Roti Buaya sepanjang 7 meter pecahkan rekor MURI di Old City Agro Fest 2011



 



Old City Agro Fest 2011 yang diselenggarakan di Museum Sejarah Jakarta 8 Juli 2011 merupakan hasil kerja sama antara Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Administrasi Jakarta dengan Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Barat, dan Suku Dinas Pariwisata Kota Jakarta Barat. Ide pelaksanaan kegiatan ini cukup baik mengingat upaya memadukan antara kegiatan bisnis dengan upaya pelestarian seni budaya di provinsi DKI Jakarta yang masih jarang dilakukan.

Berbagai acara diselenggarakan, seperti membuat olahan daging sehat bebas pengawet, dan adanya pemecahan rekor MURI berupa pembuatan roti buaya sepanjang 7 meter yang dilakukan oleh masyarakat Duri Kosambi. Roti buaya dikenal sebagai simbol kesetiaan dan kemapanan ekonomi. Pasangan Betawi yang menikah diharapkan memiliki masa depan cerah dan hidup mapan. Tradisi hantaran roti buaya masih berlangsung hingga saat ini, termasuk warga Betawi yang menikah dan merayakan secara modern. Adanya Old City Agro Fest 2011 merupakan langkah jitu untuk mempromosikan warisan budaya.

enariknya, tepung yang digunakan bukan tepung terigu murni, namun menggunakan tepung jalejo. Tepung jalejo merupakan tepung komposit dari tiga jenis bahan pangan, yaitu jagung, kedelai, dan kacang hijau. Tepung kaya gizi ini mampu meminimalkan peran tepung gandum yang sebagian besar diimpor. Hal ini jufa merupakan bentuk diversifikasi pangan untuk mengganti beras. K-14

Artikel Lainnya