Ke Sekolah Cokelat Yuk!



KI, 24 Oktober 2011 - Siapa yang tak suka cokelat? Jika diperhatikan, berbagai varian makanan yang ada unsur cokelatnya pasti lebih disukai, sehingga bisa dikatakan bahwa cokelat disukai oleh kebanyakan orang. Peluang cokelat untuk dijadikan lahan bisnis juga cukup besar, mengingat pasarnya yang pasti luas. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai si hitam manis ini? Mari berkunjung ke sekolah cokelat yang didirikan oleh Tulip Cokelat.

Sejak dibuka 28 Januari 2010 lalu, Chocolate School by Tulip hadir untuk pecinta cokelat di Indonesia. Chocolate School ini merupakan sekolah cokelat pertama di Indonesia. Tulip Chocolate School memberikan pelatihan, pendidikan dan teknologi di bidang penanganan dan aplikasi cokelat baik kepada professional chocolatier maupun kepada masyarakat umum yang ingin menjadi chocolatier ataupun entrepreneur dibidang cokelat.

Apa saja yang dipelajari di sekolah cokelat?

Berlokasi di Belezza Shopping Center (21/10), Tim Kulinologi Indonesia mendapat kesempatan kesekian kalinya untuk menghadiri kelas spesial yang diadakan oleh Chocolate School by Tulip.
Chocolate School lebih bersifat training center, karena program yang dibuka jangka waktunya harian, ada program pelatihan untuk 1, 2 atau 3 hari. Peserta didik akan diberikan materi dasar membuat cokelat dengan menggunakan real chocolate, yakni cokelat dengan kandungan lemak kakao yang cukup tinggi. Real chocolate biasa digunakan oleh para chocolatier professional dalam membuat cokelat. Masing-masing peserta juga dibekali dengan alat-alat lengkap untuk membuat cokelat secara professional. Sebelum terjun langsung megolah cokelat, peserta didik akan dibekali materi tentang cokelat, mulai dari penanaman biji cokelat, pemanenan, hingga pengolahannya menjadi cokelat yang siap santap. Pengenalan terhadap alat untuk membuat cokelat juga tak lupa diberikan.
Untuk program 1 hari (special class), para peserta diajak belajar mengenai teknik dasar penanganan cokelat, seperti proses tempering, mencetak cokelat dengan benar, membuat simple praline, membuat cokelat ganache sebagai isian praline, membuat hollow figure, serta beberapa tips dan trik menangani cokelat agar peserta sukses membuat cokelat.

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi Chocolate School by Tulip di Bellezza Shopping Arcade (Unit 3, 55A), Jalan Arteri Soeparno 34, Permata Hijau, atau hubungi 021-70502668. @fb.yunita

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...