Fresh Milk, Fresh Business From Cisarua



 

PT Cisarua Mountain Dairy yang lebih dikenal dengan Cimory berdiri sejak tahun 2006, berlokasi di daerah Cisarua Puncak, Jawa Barat. Perusahaan ini mulai terjun di bisnis pengolahan susu dengan tujuan awal untuk meningkatkan taraf hidup para peternak di daerah tersebut. Cimory menghimpun dan membimbing para peternak Cisarua dalam Koperasi Unit Desa (KUD) Giri Tani, dengan cara membeli susu peternak dengan harga 10% di atas harga pasar.

Menurut Prof. Ali Khomsan, Guru Besar Pangan dan Gizi, konsumsi Indonesia masih tergolong rendah yakni hanya 7,7 lt/kap/th (lihat Tabel 1). Padahal susu merupakan sumber berbagai zat gizi yang penting untuk mendukung kesehatan
Namun yang cukup menggembirakan, ternyata konsumen makin sadar terhadap manfaat susu. Contohnya pada 2009 Cimory menghabiskan susu segar 6 ton/hari, namun pada 2010 menjadi meningkat 9 ton/hari. Tahun 2009 - 2010 penjualan Cimory naik 120% dan untuk market meningkat
40%.

Saat ini Cimory sudah mendapatkan sertifikat HACCP dari EMBRIO. Untuk menjaga kualitas dan inovasinya, Cimory memiliki divisi Research Innovation Quality Assurance (RIQA). Selain susu pasteurisasi, Cimory juga mengolah susu menjadi keju dan yoghurt aneka rasa. Bahkan menurut Boediono Tandu, Managing Director CImory, pihaknya optimis bahwa keju produksi lokal miliknya dapat bersaing dan mempunyai kualitas yang sama baik dengan keju impor. Tya

Artikel Lainnya

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...

  • Sep 20, 2018

    Keamanan Pengemas Jajanan dan Makanan Cepat Saji

    Penggunaan kemasan adalah salah satu upaya untuk mencegah terjadinya cemaran pada produk olahan pangan. Selain berfungsi sebagai pelindung, kemasan juga berperan sebagai media untuk promosi. Kemasan dapat mempengaruhi berbagai aspek pada pangan seperti nilai jual, estetika, dan keamanan pangan. Makin kompleks suatu kemasan, maka nilai tambah produk pangan juga akan dapat meningkat. Konsumen cenderung memilih kemasan yang menarik dan mampu menunjukkan mutu produk pangan. ...

  • Sep 17, 2018

    Apa itu Gaya Hidup Ketofastosis?

    Diet ketogenik merupakan salah satu tren diet yang cukup populer di Indonesia. Prinsip diet ini ada pada pengaturan pola makanan harian untuk mencapai kondisi ketosis. Diet ini dipandang efektif untuk penurunan berat badan. Saat ini, diet ketogenik dikombinasikan dengan puasa pada kondisi ketosis dengan tujuan mempertahankan metabolisme lemak yang optimal sehingga disebut dengan ketofastosis....

  • Sep 14, 2018

    Kemeriahan Lomba Cipta Menu Berbahan Lokal

    Crafting Special Recipe (CRISPY) Competition merupakan lomba cipta menu dan masak dengan menggunakan bahan pangan lokal. CRISPY tahun 2018 mengangkat tema “Kreasi olahan cemilan sehat untuk keluarga : one bite size” dan menggunakan buah sukun sebagai bahan dasar utama.  Acara yang berlangsung pada 9 September 2018 lalu di Kampus IPB Dramaga tersebut diikuti oleh 24 tim peserta dari masyarakat umum dan berbagai instansi, di antaranya adalah Stikes Mitra Keluarga, UPN Jakarta, Poltekkes Jakarta II, UHAMKA, Bhi, Poltekkes Kemenkes Bandung, Universitas Negeri Jakarta, STP Bogor, Akpar Pertiwi, Universitas Djuanda, Universitas Ibnu Khaldun, Bina Sarana Informatika, Sekolah Vokasi IPB, dan IPB. ...

  • Ags 30, 2018

    Efektifitas Rantai Pasok untuk Peningkatan Kualitas Susu Segar

    Susu merupakan salah satu produk industri peternakan yang potensial di Indonesia. Sebagian besar (98%) susu di Indonesia diproduksi di Pulau Jawa yang berasal dari peternakan rakyat. Terdapat tiga permasalahan utama terkait produksi susu di Indonesia yaitu kurangnya pengetahuan peternak tentang penanganan susu, lahan peternakan dan skala kepemilikan, serta persoalan regenerasi....