Daging Ayam dan Telur Tingkatkan Gizi dan Prestasi Anak Bangsa





Produk protein hewani asal unggas, yakni daging dan telur ayam adalah bahan pangan penting bagi kebutuhan mendasar untuk mewujudkan manusia yang berkualitas. Kekurangan protein hewani dapat mengakibatkan kerusakan jaringan otak yang permanen pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Indonesia yang penduduknya kini mencapai 237 Juta jiwa ternyata konsumsi telur dan daging ayamnya masih rendah dibanding di negara-negara tetangga. Rata rata konsumsi telur nasional 87 butir/ kapita/tahun dan daging ayam 7 kg/kapita/tahun. Bandingkan dengan konsumsi telur di Malaysia yang mencapai 311 butir/kapita/tahun, dan daging ayam mencapai 36 kg/kapita/tahun.

Tidak banyak yang tahu bahwa telur dan daging ayam merupakan sumber gizi yang penting bagi tubuh karena mengandung zat gizi esensial yang tidak terdapat pada sumber bahan pangan lainnya. Di sisi lain, telur dan daging ayam merupakan sumber protein hewani yang terjangkau harganya, mudah diperoleh dan diolah serta disukai oleh hampir semua golongan masyarakat.

Untuk menyadarkan masyarakat luas akan fakta-fakta tersebut, masyarakat perunggasan Indonesia bergiat menggelar Festival Ayam dan Telur di Jakarta pada akhir pekan lalu, yang dihadiri tidak kurang dari 3000 pengunjung. Festival Ayam dan Telur tersebut merupakan kegiatan dari seluruh stakeholder perunggasan Indonesia, yang terdiri dari asosiasi-asosiasi perunggasan, asosiasi profesi yang terkait, dan akan menjadi langkah awal kegiatan promosi ayam dan telur yang berkesinambungan serta menjadi agenda rutin masyarakat perunggasan Indonesia secara nasional.

Pada pembukaan acara yang berlangsung sehari penuh tersebut,Menteri Pertanian RI Suswono menobatkan Fernando Surya dan Ayu Pratiwi sebagai Duta Ayam dan Telur 2011. K-08

Artikel Lainnya

  • Mar 21, 2019

    Tepat Menyimpan Produk Bakeri

    Teknik pendinginan merupakan metode yang sering digunakan untuk memperpanjang umur simpan produk pangan. Prinsipnya sangat sederhana, yakni menghambat pertumbuhan mikroba. Aplikasi penurunan suhu ini sangat luas digunakan dalam berbagai produk pangan, termasuk produk bakeri seperti kue,roti, patiseri, dan lainnya.   ...

  • Mar 20, 2019

    Diet Keto dari Sisi Gizi dan Kesehatan

    Diet keto memang dianggap efektif menurunkan berat badan (Campos, 2017). Dari segi gizi, diet keto menekankan pola asupan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini mengandalkan lemak serta protein hewani sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Asupan karbohidrat yang berkurang drastis ini akan menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat dan gula, proses inilah yang disebut dengan ketosis. ...

  • Mar 19, 2019

    Upaya Menghindari Foodborne Diseases

    Sebagian besar foodborne patogen lebih menyukai lingkungan yang hangat, walaupun bisa tumbuh dalam kisaran suhu yang luas. Suhu di atas 40C dan di bawah 600C sering diacu sebagai zona berbahaya, karena bakteri patogen seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria monocytogenes dapat berkembang biak pada suhu tersebut, sehingga menyebabkan penyakit. Menyimpan produk pangan pada suhu refrigerasi yang tepat pada suhu di bawah 40C dan memanaskan pada suhu diatas 600C, adalah usaha yang direkomendasikan agar terhidar dari foodborne disease. Oleh karena itu, penanganan pangan dari mulai bahan baku hingga distribusi harus memenuhi pedoman penanganan yang tepat, seperti: ...

  • Mar 18, 2019

    Alternatif Pola Hidup Sehat dengan Diet Ketogenik

    Diet ketogenik adalah pola konsumsi dengan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat yang akan menyediakan cukup protein untuk pertumbuhan tetapi kurang karbohidrat untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang pada prosesnya akan menghasilkan senyawa keton. Komposisi ketogenik menyaratkan porsi lemak tinggi (75-80%), porsi protein sedang (15% – 20%), dan porsi karbohidrat rendah (5% – 10%). ...

  • Mar 15, 2019

    Menu sebagai Alat Penjual

    Menu dalam bisnis pangan di industri hotel, restoran, katering, dan bakeri (horekaba) merupakan sarana pemasaran yang penting. Menu dapat digunakan sebagai gambaran dari produk yang ditawarkan. Perencanaan menu dibuat dengan menyusun daftar secara spesifik , yaitu menentukan makanan tersebut dibuat untuk satu periode makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) atau untuk sehari penuh termasuk snack.   ...