangkat tema “Kreasi olahan cemilan sehat untuk keluarga : one bite size” dan menggunakan buah sukun sebagai bahan dasar utama.  Acara yang berlangsung pada 9 September 2018 lalu di Kampus IPB Dramaga tersebut diikuti oleh 24 tim peserta dari masyarakat umum dan berbagai instansi, di antaranya adalah Stikes Mitra Keluarga, UPN Jakarta, Poltekkes Jakarta II, UHAMKA, Bhi, Poltekkes Kemenkes Bandung, Universitas Negeri Jakarta, STP Bogor, Akpar Pertiwi, Universitas Djuanda, Universitas Ibnu Khaldun, Bina Sarana Informatika, Sekolah Vokasi IPB, dan IPB. ...

  • Ags 30, 2018

    Efektifitas Rantai Pasok untuk Peningkatan Kualitas Susu Segar

    Susu merupakan salah satu produk industri peternakan yang potensial di Indonesia. Sebagian besar (98%) susu di Indonesia diproduksi di Pulau Jawa yang berasal dari peternakan rakyat. Terdapat tiga permasalahan utama terkait produksi susu di Indonesia yaitu kurangnya pengetahuan peternak tentang penanganan susu, lahan peternakan dan skala kepemilikan, serta persoalan regenerasi....