Kiat Membuat Citarasa Sup Lezat dan Bergizi





Sup telah menjadi bagian dalam hidangan sehari-hari bagi banyak orang. Namun apakah sebenarnya sup itu, dan baikkah untuk kesehatan tubuh kita? Sup adalah jenis masakan yang berkuah kaldu yang menyimpan banyak manfaat kesehatan, asal dimasak dan dihidangkan dengan benar.  

Untuk mendapatkan citarasa Sup yang lezat, harus dipastikan terlebih dahulu  kualitas kaldu di dalamnya‖, tutur chef selebriti, Karen Charlotte dalam sebuah diskusi ringan dalam Food Editor Club bersama Unilever tentang membuat sup yang lezat di Jakarta belum lama ini. Maka, penggunaan bouillon menjadi sangat penting. Chef yang lebih suka dipanggil KC ini menjelaskan, Bouillon dalam bahasa Perancis artinya makanan cair bergizi yang terbuat dari daging/tulang sapi atau ayam yang direbus, dicampur dengan sayuran dan bumbu, untuk mendapatkan jenis Sup bening sebagai kaldu dasar. "Cara membuat bouillon dengan hasil maksimal adalah dengan memanggang daging/tulang sapi atau ayam sampai kecoklatan kemudian direbus dengan rempah-rempah dan dedaunan selama kurang lebih 6 jam,"jelas Chef KC.

Adapaun jangka waktu merebus, sangat menentukan kekentalan stock: yang kental dapat ditambahkan ke dalam air mendidih untuk membuat sup. Ia mencontohkan, 500 ml air mendidih dengan 500 ml bouillon dapat menghasilkan 1L kaldu ayam/sapi.  

Proses pembuatan kaldu dasar yang memakan waktu cukup lama inilah yang membuat sebagian ibu-ibu menganggapnya kurang efisien / praktis. Namun bouillon telah dibuat, maka bisa disimpan dalam chilled atau freezer sebagai biang sup -untuk bisa menjadi cadangan hingga 6 bulan ke depan. K-08

Artikel Lainnya