Strategi Meningkatkan Keuntungan Bisnis Restoran dan Kafe



Untuk mewujudkan tingkat keuntungan penjualan makanan (Menu Profitability) dalam menjalankan bisnis restoran dan kafe, sangat tergantung dari kemampuan operator restoran dalam  menentukan menu mana yang paling menguntungkan dan bagaimana menyusunnya, menjadi andalan dan disukai pelanggan anda, melalui menu engineering pengendalian harga pokok penjualan (Food Cost) akan termonitor, sehingga memungkin memaksimalkan keuntungan. 

Menurut Managing Director SS Restaurant Training & Management Consultant dalam sebuah seminar tentang menu engineering di Jakarta pada 14 Desember lalu, kejenuhan pelanggan restoran dapat di eleminir bahkan dapat dihindari, bila restoran memahami akan proses penerapan menu engineering, paling tidak dalam tiap enam bulan sekali sebuah restoran dapat menrubah menu nya berdasarkan data yang dimiliki, bukan berdasarkan “ perkiraan “ yang asal jadi saja. Sebagai strategi menghadapi persaingan bisnis restoran dan kafe, maka upaya merubah menu dari yang kurang laku menjadi yang lebih laku, akan sangat membantu mengurangi kejenuhan pelanggan, disamping analisa harga pokok penjualan (food cost) dari setiap menu yang ditawarkan.

Pembicara lain dalam seminar itu yakni Executive Chef Amuz Gourmet French Dining Restaurant Stefu Santoso, serta Project Director PT Datadigi Indonesia Adrian Mardjuadi dan Rudy Tantra. Dalam seminar tersebut dibahas seluk beluk menu engineering, serta hal-hal penting yang berkaitan dengan hal itu, yakni tentang faktor penyebab tinggi - rendahnya Food  Cost, strategi menyusun menu untuk meningkatkan Revenue & Profit, teknik suggestive selling di restoran/ kafe, dan analisa cost dan menu sebagai bahan untuk program marketing.  

Peserta yang mengikuti seminar akan mampu memilah dan mengembangkan menu mana yang paling menguntungkan (tingkat keuntungan yang tertinggi) dan menu mana yang tingkat keuntungannya terendah. "Pada menu engineering, para restaurant owner atau Chef, Restaurant Manager dan Marketing Manager secara bersama-sama dapat melakukan program promosi bagi restorannya," kata Susanto. Ia menambahkan, SS Restaurant Training & Management Consultant secara konsisten senantiasa melaksanakan program pelatihan dan seminar dalam rangka mengembangkan kemampuan para operator restoran/ kafe di Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya. follow my twitter: @andangsetiadi

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...