Yuuuk Makan Buah!





Sehat optimal merupakan idaman bagi setiap orang, sehingga produktifitasnya dapat berlangsung maksimal. Itulah sebabnya mengapa kesehatan merupakan investasi yang tak ternilai dala kehidupan umat manusia. Untuk hidup sehat optimal, seseorang membutuhkan zat gizi dan zat non gizi yang berimbang.

Dalam konsumsi makanan dan minuman harian ini, buah mutlak menjadi bagian dari menu rutin tersebut. Ahli gizi dari IPB Prof Made Astawan dalam sebuah diskusi tentang konsumsi buah masyarakat Indonesia di Jakarta belum lama ini mengatakan, ada banyak keunggulan buah sebagai bahan makanan. "Buah banyak mengandung Vitamin C (asam ascorbat), yang merupakan vitamin paling menonjol dalam buah," tutur Made. Fungsi Vitamin C, tambahnya, yakni sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini dan aneka kanker, pembentuk kolagen untuk menjaga kesehatan kulit, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta dapat meningkatkan penyerapan zat besi untuk mencegah anemia.

Tidak hanya vitamin, buah juga kaya akan mineral, baik mineral makro seperti kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (mg), phospor (P), maupun mineral mikro seperti besi (Fe), tembaga (Cu), Zinc (Zn), dan Mangaan (mn). Sebaliknya, buah sangat minim kandungan zat gizi yang tidak baik bagi tubuh seperti sodium atau natrium (Na) yang acap menjadi pemicu tekanan darah tinggi (hipertensi). K-08

Artikel Lainnya