Tak lengkap jika Lebaran tanpa ketupat



Hari pertama Lebaran, hidangan seperti opor, sambal godog, semur daging dan sambalnya tentu paling dinantikan. Semua hidangan tersebut tak lengkap rasanya jika tidak dinikmati bersama ketupat. Sudah lama menjadi tradisi ketupat hadir disetiap lebaran. Ketupat tersebut merupakan makanan tradisional Indonesia dengan bahan dasar beras yang dibuat dari janur atau kulit kelapa. Tidak semua orang dapat membuat ketupat, karena dibutuhkan keterampilan khusus dan pengalaman. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari janur, beras, hingga air yang dipergunakan. Berikut ini adalah tips untuk membuat ketupat :

Janur :

  • pilihlah janur yang ukurannya sama, sama panjang dan sama lebar untuk mempermudah pembuatan.
  • Pilih janur yang spesifikasinya baik, seperti tidak layu, tidak berwarna kecoklatan atau sedikit busuk, dan tidah berlendir.
  • Jika ingin membuat ketupat dengan ukuran besar, pilihlah janur yang lebar, tetapi jika ingin membuat ketupat yang kecil, pilihlah janur yang tidak terlalu lebar.

Beras  :

  • pada dasarnya, ketupat dapat dibuat dari berbagai macam beras. Mulai dari beras pulen, atau pera. Jangan lupa cuci beras terlebih dahulu. Usahakan benar-benar menghasilkan air yang jernih, karena air tepung dari cucian beras dapat menjadikan ketupat tersebut cepat basi.
  • Setelah dicuci, beras harus ditiriskan terlebih dahulu, setelah itu baru dimasukan ke dalam anyaman ketupat.
  • Lebih baik menggunakan tangan dibandingkan dengan menggunakan sendok untuk memasukan beras. Tarik salah satu ujung janur, dan isi beras pada lubang yang terbuka.

Air  :

  • Air yang dipergunakan harus sesuai dengan banyaknya ketupat yang akan direbus. Jangan terlalu longgar dan jangan terlalu sempit. Hal tersebut akan mempengaruhi bentuk dan kematangan dari ketupat.
  • Pada rebusan pertama, ketupat harus benar-benar terendam. Jika air sudah mulai menyusut, tambahkan kembali air hingga ketupat terendam. Rebus hingga mendidih.
  • Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mengetahui ketupat sudah matang.
  • Jika ketupat sudah matang, celupkan sebentar kedalam air matang yang sudah mendidih. Hal tersebut dapat mempengaruhi daya simpan ketupat.

Dengan tips-tips yang telah dibuat, semoga dapat mempermudah dalam pembuatan ketupat yang lezat. Selamat mencoba. K-14

Artikel Lainnya

  • Jun 27, 2019

    Kelemahan Asam Lemak Tidak Jenuh

    Selain memiliki banyak kelebihan seperti mampu menurunkan kolesterol dan mengandung omega-3, asam lemak tak jenuh ternyata juga memiliki kekurangan. Asam lemak tak jenuh memiliki ikatan atom karbon rangkap yang mudah terurai dan bereaksi dengan senyawa lain, sampai mendapatkan komposisi yang stabil berupa asam lemak jenuh. Semakin banyak jumlah ikatan rangkap, semakin mudah bereaksi atau berubah minyak tersebut. Namun jika digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang, maka asam lemak tidak jenuh (baik dari minyak penggoreng maupun dari makanan yang digoreng) akan berubah menjadi asam lemak “trans”, gugus peroksida, serta senyawa radikal bebas lainnya. ...

  • Jun 26, 2019

    Efek Konsumsi Lemak Trans terhadap Kesehatan

    Lemak trans ialah semua isomer geometrik dari asam lemak tidak jenuh tunggal dan asam lemak tidak jenuh jamak yang tidak terkonjugasi, dipengaruhi setidaknya oleh satu kelompok metilen, dengan ikatan rangkap karbon-karbon dalam konfiurasi trans. Lemak trans ini dapat terbentuk secara alami dalam bahan pangan serta selama proses pengolahan pangan pada temperatur yang sangat tinggi (proses deodorisasi dan penggorengan) dan melalui reaksi hidrogenasi. ...

  • Jun 24, 2019

    Lemak yang Digunakan dalam Produk Bakeri

    Produk baking meliputi rerotian, cake, biskuit, cookies, cracker, kue kering, pastry, pie, mufin, dan lainnya yang merupakan aplikasi bahan tepung-tepungan yang dipanggang dalam oven. Lemak sebagai bahan utama dalam pembuatan produk baking berperan dalam menambah citarasa, aroma, kelembapan, nilai gizi, pembentuk tekstur (melembutkan), dan menjaga kualitas selama penyimpanan. ...

  • Jun 21, 2019

    Menghambat Oksidasi Minyak

    Reaksi oksidasi terjadi ketika minyak goreng terpapar dengan udara. Untuk menghambat reaksi ini, biasanya industri minyak goreng menambahkan antioksidan, yakni suatu senyawa yang dapat menangkap radikal bebas. Komponen radikal bebas terbentuk selama reaksi terjadi dan memicu terjadinya berbagai kerusakan. ...

  • Jun 20, 2019

    Mengenal Teknik Memasak Shallow Frying

    Shallow frying merupakan teknik menggoreng dengan sedikit lemak atau minyak dengan menggunakan wajan datar. Shallow frying merupakan teknik memasak cepat, dan biasanya digunakan untuk bahan yang berkuran kecil dan memiliki tekstur lunak seperti telur dan ikan. Namun perlu diperhatikan, minyak yang digunakan harus dipastikan sudah benar-benar panas. Jika minyak yang digunakan belum cukup panas, maka pangan yang dihasilkan akan menyerap minyak. ...