Mengintip Jajanan Khas Banyumas





Apa yang pertama terlintas dipikiran Anda apabila mendengar nama Banyumas disebut ? Bahasa ngapak-ngapak? Obyek wisata Baturraden? Kripik tempe? Mendoan? Atau Sroto?

Banyumas, selain bahasa dan budayanya yang unik juga memiliki beraneka ragam jajanan asli daerah. Pada April mendatang dalam Festival Budaya Nusantara 2012 yang digelar oleh Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) di Kampus Jurangmangu pada 1 April mendatang, akan ditampilkan beberapa jajanan asli Banyumas seperti mendoan, gethuk goreng, nopia juga kripik tempe. Tak harus merogoh kocek terlalu dalam karena jajanan tersebut tersedia dengan harga terjangkau.

Mendoan menggunakan tempe khusus dan tepung berkualitas juga rempah-rempah sebagai bumbu sehingga membuat tempe mendoan menjadi jajanan yang gurih dan bergizi. Mendoan sangat lezat bila di santap dalam kondisi hangat menggunakan bumbu kacang atau kecap.

Untuk anda penggemar jajanan yang manis, gethuk goreng dan nopia bisa menjadi alternatif pilihan. Gethuk goreng merupakan jajanan bergizi karena terbuat dari bahan dasar singkong, gula jawa dan tepung. Gethuk goreng ini merupakan salah satu oleh-oleh andalan dari Banyumas. Daerah Sokaraja, Banyumas merupakan pusat pembuatan gethuk goreng ini. Untuk kali ini Anda sangat beruntung, karena tak perlu jauh-jauh pergi ke Banyumas, cukup dengan mengunjungi stan kuliner Banyumas dalam Festival Budaya Nusantara STAN tanggal 1 April 2012 mendatang. K-08

Artikel Lainnya