Konsumsi Susu untuk Kesehatan, Pertumbuhan dan Kecerdasan



Susu merupakan produk hasil peternakan yang memiliki gizi yang lengkap, sehingga dengan mengonsumsi susu, kebutuhan gizi masyarakat terutama untuk pertumbuhan, kesehatan dan kecerdasan dapat tercukupi. Sayang sekali konsumsi susu masyarakat Indonesia yang hanya 10,47 liter per kapita per tahun. Bandingkan dengan dengan negara-negara tetangga seperti Vietnam, Malaysia dan Jepang yang berturut-turut mengonsumsi susu sebesar 10,7 liter, 27 liter, dan 37,8 liter per kapita per tahun.

antara berbagai jenis produk susu yang ada, yang sangat direkomendasikan adalah susu alami yang belum banyak mengalami berbagai proses perlakuan tertentu. “Susu segar memiliki kandungan bioaktif yang lebih lengkap, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, “kata Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Departemen Pertanian Zaenal Bachruddin. Manfaat yang sangat besar dari susu segar ini belum mendapat perhatian dari masyarakat luas.
Pemerintah mendorong dan mengampanyekan kepada masyarakat untuk lebih mengonsumsi susu cair alami karena di samping memiliki kandungan gizi lebih lengkap dibanding produk susu lain seperti bubuk, hal ini dikarenakan susu cair alami inilah yang diproduksi oleh para peternak dalam negeri -sehingga dapat berkontribusi pada penggerakan ekonomi rakyat di negeri sendiri. Kemajuan ilmu dan teknologi pemrosesan susu saat ini telah memungkinkan produk susu dari tingkat peternak untuk diolah, dikemas dan dikemas -dengan meminimalkan hilangnya kandungan gizi dalam susu segar. Penerapan teknologi cold chain, pasteurisasi, sterilisasi, pengemasan aseptik sangat memungkinkan untuk diaplikasikan pada penyediaan produk susu cair alami kepada konsumen.

Untuk menjaga kebugaran dan pertumbuhan yang optimal, sangat dianjurkan untuk minum susu cair alami setiap hari. Hal itu dicontohkan oleh mantan atlet bulutangkis peraih medali emas olimpiade, yakni Ricky Subagdja. Ia telah sejak kecil dibiasakan orang tuanya untuk selalu mengonsumsi susu setiap hari. “Saya berpesan kepada masyarakat agar selalu minum susu setiap hari agar tubuh selalu sehat dan bugar. Para orang tua juga diharapkan untuk memberi contoh kepada anak-anaknya dalam mengonsumsi susu secara rutin. Dengan emberian contoh minum susu secara rutin oleh orang tuanya, maka anak-anak generasi penerus kita akan mengonsumsi susu setiap hari, dari situ diharapkan akan lahir bibit-bibit muda atlet olah raga yang dapat mengharumkan bangsa di kancah internasional,” kata Ricky Subagdja.
Andang Setiadi

 

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...