Hospitality Festival 2010 Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung



Hospitality festival berasal dari kegiatan Profesional Skill Development (PSD) yang diadakan setiap akhir semester di jurusan Hospitality. Kegiatan PSD telah berlangsung sejak tahun 2002 sampai sekarang dan masih dalam kalender akademik Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
Kegiatan PSD merupakan kristalisasi hasil dari proses kegiatan belajar mengajar para mahasiswa selama 8 semester di masing-masing program studi yang dilaksanakan dengan berbagai macam metodologi pembelajaran yang dapat langsung diterapkan kepada para mahasiswa di lapangan kerjanya nanti. Selama kurang lebih 8 tahun kegiatan ini berlangsung secara terpisah antara satu program studi dengan program studi lainnya yang dilaksanakan pada satu waktu.

Untuk mengoptimalkan profesionalisme mahasiswa jurusan Hospitality di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, dipandang perlu untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang dapat mengakomodir semua potensi mahasiswa yang terkait dengan Skill, Knowledge, Attitude di bidang keahliannya masing-masing.

Kegiatan Hospitality Festival merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung untuk melaksanakan kegiatan PSD pada masing-masing program studi secara terpadu dan terjadwal di bawah kordinasi Jurusan Hospitality. Walaupun kegiatan ini didelegasikan kepada tim kreatif, tetapi yang menjadi pelaksana seluruh rangkaian kegiatan adalah para mahasiswa STP Bandung Jurusan Hospitality. Selain menghimpun seluruh kegiatan PSD dari setiap program studi, Hospitality Festival juga dipadukan dengan kegiatan lainnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 15-18 Juni 2010 bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dengan mangambil tema “Hospitality Creativity 2010”.

Di Hospitality Festival, Jurusan Hospitality akan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang melibatkan 6 program studi dibawahnya. Program Studi S-1 Studi Akomodasi dan Katering (S1-SAK) akan menampilkan kegiatan Talk Show dan Workshop; Program studi Diploma IV Administrasi Hotel (D-IVADH) dengan kegiatan Hospitality Food Bazaar nya; Diploma-III Manajemen Tata Boga (D-III MTB) menampilkan Food Display; Manajemen Tata Hidangan (D-III MTH) menampilkan kompetensi Mixing Drink, Floral Arrangement, Restaurant Service, Flambe; Manajemen Patiseri (D-III MPI) menampilkan Pastry Display; dan Manajemen Divisi Kamar (D-III MDK) berupa kegiatan Front Office Competition dan Making Bed Competition. Semua kegiatan tersebut memiliki kriteria dan basis penilaian yang mengacu pada standar yang sering digunakan oleh para juri di ASEAN Skill Competition dan World Skill Competition. Pada kegiatan ini pun akan mengundang para juri yang berkompeten dan ahli di bidangnya.

Di samping kegiatan yang bersifat kompetisi, Hospitality Festival ini akan dijadikan pula sebagai ajang untuk menampilkan produk-produk makanan dan minuman hasil kreasi para mahasiswa jurusan Hospitality baik secara individu maupun secara kelompok (kolektif), yang bisa dinikmati oleh para pengunjung dalam kegiatan Hospitality Food Bazaar 2010. Food Bazaar juga akan diramaikan oleh kehadiran beberapa pedagang makanan tradisional. Pada rangkaian kegiatan ini akan diselenggarakan kegiatan Workshop atau talk show dengan tema “Photography for Food and Beverage” dan “Healthy food for Healthy Body” yang akan menghadirkan para nara sumber yang merupakan pakar di bidangnya masing-masing.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan warming up untuk menyambut Dies Natalis Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ke-50 yang jatuh pada tahun 2012 dengan rangkaian kegiatan yang lebih baik, ramai, dan lebih berkualitas lagi, guna menarik animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam memajukkan dan mengembangkan dunia pariwisata Indonesia dalam peta persaingan pariwisata global, dan yang pastinya untuk mencapai kejayaan STP Bandung di mata dunia. Semoga.

Arief Rachman, SE. Koordinator Pelaksana Hospitality Festival 2010

Artikel Lainnya

  • Apr 23, 2019

    Ragam Keju populer dan Aplikasinya pada Produk Horekaba

    Keju merupakan salah satu bahan pangan favorit produk fermentasi susu. Dalam aplikasinya, keju bisa digunakan secara langsung, dijadikan toping untuk berbagai produk pangan maupun dicampur dengan makanan lain. Seiring dengan perkembangannya, semakin beragam pula produk keju dalam hotel, restoran, katering, bakeri (Horekaba) serta industri pangan lainnya yang menggunakan keju sebagai bahan bakunya. Berikut ragam keju yang digunakan dalam produk horekaba. ...

  • Apr 22, 2019

    Perbedaan Cream Cheese dan Cheese Spread

    Untuk penggemar sarapan roti, keju krim (cream cheese) dan keju olesan cream (cheese spread) menjadi satu pilihan untuk diamasukkan ke dalam lapisan lembarlembar roti. Kedua produk tersebut dapat dioles di atas roti sebagai isian bergizi tinggi, atau juga dapat disantap dengan mengoleskannya pada kue atau crackers. Bagi yang suka membuat kue, keju krim dan keju olesan dapat dipakai sebagai campuran adonan dalam cheese cake atau dekorasi krim di atas kue. Lalu apa yang membedakan kedua produk tersebut?   ...

  • Apr 18, 2019

    Tips Memilih Whipped Cream

    hipped cream merupakan krim yang timbul di bagian atas dari susu pada waktu didiamkan atau dipisahkan, sehingga whipped cream juga disebut sebagai ‘kepala susu’.Kegagalan dalam pengolahan whipped cream biasanya ada pada suhu, pengocokan, dan perbandingan air (khusus untuk bubuk whipped cream). “Penggunaan air es dalam pengocokkan bubuk whipped cream sangat penting, karena air es tersebut membantu whipped cream mengembang secara maksimal.  ...

  • Apr 16, 2019

    Bahan-bahan yang mempengaruhi tekstur es krim

    Es krim dibuat dengan cara membekukan campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, dengan atau tanpa penambahan ingridien lain yang diizinkan. Bentuk dan ukuran masing-masing bahan penyusun es krim tersebut sangat menentukan kualitas es krim, terutama tekstur. Tekstur yang diinginkan pada es krim adalah lembut, creaminess (seperti kondisi kaya akan lemak) dan homogen. Sedangkan body yang diinginkan adalah firm dengan substansi padatan yang bersatu dalam bentuk buih/busa. Ketahanan es krim untuk tidak mudah meleleh juga menentukan apresiasi konsumen.   ...

  • Apr 15, 2019

    Costing Menu Honey Blended

    Honey Blended  adalah smoothie yang berbahan dasar raspberry, yoghurt, dan madu. Raspberry merupakan jenis buah yang banyak menyumbangkan manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi. Dipadukan dengan yogurt maka semakin melengkapi menfaat dari buah ini. ...