Semur, Warisan Kuliner Nusantara Kebanggan Bangsa





Arus informasi dan globalisasi tampaknya telah menenggelamkan generasi muda Indonesia pada budaya-budaya impor. Muncul paradigma yang salah bahwa hal-hal yang berbau asing identik dengan modern sehingga perlu ditiru, sedangkan budaya lokal dikaitkan dengan kuno yang mesti ditinggalkan. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran di berbagai kalangan bahwa suatu saat pemuda Indonesia akan kehilangan jati dirinya. 

Salah satu warisan budaya lokal yang telah banyak dikesampingkan adalah dunia kuliner Indonesia. Banyak kalangan muda yang tidak tahu makanan-makanan lokal Indonesia karena terlalu banyak dijejali dengan iklan-iklan makanan a la Barat. Dalam sebuah kegiatan tentang pelestarian kuliner nusantara di SMK Jayawisata I Menteng, Jakarta pada 7 Maret lalu, Senior Brand Manager Bango Agus Nugraha dan Chef Ragil Imam Wibowo berbagi cerita tentang sejarah singkat semur. 

Menurut Agus, kuliner merupakan salah satu bentuk budaya Indonesia yang paling tidak terdokumentasi. Untuk melacak sejarah semur, pihaknya cukup kesulitan melakukan penelitian karena sumber-sumber informasi dalam negeri sangat sedikit. Bahkan, informasi tertulis tentang sejarah semur diperoleh dari perpustakaan di Melbourne dan Belanda. Diperlukan waktu dan dana yang cukup besar selama menggali informasi sejarah dan filosofi semur. Oleh karena itu, ia berharap berbagai usaha yang dilakukan oleh Kecap Bango mendapat dukungan, terutama dari komunitas-komunitas kuliner lokal. “Saat ini tim kami fokus pada penggalangan dukungan dalam mengampanyekan semur sebagai warisan kuliner Indonesia. Goal yang ingin dicapai adalah terdaftarnya semur sebagai intangible cultural heritage UNESCO,” tutur Agus. K-35 (yusti)

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...