Hasil-hasil Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan 2011



Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan IPB  pada akhir Nopember lalu menggelar lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan 2011 (LCTIP) yang diikuti oleh para siswa siswi SMU dari berbagai daerah. Semi Final Lomba dilangsungkan di Balairung Abdul Muis Nasution IPB Kampus Darmaga. Semi Final terdiri dari 3 pertandingan, tiap babaknya terdiri babak wajib, babak lemparan, babak rebutan. Juara 1 dari tiap sesi di babak semifinal ini lolos ke babak selanjutnya. Adapun masing-masing juara 2 dari semifinal, akan ditandingkan lagi dalam babak play off untuk memperoleh satu tiket ke babak final. Juri yang berpartisipasi adalah dosen dari departemen ITP IPB yakni Dr. Ir. Feri Kusnandar, M.Sc, Dr. Ir. Nugraha Edhi Suyatma, DEA, Dr. Ir. Yadi Haryadi, MSc; Dr. Ir. Budi Nurtama, M.Agr, Azis Boing Sitanggang, STP, M.Sc, dan Dr. Fahim Muchammad Taqi, MSc DEA. Sedangkan juri dari pihak mahasiswa  ITP IPB yaitu Stefani Hartono, Yunita Mardhiyah, dan Latifah.

Babak Final terdiri dari babak wajib, babak think fast, babak benar-salah, babak use your imagination, babak rebutan non visual dan babak rebutan visual. Bagan proses adalah babak yang memperkenalkan proses produksi pangan kepada siswa SMA. Think Fast merupakan babak yang mengharuskan siswa SMA menjawab pertanyaan dapat berupa organoleptik atau soal tertulis bergilir dari satu pertanyaan ke pertanyaan selanjutnya sesuai waktu yang ditentukan oleh panitia. Adapun Use Your Imagination, adalah babak dimana apabila peserta dapat menjawab pertanyaan yang diajukan maka gambar akan terlihat semakin jelas dan peserta berkesempatan untuk menebaknya. Pertanyaan rebutan (cepat tepat) adalah babak dimana tiap tim bersaing dalam hal kecepatan dan ketepatan menjawab pertanyaan. Tahap final akan menghasilkan Juara I, Juara II, Juara III ,dan Juara Harapan I.

Lomba tahunan yang digelar untuk yang ke-19 kali tersebut menghasilkan para pemenang yakni Juara I SMA Negeri 2 Bandar Lampung,yang memperoleh piala Juara I LCTIP XIX, piala bergilir Rektor IPB, uang tunai sebesar Rp 4.500.000,00, dan Golden Ticket masuk ke departemen ITP IPB. Juara II yakni SMA Negeri 1 Bogor,  memperoleh piala Juara II LCTIP XIX, uang tunai sebesar Rp 2.500.000,00.  Juara III diraih oleh tim dari SMA Presiden Bekasi, yang memperoleh piala Juara III LCTIP XIX, uang tunai sebesar Rp 1.500.000,00. Juara Harapan I direbut oleh SMA Regina Pacis Bogor, yang memperoleh tuang tunai Rp. 750.000,00. K-08

Artikel Lainnya