Tak lengkap jika Lebaran tanpa ketupat



Hari pertama Lebaran, hidangan seperti opor, sambal godog, semur daging dan sambalnya tentu paling dinantikan. Semua hidangan tersebut tak lengkap rasanya jika tidak dinikmati bersama ketupat. Sudah lama menjadi tradisi ketupat hadir disetiap lebaran. Ketupat tersebut merupakan makanan tradisional Indonesia dengan bahan dasar beras yang dibuat dari janur atau kulit kelapa. Tidak semua orang dapat membuat ketupat, karena dibutuhkan keterampilan khusus dan pengalaman. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari janur, beras, hingga air yang dipergunakan. Berikut ini adalah tips untuk membuat ketupat :

Janur :

  • pilihlah janur yang ukurannya sama, sama panjang dan sama lebar untuk mempermudah pembuatan.
  • Pilih janur yang spesifikasinya baik, seperti tidak layu, tidak berwarna kecoklatan atau sedikit busuk, dan tidah berlendir.
  • Jika ingin membuat ketupat dengan ukuran besar, pilihlah janur yang lebar, tetapi jika ingin membuat ketupat yang kecil, pilihlah janur yang tidak terlalu lebar.

Beras  :

  • pada dasarnya, ketupat dapat dibuat dari berbagai macam beras. Mulai dari beras pulen, atau pera. Jangan lupa cuci beras terlebih dahulu. Usahakan benar-benar menghasilkan air yang jernih, karena air tepung dari cucian beras dapat menjadikan ketupat tersebut cepat basi.
  • Setelah dicuci, beras harus ditiriskan terlebih dahulu, setelah itu baru dimasukan ke dalam anyaman ketupat.
  • Lebih baik menggunakan tangan dibandingkan dengan menggunakan sendok untuk memasukan beras. Tarik salah satu ujung janur, dan isi beras pada lubang yang terbuka.

Air  :

  • Air yang dipergunakan harus sesuai dengan banyaknya ketupat yang akan direbus. Jangan terlalu longgar dan jangan terlalu sempit. Hal tersebut akan mempengaruhi bentuk dan kematangan dari ketupat.
  • Pada rebusan pertama, ketupat harus benar-benar terendam. Jika air sudah mulai menyusut, tambahkan kembali air hingga ketupat terendam. Rebus hingga mendidih.
  • Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mengetahui ketupat sudah matang.
  • Jika ketupat sudah matang, celupkan sebentar kedalam air matang yang sudah mendidih. Hal tersebut dapat mempengaruhi daya simpan ketupat.

Dengan tips-tips yang telah dibuat, semoga dapat mempermudah dalam pembuatan ketupat yang lezat. Selamat mencoba. K-14

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....