Mengintip Strategi Promosi Es Krim Magnum di 2012





Produsen es krim Magnum, Unilever Indonesia yang sukses dengan strategi marketing yang jitu, menutup salah satu sarana promosinya, yakni Magnum Cafe yang sudah dibuka di Grand Indonesia, Jakarta sejak Pebruari 2011 lalu. Magnum Cafe yang telah dikunjungi oleh total 320 ribu orang sejak awal dibuka tersebut akan resmi ditutup pada 15 Pebruari 2012. Cafe khusus es krim milik Unilever tersebut bukanlah cafe seperti pada umumnya, yang ditujukan untuk meraih keuntungan bisnis. Kafe tersebut merupakan sarana promosi untuk menunjang keberadaan merek Magnum yang diposisikan sebagai es krim premium dengan segala sensasi yang diciptakan oleh produsennya. 

Senior Brand Manager Magnum Meilia Putri Handayani mengatakan, Magnum Cafe yang telah berhasil menempatkan diri sebagai sweet escape dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan bersosialisasi pengunjung, terpaksa harus ditutup. Hal itu, jelas Meilia, sesuai dengan konsep awal sebagai pop up cafe, yakni cafe yang dirancang untuk tiba-tiba muncul dan kemudian sekonyong-konyong menghilang sejalan dengan program promosi yang telah terjadwal. 

Sebelum penutupan, Magnum Cafe menawarkan berbagai program promosi untuk para pengunjung, berupa aneka kreasi hidangan es krim yang diberi bermacam-macam label keren seperti magnum dipping dan magnum affogato. 

Berbicara tentang inovasi marketing pada 2012, Meilia memaparkan, pada tahun depan Magnum akan menunjukkan konsistensi dan eksistensinya sebagai merek es krim premium terdepan di Indonesia dengan motto kampanye 'magnum pleasure 365 for pleasure seekers. "Magnum percaya, bahwa a day without pleasure is a day lost,"kata Meilia Putri Handayani. follow my twitter: @andangsetiadi

Artikel Lainnya

  • Feb 15, 2019

    Dangke: Produk Keju dengan Kearifan Lokal

    Dangke merupakan produk keju tradisional dari susu kerbau khas Sulawesi Selatan dan telah diproduksi sejak tahun 1905. Dangke banyak diproduksi di daerah Enrekang, Curio, Baraka, Anggeraja dan Alla. Menurut cerita, nama Dangke berasal dari bahasa Belanda, “dank u well” yang berarti terimaksih banyak. Saat itu seorang peternak kerbau memberikan olahan fermentasi susu kepada orang Belanda yang sedang melintas dan orang Belanda tersebut mengucapkan “dank je” yaitu ucapan singkat dari “dank u well”. Sejak saat itulah susu fermentasi kerbau ini disebut dangke. Dangke memiliki tekstur yang elastis, berwarna putih, dan memiliki rasa mirip dengan keju pada umumnya. ...

  • Feb 14, 2019

    Costing Menu Summer Fresh

    Summer Fresh merupakan smoothies buah mangga, pisang, dan peach yang dihaluskan dengan tambahan susu dan yogurt. Teksturnya agak kental mengandung butiran halus es buah beku yang dingin, sangat pas disajikan saat siang atau udara panas. Kaya akan vitamin C, kalium, kalsium, dan zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Penambahan yogurt selain memberi rasa asam segar juga memberikan manfaat bagi kesehatan percernaan karena mengandung probiotik. Bahan smothies ini antara lain mangga, peach, pisang, susu segar, dan yogurt. Kandungan gizi per porsinya antara lain; energi 251 kkal, protein 7,6 gram, lemak 8,2 gram, dan karbohidrat 39,8 gram. Berikut adalah costing dari Summer Fresh: ...

  • Feb 13, 2019

    Jus Martabe Khas Sumatra Utara

    Jus martabe merupakan minuman dari Sumatera Utara yang tergolong unik dan jarang dijumpai pada daerah lain. Keunikannya terletak pada bahan dasar yang digunakan yakni terong Belanda dan markisa. Martabe sendiri merupakan singkatan dari Markisa-Terong-Belanda. Jus ini tinggi serat pangan dan pektin, gula buah fruktosa, vitamin C, vitamin E, asam folat, kalium, dan magnesium. Mengonsumsi jus  martabe dapat memperbaiki kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, mengefektifkan sistem pembersihan racun dalam tubuh, memacu peremajaan sel, menggiatkan fungsi hati dan ginjal, serta mengatasi radang saluran kencing.   ...

  • Feb 12, 2019

    Audit untuk Menjaga Keamanan Pangan Restoran

    Salah satu usaha yang mengombinasikan antara produk dan jasa adalah restoran. Dalam menyajikan menu di restoran perlu adanya proses yang memastikan bahwa prosedur yang telah dibuat sesuai dengan praktiknya. Oleh karena itu, audit sangat dibutuhkan bagi restoran. Tujuan dari proses audit adalah sebagai proses verifikasi untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Keamanan yang dibentuk oleh restoran benar-benar diimplementasikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Selain itu, audit juga dilakukan sebagai evaluasi untuk memastikan apakah sistem tersebut masih dapat menjaga produk pangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan untuk kebutuhan sertifikasi atau validasi pengesahan terhadap sistem untuk kebutuhan branding produk maupun persyaratan akan suatu bentuk status komersial.   ...

  • Feb 11, 2019

    Kecukupan Gizi Konsumen Vegetarian

    Konsumen vegetarian biasanya menghindari beberapa makanan khusunya yang menjadi sumber protein hewani. Oleh karena itu, asupan gizi seperti protein yang biasa didapat dari sumber hewani harus digantikan dari sumber lain. Menurut Prof. Ali, masalah terbesar utama yang sangat sering dialami para vegetarian adalah kekurangan asupan protein yang berkualitas dan kekurangan zat besi (Fe). Mereka bisa saja mendapatkan asupan protein dari pangan nabati. Namun, kebanyakan sumber protein dari pangan nabati tidak memiliki nilai biologis yang cukup, sehingga memerlukan proses yang lebih lama agar bisa diserap dengan baik oleh tubuh.   ...