Hantaran & Hidangan Lebaran Populer Daerah



 

Ada banyak pilihan menu khas hari raya dari daerah di Indonesia. Tiap-tiap wilayah punya sajian andalannya.

Hidangan dari resep warisan keluarga dipastikan jadi menu yang selalu hadir saat perayaan lebaran tiba. Meski umumnya hidangan lebaran selalu sarat dengan penggunaan santan, namun di tiap daerah punya ke-khasan hidangan yang berbeda pula. Hampir setiap keluarga punya contekan resep turun temurun yang jadi primadona. Nah, apa saja macamnya? Berikut beberapa hidangan lebaran populer dari beberapa daerah yang kami pilih.

Kuah Labu
Khas: Aceh
Iga sapi berkuah santan ditemani potongan ketupat, adalah salah satu hidangan lebaran populer dari Aceh. Hidangan yang mirip dengan gulai ini menggunakan bumbu-bumbu rempah, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, kunyit, dan kelapa parut sangrai. Tak ketinggalan, daun salam koja atau biasa disebut juga daun temurui –-yang merupakan rempah daun penting di dapur Aceh-- ditambahkan ke dalamnya. Daun yang di pasaran dijual dalam bentuk segar dan kering ini, bisa memberikan sensasi aroma yang khas. Selain daging, kuah labu juga diberi tambahan potongan labu. Jenis labu yang dipakai adalah labu air dengan warna kulit kehijauan. Bedanya dengan labu siam, labu ini tidak terlalu banyak getahnya.

Bebek Gulai Kurma
Khas: Aceh

Selain kuah labu, hidangan lebaran yang tak kalah beken dari Tanah Rencong adalah bebek gulai kurma, berupa potongan daging bebek dengan rempah daun beraroma, seperti daun pandan, daun temurui dan serai dengan kuah santan yang nyemek. Meski ada embel-embel kurma di penamaannya, lauk ini sama sekali tidak menggunakan kurma. Bumbu-bumbu yang dipakai, terdiri dari bawang merah, bawang putih, cengkih, kayu manis, pekak, biji pala, jahe, kapulaga, merica, dan ketumbar.

Gulai Nangka
Khas: Melayu Deli (Medan)
Tak berbeda jauh dengan Aceh, lauk pendamping ketupat untuk sajian lebaran dari Medan ini juga berupa gulai, yaitu gulai nangka muda dengan potongan iga. Potongan kacang seringkali ditambahkan panjang ke dalamnya. Bumbu yang dipakai, seperti resep gulai kebanyakan. Ada ketumbar, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan lengkuas. Tambahan nangka muda yang dipakai sebaiknya dipilih yang masih segar, empuk dan berwarna putih bersih. Untuk menghilangkan getah nangka, kupas buah nangka sambil dicuci di bawah air mengalir dan potong menggunakan pisau yang sudah diolesi minyak.

Rendang
Khas: Sumatera Barat
Masakan khas Sumatera Barat hampir dipastikan tak luput dari penggunaan santan. Selain gulai pakis, yang jadi ‘teman’ lauk ketupat lebaran, rendang daging tentu tak pernah terlewat. Potongan daging sapi yang digunakan dipilih bagian paha atau gandik. Bumbu halus yang perlu disiapkan terdiri dari campuran cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan garam. Daging dimasak bersama santan dan bumbu halus hingga santan mengental. Jika warna daging cokelat kehitaman dan kering berminyak, berarti rendang sudah masak dan siap dihidangkan.

Semur Betawi
Khas: Betawi

Semur adalah sajian lebaran orang Betawi yang kesohor, terbuat dari potongan daging sapi dengan kuah kecap yang dimasak hingga menyusut (nyemek). Bumbu pelumur daging berupa campuran bumbu halus dari merica, ketumbar, jintan, biji pala, lengkuas, jahe, dan garam, sedangkan bumbu tumisnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cengkih, kayu manis, daun salam, dan serai. Penyajian semur betawi, biasanya disandingkan dengan bencok (kentang kering goreng dengan ebi halus).

Kellapate
Khas: Madura
Tak cuma lauk berbahan daging yang ikut memeriahkan lebaran. Salah satu hidangan lebaran khas Madura berupa potongan daging ikan tenggiri yang digoreng. Kemudian ikan dimasak dengan kuah santan dan bumbu halus, yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, jintan, kencur, dan terasi. Tambahan irisan cabai merah dan belimbing wuluh membuat rasa ikan semakin lezat. Penyajian kellapate biasanya bersama potongan lontong.

Lodeh Terong
Khas: Pekalongan
Terung hijau biasanya dipakai untuk sayur lodeh di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bentuknya sama seperti terung ungu, hanya kulitnya saja yang berwarna hijau. Lodeh terong yang biasanya disantap dengan ketupat atau nasi putih ini berkuah santan. Selain terong dan daun melinjo, ada tambahan irisan bunga kecombrang yang membuat cita rasa lodeh ini semakin istimewa.

Ayam Gagape
Khas: Makassar
Berbeda dengan opor ayam putih yang biasanya di sajikan di daerah Jawa. Di Makassar, ada ayam gagape yang umumnya dijadikan lauk pelengkap ketupat. Cara membuatnya, potongan ayam buras direbus bersam air, serai, lengkuas, daun salam, dan kunyit hingga setengah matang dan mengering. Kemudian bumbu tumis berupa bawang merah dan bawang putih, dimasak bersama ayam dan santan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Untuk mendapatkan kuah yang kental dan gurih, diberi tambahan kelapa parut sangrai di akhir proses pemasakan.

Soto Banjar
Khas: Banjar
Soto Banjar jadi menu andalannya orang Banjar untuk memeriahkan lebaran. Kuahnya yang ringan plus cita rasa asam segar memberi sensasi lain, di tengah hidangan lebaran yang umumnya ‘berat’. Soto Banjar berisi suwiran daging ayam ras yang sudah direbus dan digoreng. Bumbu halus penyedap kuahnya berupa bawang putih, bawang merah, merica, jahe, kunyit dan garam. Soto Banjar disajikan bersama suun, telur ayam rebus, perkedel kentang, irisan bawang merah dan bawang putih goreng dan seledri. Tak ketinggalan, sambal rawit dan perasan air jeruk nipis, melengkapi kelezatan soto yang umumnya disajikan bersama ketupat kandangan atau lontong.

Panggang Haruan
Khas: Banjar
Ikan khas Banjar ini biasa disajikan dengan ketupat kandangan. Berupa ikan gabus asap dengan kuah santan. Bumbu tumis yang dipakai berupa cabai merah, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, garam, terasi, air asam dan serai. Pelengkap lainnya --selain ketupat-- ada telur bebek atau ayam rebus dan sambal goreng.

Tips Mendesain Hantaran Cantik
Menu-menu dari beberapa daerah di Indonesia, juga bisa dijadikan hantaran lebaran kepada orang tua, keluarga, atau sahabat terdekat. Supaya hantaran tampil lebih menarik, lauk berkuah seperti kuah labu atau panggang haruan komplet dengan ketupat dan pelengkap lainnya, bisa diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari gerabah yang cukup tebal, atau mangkuk bertutup yang cantik. Hias dengan beragam bunga, misalnya anggrek, mawar, atau janur. Supaya tambah menarik, taruh wadah tersebut di dalam keranjang rotan yang dialasi dengan serbet katun warna putih berbordir. Bila perlu, gunakan wadah sayur atau lauk yang tahan panas, sehingga si penerima tinggal memanaskan wadah tersebut jika akan bersantap. Mel

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...