Sate Sembunyi' Raih Juara I Festival Kreasi Sate 2011



DíSate Festival merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Himaproter (Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan) Fakultas Peternakan IPB. Acara yang diadakan pada Sabtu(26/11) ini merupakan festival sate keempat dan merupakan rangkaian acara Seminar Sate Nusantara yang diadakan di kampus Fakultas Peternakan IPB, Bogor.

Festival ini merupakan lomba kreasi pengolahan produk peternakan dengan menjadikan daging ayam sebagai bahan utama dalam kreasi bumbu sate. Menurut Syeh Ahmad, ketua pelaksana kegiatan ini, terpilihnya sate sebagai tema acara ini dikarenakan sate menggunakan bahan baku daging yang merupakan produk hasil peternakan. Selain itu sate merupakan masakan yang mudah dalam segi pengolahan bahan baku dan bumbunya.

Lomba diikuti oleh 21 tim yang terdiri dari tiga orang pada tiap masing-masing tim. Peserta tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa, tetapi juga ada dari kalangan dosen, dan ibu-ibu PKK sekitar kampus IPB Dramaga.Dalam kompetisi membuat sate ini para peserta diberikan kebebasan dalam pengolahan daging ayam dan mengkreasikan bumbu sate. Kriteria penilaian yang ditentukan adalah cara pengolahan, citarasa, penampilan, kreativitas sate, kekompakan tim, dan kebersihan. 

Dari 21 tim tersebut,tiga tim pemenang yang berhasil mendapatkan nilai terbaik dari kriteria-kriteria penilaian juri, yakni Juara 1 dari Himasurya (Himpunan Mahasiswa Surabaya) dengan Sate Sembunyi, juara 2 tim mahasiswa jurusan  IPTP (Ilmu Produksi Teknologi Peternakan IPB) angkatan 45 dengan kreasi Sate Lilit, dan juara 3 diraih oleh tim mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian IPB dengan kreasi Sate Barbarian. K-32 (Idel)

Artikel Lainnya