Tahun ke-5 Agrinex Expo



Memasuki tahun ke-5, Agrinex Expo kembali digelar. Selama bertahun-tahun penyelenggaraannya, Agrinex menjadi bukti kebersamaan stake holder agribisnis Indonesia. Dengan konsep ABGC (Academic Business, Government dan Community) Agrinex akan diselenggarakan pada 4-6 Maret 2011 di Jakarta Convention Center. Bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, IPB dan Koperasi Indonesia, Performax juga menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Kemernterian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, juga dari keterwakilam para peserta yaitu pelaku usaha, BUMN juga media massa.

Tema Agrinex 2011 adalah “Agribusiness for Prosperity.” Terasa tepat di tengah menurunnya produksi pangan karena pengaruh iklim ekstrim. Melalui Agrinex, masyarakat diajak untuk memahami bahwa agribisnis bukan saja memberi makanan sehat dan biodiversity, tetapi uga ramah lingkungan dan memberi lapangan kerja yang luas bagi masyarakat di seluruh Indonesia yang mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa.

Agrinex juga akan menyelenggarakan berbagai talkshow yang akan dimotori oleh beberapa Kementerian Republik Indonesia. Seperti misalnya talkshow tentang herbal yang digagas oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, kemudian seminar mengenai diversifikasi pangan oleh Kementerian koordinator kesejahteraan Rakyat. Beberapa workshop juga digelar oleh Kementerian Pertanian, IPB menggelar pertemuan dengan 3 Pemda Provinsi yang mengembangkan agribisnis, sedangkan masih dalam perencanaan akan diselenggarakan temu UKM agribisnis dengan Menteri UKM.

Agrinex Expo merupakan wajah agribisnis Indonesia yang telah merebut perhatian masyarakat, media massa yang makin gencar memberitakan berbagai hal seputar agribisnis, juga mencari dukungan luas pemerintah. Kehadiran Presiden RI, Wakil Presiden RI, Para Menteri dan Dirjen di lokasi even. Agrinex bahkan menjadi sasaran kunjungan pelaku usaha dari berbagai Negara.

Sejak diselenggaraknnya di tahun 2007, Agrinex Expo selalu menyajikan porsi pameran dan edukasi yang saling melengkapi. Puluhan talkshow dan demo akan selalu ada termasuk nanti di Agrinex Expo 2011. Agrinex Expo 2011 berbagai materi talkshow dan demo untuk pengembangan agribisnis yang mensejahterakan petani.

Kembali tampil yakni Rumah Horti, termasuk contoh pekarangan dengan tanaman pangan ada didalamnya. Demo dan tips bisnis hortilkultura akan tampil di Panggung 3 Prefunction Asembly. Talkshow dan demo peserta expo non horti dan non diversifikasi pangan akan tampil di Panggung 2 di Asembly Hall. Sedangkan seminar dan bisnis gathering oleh beberapa Kementerian dan IPB akan tampil di Panggung 1 Merak Room setelah pembukaan sampai dengan menjelang penutupan Agrinex Expo.

Kesertaan perusahaan PKBL, BUMN dan perusahaan besar lainnya yang menghadirkan UKM Agribisnis dari berbagai lokasi produksi juga mendorong perkembangan agribisnis Indonesia, karena mereka bisa belajar dari sesama peserta serta kesempatan mengikuti berbagai perbincangan dan demo dari 3 panggung di Agrinex adalah kesempatan UKM dari daerah untuk mngembangkan kualitas produk dan usahanya.

Sistem subsidi silang antara UKM dan NGO juga diberlakukan pada expo ini. UKM hanya membayar 50% dari NGO, Litbang dan PTN hanya membayar 33% dari harga normal stand dan akan terus dipertahankan agar agribisnis berkembang di semua level usaha. Harapan lain dari penyelenggaraan Agrinex adalah agar agribisnis Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri di tengah krisis pangan dunia akibat iklim ekstrim.

Artikel Lainnya

  • Mei 23, 2019

    Prinsip-Prinsip Dasar dalam Menjamin Keamanan Pangan

    Prinsip dasar kebersihan makanan untuk menjamin kemanan pangan yang perlu disiapkan oleh produsen antara lain sebagai berikut. Pilih resep makanan dengan seksama Saat memilih menu produk yang akan dijual, perlu mengetahui beberapa kualitas dan komposisi bahan yang digunakan. Beberapa produk pangan dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa konsumen. Oleh karena itu perlu diberikan informasi yang cukup pada label pangan. Selain itu juga menu yang disajikan diharapkan dapat memberikan asupan gizi dalam jumlah yang tepat. ...

  • Mei 22, 2019

    Asupan Zat Gizi agar Tubuh Tetap Bugar

    Pada prinsipnya makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka harus lengkap, mengandung unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Sebenarnya, kunci asupan gizi seimbang dicerminkan oleh beragam makanan yang kita konsumsi baik di saat buka maupun sahur, dan empat sehat lima sempurna merupakan cermin keberagaman makanan meski kini sudah ada acuan yang lebih lengkap, yaitu Pedoman Gizi Seimbang. ...

  • Mei 21, 2019

    Menyusun Menu yang Baik selama Bulan Ramadan

    Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air kelapa, dan jenis buah-buahan dengan kandungan air tinggi lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir dalam menu puasa, karena bila berlebihan dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih, usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur minimal minum satu liter air atau sesuai kebutuhan. ...

  • Mei 20, 2019

    Panduan Sederhana Mengonsumsi Protein Nabati

    Anggapan bahwa protein nabati tidak lebih baik dari protein hewani adalah pernyataan yang tidak sepenuhnya benar. Meskipun beberapa komoditas menunjukkan kekurangan dalam komponen asam aminonya, namun banyak jalan yang bisa ditempuh untuk membuatnya setara dengan komponen protein hewani. ...

  • Mei 17, 2019

    Benarkah Protein Nabati Tidak Lengkap?

    Mutu protein bahan pangan salah satunya ditentukan oleh jenis dan proporsi asam amino yang di kandungnya. Setidaknya, terdapat 20 jenis asam amino yang terdiri dari sembilan asam amino esensial dan 11 asam amino non-esensial. Asam amino non-esensial adalah asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh, sedangkan asam amino esensial  merupakan asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh dan didapat dari sumber pangan. ...