Bersiap untuk Indonesia Chef of The Year 2012





Acara talk show Indonesia Chef of The Year 2012 yang berlangsung di Hotel Dharmawangsa Jakarta 24 Februari 2012 menghadirkan Chef Vindex Tengker sebagai Brand Ambassador Unilever Food Solution Indonesia , Chef Widhi Justiarto sebagai Executive Chef Unilever Food Solution Indonesia, Adam Djokovic sebagai Managing Director Unilever Food Solution Indonesia serta Joko Soedibyo Ketua Jurusan Pariwisata Universitas Trisakti.  Acara ini khusus diadakan untuk memperkenalkan tentang Chef of The Year 2012.  Chef Widhi menjelaskan bahwa acara Chef of The Year 2012 merupakan kompetisi yang diadakan di empat kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali.  Ajang kompetisi ini memiliki konsep “The Secret Ingredient is You” yang berarti untuk menciptakan suatu maha karya kuliner, chef lah yang bisa menentukan “bahan rahasia” yang akan digunakan. Selain itu kompetisi ini pun ditujukan untuk para chef yang memiliki impian untuk menjadi chef terbaik.  Kompetisi ini ditujukan kepada mereka yang ingin menunjukkan kemampuan dan kreatifitas mereka dalam menyajikan masakan.  Para chef senior maupun junior  dapat mengikuti kompetisi ini, selain itu bagi para mahasiswa jurusan kuliner pun bisa terjun langsung dalam kompetisi ini.
 
Sedangkan Chef Vindex menegaskan ajang kompetisi ini berskala Internasional dimana pemenangnya akan diakui secara internasional, dan tidak membatasi resep yang diciptakan berasal dari daerah atau negara mana.  Peserta kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu chef senior dan chef junior.  Mereka yang memiliki pengalaman kuliner professional selama 5 tahun atau lebih termasuk dalam kategori chef senior sedangkan mereka yang memiliki pengalaman kuliner professional selama kurang dari 5 tahun dengan maksimal usia 25 tahun termasuk dalam kategori chef junior.

Chef of The Year 2012 merupakan lanjutan dari kegiatan kompetisi Salon Cullinaire di Bali yang diadakan pada  tanggal 1-3 Maret 2011 lalu oleh Bali Culinary Profesional. Tidak jauh berbeda dengan Chef of The Year 2012, Salon Cullinaire pun merupakan ajang perlombaan bagi para chef dan ahli kuliner seluruh dunia dalam menunjukkan kreatifitasnya, serta menunnjukkan ide-ide dan inovasi terbaru mereka.  Ajang kompetisi Chef of The Year 2012 ini mendapat dukungan dari beberapa asosiasi chef di Indonesia, seperti Association of Culinary Profesional (ACP), Indonesian Chef Association (ICA), dan Bali Culinary Professional (ACP) serta hotel dan sekolah tinggi pariwisata seperti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Seleksi awal Chef of The Year 2012 akan diadakan di empat kota besar, seleksi pertama dilangsungkan di Jakarta pada tanggal  26 Maret  di STP Trisakti lalu Bandung 2 April 2012 di STP Bandung, Surabaya pada tanggal 9 April 2012 di Universitas Ciputra dan seleksi  terakhir di STP Negeri Bali yang akan dilaksakan pada tanggal 16 April 2012.  Adapun yang termasuk kriteria penilaian, yaitu sanitasi atau kebersihan, perencanaan resep atau penggunaan produk-produk Unilever Foods Solutions, presentasi atau tampilan hidangan serta rasa hidangan yang harus sesuai dengan standar.

Selain membantu menyediakan sarana untuk berbagi pengalaman dan menggali ide-ide serta inovasi baru dalam kompetisi ini pun Unilever Food Solution menyediakan hadiah menarik bagi pemenang, yaitu berupa uang tunai dan kesempatan bertemu dengan Marco Pierre White di Singapore.  Marco Pierrre White adalah seorang juru masak ternama yang berasal dari Inggris.  Ia memiliki keterampilan yang luar biasa dalam dunia kuliner.  Marco Pierre White telah menjadi juru masak termuda yang menerima penghargaan Michelin. Namun sejak tahun 1999 Ia telah pensiun menjadi chef dan bersama dengan Jimmy lahoud membangun restoran di London.  K-11

Artikel Lainnya

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...

  • Sep 20, 2018

    Keamanan Pengemas Jajanan dan Makanan Cepat Saji

    Penggunaan kemasan adalah salah satu upaya untuk mencegah terjadinya cemaran pada produk olahan pangan. Selain berfungsi sebagai pelindung, kemasan juga berperan sebagai media untuk promosi. Kemasan dapat mempengaruhi berbagai aspek pada pangan seperti nilai jual, estetika, dan keamanan pangan. Makin kompleks suatu kemasan, maka nilai tambah produk pangan juga akan dapat meningkat. Konsumen cenderung memilih kemasan yang menarik dan mampu menunjukkan mutu produk pangan. ...

  • Sep 17, 2018

    Apa itu Gaya Hidup Ketofastosis?

    Diet ketogenik merupakan salah satu tren diet yang cukup populer di Indonesia. Prinsip diet ini ada pada pengaturan pola makanan harian untuk mencapai kondisi ketosis. Diet ini dipandang efektif untuk penurunan berat badan. Saat ini, diet ketogenik dikombinasikan dengan puasa pada kondisi ketosis dengan tujuan mempertahankan metabolisme lemak yang optimal sehingga disebut dengan ketofastosis....

  • Sep 14, 2018

    Kemeriahan Lomba Cipta Menu Berbahan Lokal

    Crafting Special Recipe (CRISPY) Competition merupakan lomba cipta menu dan masak dengan menggunakan bahan pangan lokal. CRISPY tahun 2018 mengangkat tema “Kreasi olahan cemilan sehat untuk keluarga : one bite size” dan menggunakan buah sukun sebagai bahan dasar utama.  Acara yang berlangsung pada 9 September 2018 lalu di Kampus IPB Dramaga tersebut diikuti oleh 24 tim peserta dari masyarakat umum dan berbagai instansi, di antaranya adalah Stikes Mitra Keluarga, UPN Jakarta, Poltekkes Jakarta II, UHAMKA, Bhi, Poltekkes Kemenkes Bandung, Universitas Negeri Jakarta, STP Bogor, Akpar Pertiwi, Universitas Djuanda, Universitas Ibnu Khaldun, Bina Sarana Informatika, Sekolah Vokasi IPB, dan IPB. ...

  • Ags 30, 2018

    Efektifitas Rantai Pasok untuk Peningkatan Kualitas Susu Segar

    Susu merupakan salah satu produk industri peternakan yang potensial di Indonesia. Sebagian besar (98%) susu di Indonesia diproduksi di Pulau Jawa yang berasal dari peternakan rakyat. Terdapat tiga permasalahan utama terkait produksi susu di Indonesia yaitu kurangnya pengetahuan peternak tentang penanganan susu, lahan peternakan dan skala kepemilikan, serta persoalan regenerasi....