USDA Council of Chefs Train the Trainer



Jakarta, 14 September 2011 – USDA Council of Chef (CoC) merupakan kelompok Chef Indonesia dari beragam keahlian kuliner yang dibentuk oleh FAS Jakarta. CoC terdiri dari Chef Edwin Handoyo Lawly (Chef Edwin Lau) di bidang healthy food, Chef Muchtar Alamsyah (Chef Tatang) dibidang hot-food, Chef Ucu Sawitri dibidang pastry dan Chef Haryanto Makmoer dibidang baking.

Serangkaian pelatihan baik di Indonesia dan di luar negeri telah disiapkan bagi ke-empat COC, yang disebut Program Train the Trainer. Program ini merupakan alih pengetahuan tentang ketersediaan dan penggunaan bahan makanan termasuk buah-buahan dari Amerika kepada ke-empat chef tersebut, yang kemudian akan meneruskan pengetahuannya kepasa masyarakat umum, dan industri kuliner Indonesia khususnya melalui presentasi demo masak dan pengembangan resep baru. Pelatihan perdana di Jakarta telah dilaksanakan pada Juli 2011, yang bekerjasama dengan beberapa U.S. Cooperator yang mewakili produk-produk bahan makanan asal Amerika.

Pelatihan kali ini bekerja sama dengan The Darmawangsa Jakarta difokuskan pada kegiatan hot cooking. Chef Andrew Gold dari Institute of Culinary Education (ICE), New York khusus menulis resep-resep makanan yang merupakan perpaduan dari bahan makanan Amerika dengan bahan dan bumbu bercita rasa tradisional Indonesia. Adapun U.S. Cooperator dan produk makanan yang mendukung kegiatan ini adalah : USA Poultry & Egg Export Council (USAPEEC), U.S. Meat Export Federation (USMEF), United States Potato Board (USPB), Washington Apple, Sunkist, Sunsweet, California Grapes, Bard Valley Medjool Fresh Dates, dan Sun Maid Raisins.

Chef Andrew Gold didampingi oleh Chef Jill Sandique yang adalah anggota dari USDA Council of Chef di Philipine, serta pengajar utama (Lead Trainer) di U.S. Culinary Theater Manila. Keduanya pernah bekerjasama untuk program USDA Council of Chef Train the Trainer di Filipina.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...