Ke Sekolah Cokelat Yuk!



KI, 24 Oktober 2011 - Siapa yang tak suka cokelat? Jika diperhatikan, berbagai varian makanan yang ada unsur cokelatnya pasti lebih disukai, sehingga bisa dikatakan bahwa cokelat disukai oleh kebanyakan orang. Peluang cokelat untuk dijadikan lahan bisnis juga cukup besar, mengingat pasarnya yang pasti luas. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai si hitam manis ini? Mari berkunjung ke sekolah cokelat yang didirikan oleh Tulip Cokelat.

Sejak dibuka 28 Januari 2010 lalu, Chocolate School by Tulip hadir untuk pecinta cokelat di Indonesia. Chocolate School ini merupakan sekolah cokelat pertama di Indonesia. Tulip Chocolate School memberikan pelatihan, pendidikan dan teknologi di bidang penanganan dan aplikasi cokelat baik kepada professional chocolatier maupun kepada masyarakat umum yang ingin menjadi chocolatier ataupun entrepreneur dibidang cokelat.

Apa saja yang dipelajari di sekolah cokelat?

Berlokasi di Belezza Shopping Center (21/10), Tim Kulinologi Indonesia mendapat kesempatan kesekian kalinya untuk menghadiri kelas spesial yang diadakan oleh Chocolate School by Tulip.
Chocolate School lebih bersifat training center, karena program yang dibuka jangka waktunya harian, ada program pelatihan untuk 1, 2 atau 3 hari. Peserta didik akan diberikan materi dasar membuat cokelat dengan menggunakan real chocolate, yakni cokelat dengan kandungan lemak kakao yang cukup tinggi. Real chocolate biasa digunakan oleh para chocolatier professional dalam membuat cokelat. Masing-masing peserta juga dibekali dengan alat-alat lengkap untuk membuat cokelat secara professional. Sebelum terjun langsung megolah cokelat, peserta didik akan dibekali materi tentang cokelat, mulai dari penanaman biji cokelat, pemanenan, hingga pengolahannya menjadi cokelat yang siap santap. Pengenalan terhadap alat untuk membuat cokelat juga tak lupa diberikan.
Untuk program 1 hari (special class), para peserta diajak belajar mengenai teknik dasar penanganan cokelat, seperti proses tempering, mencetak cokelat dengan benar, membuat simple praline, membuat cokelat ganache sebagai isian praline, membuat hollow figure, serta beberapa tips dan trik menangani cokelat agar peserta sukses membuat cokelat.

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi Chocolate School by Tulip di Bellezza Shopping Arcade (Unit 3, 55A), Jalan Arteri Soeparno 34, Permata Hijau, atau hubungi 021-70502668. @fb.yunita

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....