Sup Gurame Segar di Kareueus



Dari sekian banyak restoran di Bogor yang menyajikan menu khas Sunda, ada satu restoran yang patut di coba, yaitu Kareueus (baca: KareÚs). Restoran yang berdiri sejak 2009 akhir dan baru berulang tahun pada 18 Juni 2011, berlokasi di Jalan Siliwangi No, 12 Bogor. Kareueus tersebut diambil dari bahasa Sunda kuno yang berarti kebanggaan. "Kami disini ingin semua tamu yang datang ke restoran kami merasa bangga dengan pelayanan yang ditawarkan oleh semua petugas dan menu-menu yang disajikan," tutur Supervisor Kareueus Adi.

Awal masuk restoran para pengunjung akan mendengar suara alat musik Gong yang dipukul oleh karyawan Kareueus, itu menandakan ucapan selamat datang dari Kareueus. Selain itu, sebelum pengunjung memesan makanan yang disajikan, Kareueus juga memiliki free welcome food yaitu Uyan Goreng yang terbuat dari serutan talas dicampur dengan sedikit terigu lalu di goreng hingga kering dan dicocol dengan sambal.

Kareueus buka dari jam 10 siang hingga jam 10 malam, jika weekend buka hingga jam 11 malam. Khusus hari Jumat para pengunjung dimanjakan dengan alunan live music. Kereueus mempunyai dua cabang yang terletak di Bellanova Sentul. "Kebetulan tidak hanya makanan sunda yang disajikan oleh Kareueus, namun kami juga mempunyai Chinese food," tutut Adi.

Berbagai menu khas Sunda disajikan di kareueus, mulai dari aneka sambal hingga aneka hidangan utama. Terdapat lima macam sambal mulai dari sambal mangga, sambak dadak, sambal goreng, dan sambal goang, hampir 100 menu yang dimiliki Kareueus.

Menu favorit dari Kareueus ini adalah aneka sup ikan seperti sup ikan gurame, dan sup ikan nila seharga Rp. 75.000,- untuk ukuran besar. "Rasa yang dihasilkan dari sup ikan adalah asam pedas, asam tersebut didapatkan dari belimbing wuluh, sedikit mendekati tom-yam," tutur Chef Ubad dari Kareueus. Ada juga ayam bakar Kareueus, dan patin bakar bambu. Keempat menu tersebut yang menjadikan Kareueus menjadi beda dengan restoran khas sunda lainnya. Selain itu Kareueus juga menyediakan tumis kangkung balacan, otak-otak, dan tumis teri asin.

Minuman yang disajikann antara lain es goyobod, dan kelapa Kareueus. Kelapa Kareueus terbuat dari es krim yang dicampur dengan kelapa muda dan di haluskan menjadi satu.

Bahan baku masakan berasal dari supplier yang terpilih, dan resep yang disajikan pun memiliki standar resep yang tidak dapat dirubah untuk menjaga kekonsistenan rasa dari hidangan yang disajikan. Untuk bahan baku ikan pun didapatkan dari supplier, "ikan diterima dari supplier dalam keadaan masih hidup, dan kami disini memiliki kolam penampungan sementara untuk menyimpan ikan tersebut sebelum di olah, semua demi menjaga bahan baku yang dipergunakan selalu segar," tutur Adi.

Untuk menjaga kualitas restoran, Kareueus juga menyerahkan kuisioner kepada para konsumen agar mengisinya. Sedapat mungkin segera diperbaiki jika ada kekurangan yang dirasakan oleh para konsumen. K-14

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...