Sate Sembunyi' Raih Juara I Festival Kreasi Sate 2011



DíSate Festival merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Himaproter (Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan) Fakultas Peternakan IPB. Acara yang diadakan pada Sabtu(26/11) ini merupakan festival sate keempat dan merupakan rangkaian acara Seminar Sate Nusantara yang diadakan di kampus Fakultas Peternakan IPB, Bogor.

Festival ini merupakan lomba kreasi pengolahan produk peternakan dengan menjadikan daging ayam sebagai bahan utama dalam kreasi bumbu sate. Menurut Syeh Ahmad, ketua pelaksana kegiatan ini, terpilihnya sate sebagai tema acara ini dikarenakan sate menggunakan bahan baku daging yang merupakan produk hasil peternakan. Selain itu sate merupakan masakan yang mudah dalam segi pengolahan bahan baku dan bumbunya.

Lomba diikuti oleh 21 tim yang terdiri dari tiga orang pada tiap masing-masing tim. Peserta tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa, tetapi juga ada dari kalangan dosen, dan ibu-ibu PKK sekitar kampus IPB Dramaga.Dalam kompetisi membuat sate ini para peserta diberikan kebebasan dalam pengolahan daging ayam dan mengkreasikan bumbu sate. Kriteria penilaian yang ditentukan adalah cara pengolahan, citarasa, penampilan, kreativitas sate, kekompakan tim, dan kebersihan. 

Dari 21 tim tersebut,tiga tim pemenang yang berhasil mendapatkan nilai terbaik dari kriteria-kriteria penilaian juri, yakni Juara 1 dari Himasurya (Himpunan Mahasiswa Surabaya) dengan Sate Sembunyi, juara 2 tim mahasiswa jurusan  IPTP (Ilmu Produksi Teknologi Peternakan IPB) angkatan 45 dengan kreasi Sate Lilit, dan juara 3 diraih oleh tim mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian IPB dengan kreasi Sate Barbarian. K-32 (Idel)

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....