Cuci Tangan, Cara Praktis Menjaga Sanitasi



Untuk menjaga keamanan pangan, Pengurus Pusat Informasi Produk Industri Makanan dan Minuman Indonesia (PIPIMM) Betsy Monoarfa mengingatkan kepada para pekerja yang terlibat dalam proses produksi makanan dan minuman untuk selalu menjaga kebersihan dan sanitasi diri. Ia mengatakan hal itu dalam suatu safari edukasi konsumen yang digelar di Pejaten Village Mall Jakarta pada pertengahan Juni lalu.

Betsy menjelaskan, salah satu cara praktis dalam menjaga sanitasi yakni dengan mencuci tangan. Aktifitas ini harus dilakukan: setelah dari toilet, setelah memegang benda kotor (piring kotor, uang), setelah memegang hidung, rambut atau anggota badan lainnya, setelah merokok, setelah beristirahat, setelah memegang binatang, setelah menyentuh bahan mentah, sebelum memasak atau menyiapkan pangan, sebelum menyentuh pangan matang.

Ia menambahkan, para pekerja tersebut sebaiknya menggunakan sarung tangan sekali pakai dan sering diganti, dan memakai sarung tangan dalam keadaan tangan bersih dan kering. K-08

Artikel Lainnya