Strategi Meningkatkan Keuntungan Bisnis Restoran dan Kafe



Untuk mewujudkan tingkat keuntungan penjualan makanan (Menu Profitability) dalam menjalankan bisnis restoran dan kafe, sangat tergantung dari kemampuan operator restoran dalam  menentukan menu mana yang paling menguntungkan dan bagaimana menyusunnya, menjadi andalan dan disukai pelanggan anda, melalui menu engineering pengendalian harga pokok penjualan (Food Cost) akan termonitor, sehingga memungkin memaksimalkan keuntungan. 

Menurut Managing Director SS Restaurant Training & Management Consultant dalam sebuah seminar tentang menu engineering di Jakarta pada 14 Desember lalu, kejenuhan pelanggan restoran dapat di eleminir bahkan dapat dihindari, bila restoran memahami akan proses penerapan menu engineering, paling tidak dalam tiap enam bulan sekali sebuah restoran dapat menrubah menu nya berdasarkan data yang dimiliki, bukan berdasarkan “ perkiraan “ yang asal jadi saja. Sebagai strategi menghadapi persaingan bisnis restoran dan kafe, maka upaya merubah menu dari yang kurang laku menjadi yang lebih laku, akan sangat membantu mengurangi kejenuhan pelanggan, disamping analisa harga pokok penjualan (food cost) dari setiap menu yang ditawarkan.

Pembicara lain dalam seminar itu yakni Executive Chef Amuz Gourmet French Dining Restaurant Stefu Santoso, serta Project Director PT Datadigi Indonesia Adrian Mardjuadi dan Rudy Tantra. Dalam seminar tersebut dibahas seluk beluk menu engineering, serta hal-hal penting yang berkaitan dengan hal itu, yakni tentang faktor penyebab tinggi - rendahnya Food  Cost, strategi menyusun menu untuk meningkatkan Revenue & Profit, teknik suggestive selling di restoran/ kafe, dan analisa cost dan menu sebagai bahan untuk program marketing.  

Peserta yang mengikuti seminar akan mampu memilah dan mengembangkan menu mana yang paling menguntungkan (tingkat keuntungan yang tertinggi) dan menu mana yang tingkat keuntungannya terendah. "Pada menu engineering, para restaurant owner atau Chef, Restaurant Manager dan Marketing Manager secara bersama-sama dapat melakukan program promosi bagi restorannya," kata Susanto. Ia menambahkan, SS Restaurant Training & Management Consultant secara konsisten senantiasa melaksanakan program pelatihan dan seminar dalam rangka mengembangkan kemampuan para operator restoran/ kafe di Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya. follow my twitter: @andangsetiadi

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....