Sup Gurame Segar di Kareueus



Dari sekian banyak restoran di Bogor yang menyajikan menu khas Sunda, ada satu restoran yang patut di coba, yaitu Kareueus (baca: KareÚs). Restoran yang berdiri sejak 2009 akhir dan baru berulang tahun pada 18 Juni 2011, berlokasi di Jalan Siliwangi No, 12 Bogor. Kareueus tersebut diambil dari bahasa Sunda kuno yang berarti kebanggaan. "Kami disini ingin semua tamu yang datang ke restoran kami merasa bangga dengan pelayanan yang ditawarkan oleh semua petugas dan menu-menu yang disajikan," tutur Supervisor Kareueus Adi.

Awal masuk restoran para pengunjung akan mendengar suara alat musik Gong yang dipukul oleh karyawan Kareueus, itu menandakan ucapan selamat datang dari Kareueus. Selain itu, sebelum pengunjung memesan makanan yang disajikan, Kareueus juga memiliki free welcome food yaitu Uyan Goreng yang terbuat dari serutan talas dicampur dengan sedikit terigu lalu di goreng hingga kering dan dicocol dengan sambal.

Kareueus buka dari jam 10 siang hingga jam 10 malam, jika weekend buka hingga jam 11 malam. Khusus hari Jumat para pengunjung dimanjakan dengan alunan live music. Kereueus mempunyai dua cabang yang terletak di Bellanova Sentul. "Kebetulan tidak hanya makanan sunda yang disajikan oleh Kareueus, namun kami juga mempunyai Chinese food," tutut Adi.

Berbagai menu khas Sunda disajikan di kareueus, mulai dari aneka sambal hingga aneka hidangan utama. Terdapat lima macam sambal mulai dari sambal mangga, sambak dadak, sambal goreng, dan sambal goang, hampir 100 menu yang dimiliki Kareueus.

Menu favorit dari Kareueus ini adalah aneka sup ikan seperti sup ikan gurame, dan sup ikan nila seharga Rp. 75.000,- untuk ukuran besar. "Rasa yang dihasilkan dari sup ikan adalah asam pedas, asam tersebut didapatkan dari belimbing wuluh, sedikit mendekati tom-yam," tutur Chef Ubad dari Kareueus. Ada juga ayam bakar Kareueus, dan patin bakar bambu. Keempat menu tersebut yang menjadikan Kareueus menjadi beda dengan restoran khas sunda lainnya. Selain itu Kareueus juga menyediakan tumis kangkung balacan, otak-otak, dan tumis teri asin.

Minuman yang disajikann antara lain es goyobod, dan kelapa Kareueus. Kelapa Kareueus terbuat dari es krim yang dicampur dengan kelapa muda dan di haluskan menjadi satu.

Bahan baku masakan berasal dari supplier yang terpilih, dan resep yang disajikan pun memiliki standar resep yang tidak dapat dirubah untuk menjaga kekonsistenan rasa dari hidangan yang disajikan. Untuk bahan baku ikan pun didapatkan dari supplier, "ikan diterima dari supplier dalam keadaan masih hidup, dan kami disini memiliki kolam penampungan sementara untuk menyimpan ikan tersebut sebelum di olah, semua demi menjaga bahan baku yang dipergunakan selalu segar," tutur Adi.

Untuk menjaga kualitas restoran, Kareueus juga menyerahkan kuisioner kepada para konsumen agar mengisinya. Sedapat mungkin segera diperbaiki jika ada kekurangan yang dirasakan oleh para konsumen. K-14

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...