Sate Sembunyi' Raih Juara I Festival Kreasi Sate 2011



DíSate Festival merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Himaproter (Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan) Fakultas Peternakan IPB. Acara yang diadakan pada Sabtu(26/11) ini merupakan festival sate keempat dan merupakan rangkaian acara Seminar Sate Nusantara yang diadakan di kampus Fakultas Peternakan IPB, Bogor.

Festival ini merupakan lomba kreasi pengolahan produk peternakan dengan menjadikan daging ayam sebagai bahan utama dalam kreasi bumbu sate. Menurut Syeh Ahmad, ketua pelaksana kegiatan ini, terpilihnya sate sebagai tema acara ini dikarenakan sate menggunakan bahan baku daging yang merupakan produk hasil peternakan. Selain itu sate merupakan masakan yang mudah dalam segi pengolahan bahan baku dan bumbunya.

Lomba diikuti oleh 21 tim yang terdiri dari tiga orang pada tiap masing-masing tim. Peserta tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa, tetapi juga ada dari kalangan dosen, dan ibu-ibu PKK sekitar kampus IPB Dramaga.Dalam kompetisi membuat sate ini para peserta diberikan kebebasan dalam pengolahan daging ayam dan mengkreasikan bumbu sate. Kriteria penilaian yang ditentukan adalah cara pengolahan, citarasa, penampilan, kreativitas sate, kekompakan tim, dan kebersihan. 

Dari 21 tim tersebut,tiga tim pemenang yang berhasil mendapatkan nilai terbaik dari kriteria-kriteria penilaian juri, yakni Juara 1 dari Himasurya (Himpunan Mahasiswa Surabaya) dengan Sate Sembunyi, juara 2 tim mahasiswa jurusan  IPTP (Ilmu Produksi Teknologi Peternakan IPB) angkatan 45 dengan kreasi Sate Lilit, dan juara 3 diraih oleh tim mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian IPB dengan kreasi Sate Barbarian. K-32 (Idel)

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...