Hospitality Festival 2010 Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung



Hospitality festival berasal dari kegiatan Profesional Skill Development (PSD) yang diadakan setiap akhir semester di jurusan Hospitality. Kegiatan PSD telah berlangsung sejak tahun 2002 sampai sekarang dan masih dalam kalender akademik Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
Kegiatan PSD merupakan kristalisasi hasil dari proses kegiatan belajar mengajar para mahasiswa selama 8 semester di masing-masing program studi yang dilaksanakan dengan berbagai macam metodologi pembelajaran yang dapat langsung diterapkan kepada para mahasiswa di lapangan kerjanya nanti. Selama kurang lebih 8 tahun kegiatan ini berlangsung secara terpisah antara satu program studi dengan program studi lainnya yang dilaksanakan pada satu waktu.

Untuk mengoptimalkan profesionalisme mahasiswa jurusan Hospitality di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, dipandang perlu untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang dapat mengakomodir semua potensi mahasiswa yang terkait dengan Skill, Knowledge, Attitude di bidang keahliannya masing-masing.

Kegiatan Hospitality Festival merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung untuk melaksanakan kegiatan PSD pada masing-masing program studi secara terpadu dan terjadwal di bawah kordinasi Jurusan Hospitality. Walaupun kegiatan ini didelegasikan kepada tim kreatif, tetapi yang menjadi pelaksana seluruh rangkaian kegiatan adalah para mahasiswa STP Bandung Jurusan Hospitality. Selain menghimpun seluruh kegiatan PSD dari setiap program studi, Hospitality Festival juga dipadukan dengan kegiatan lainnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 15-18 Juni 2010 bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dengan mangambil tema “Hospitality Creativity 2010”.

Di Hospitality Festival, Jurusan Hospitality akan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang melibatkan 6 program studi dibawahnya. Program Studi S-1 Studi Akomodasi dan Katering (S1-SAK) akan menampilkan kegiatan Talk Show dan Workshop; Program studi Diploma IV Administrasi Hotel (D-IVADH) dengan kegiatan Hospitality Food Bazaar nya; Diploma-III Manajemen Tata Boga (D-III MTB) menampilkan Food Display; Manajemen Tata Hidangan (D-III MTH) menampilkan kompetensi Mixing Drink, Floral Arrangement, Restaurant Service, Flambe; Manajemen Patiseri (D-III MPI) menampilkan Pastry Display; dan Manajemen Divisi Kamar (D-III MDK) berupa kegiatan Front Office Competition dan Making Bed Competition. Semua kegiatan tersebut memiliki kriteria dan basis penilaian yang mengacu pada standar yang sering digunakan oleh para juri di ASEAN Skill Competition dan World Skill Competition. Pada kegiatan ini pun akan mengundang para juri yang berkompeten dan ahli di bidangnya.

Di samping kegiatan yang bersifat kompetisi, Hospitality Festival ini akan dijadikan pula sebagai ajang untuk menampilkan produk-produk makanan dan minuman hasil kreasi para mahasiswa jurusan Hospitality baik secara individu maupun secara kelompok (kolektif), yang bisa dinikmati oleh para pengunjung dalam kegiatan Hospitality Food Bazaar 2010. Food Bazaar juga akan diramaikan oleh kehadiran beberapa pedagang makanan tradisional. Pada rangkaian kegiatan ini akan diselenggarakan kegiatan Workshop atau talk show dengan tema “Photography for Food and Beverage” dan “Healthy food for Healthy Body” yang akan menghadirkan para nara sumber yang merupakan pakar di bidangnya masing-masing.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan warming up untuk menyambut Dies Natalis Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ke-50 yang jatuh pada tahun 2012 dengan rangkaian kegiatan yang lebih baik, ramai, dan lebih berkualitas lagi, guna menarik animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam memajukkan dan mengembangkan dunia pariwisata Indonesia dalam peta persaingan pariwisata global, dan yang pastinya untuk mencapai kejayaan STP Bandung di mata dunia. Semoga.

Arief Rachman, SE. Koordinator Pelaksana Hospitality Festival 2010

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....