Tahun ke-5 Agrinex Expo



Memasuki tahun ke-5, Agrinex Expo kembali digelar. Selama bertahun-tahun penyelenggaraannya, Agrinex menjadi bukti kebersamaan stake holder agribisnis Indonesia. Dengan konsep ABGC (Academic Business, Government dan Community) Agrinex akan diselenggarakan pada 4-6 Maret 2011 di Jakarta Convention Center. Bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, IPB dan Koperasi Indonesia, Performax juga menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Kemernterian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, juga dari keterwakilam para peserta yaitu pelaku usaha, BUMN juga media massa.

Tema Agrinex 2011 adalah “Agribusiness for Prosperity.” Terasa tepat di tengah menurunnya produksi pangan karena pengaruh iklim ekstrim. Melalui Agrinex, masyarakat diajak untuk memahami bahwa agribisnis bukan saja memberi makanan sehat dan biodiversity, tetapi uga ramah lingkungan dan memberi lapangan kerja yang luas bagi masyarakat di seluruh Indonesia yang mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa.

Agrinex juga akan menyelenggarakan berbagai talkshow yang akan dimotori oleh beberapa Kementerian Republik Indonesia. Seperti misalnya talkshow tentang herbal yang digagas oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, kemudian seminar mengenai diversifikasi pangan oleh Kementerian koordinator kesejahteraan Rakyat. Beberapa workshop juga digelar oleh Kementerian Pertanian, IPB menggelar pertemuan dengan 3 Pemda Provinsi yang mengembangkan agribisnis, sedangkan masih dalam perencanaan akan diselenggarakan temu UKM agribisnis dengan Menteri UKM.

Agrinex Expo merupakan wajah agribisnis Indonesia yang telah merebut perhatian masyarakat, media massa yang makin gencar memberitakan berbagai hal seputar agribisnis, juga mencari dukungan luas pemerintah. Kehadiran Presiden RI, Wakil Presiden RI, Para Menteri dan Dirjen di lokasi even. Agrinex bahkan menjadi sasaran kunjungan pelaku usaha dari berbagai Negara.

Sejak diselenggaraknnya di tahun 2007, Agrinex Expo selalu menyajikan porsi pameran dan edukasi yang saling melengkapi. Puluhan talkshow dan demo akan selalu ada termasuk nanti di Agrinex Expo 2011. Agrinex Expo 2011 berbagai materi talkshow dan demo untuk pengembangan agribisnis yang mensejahterakan petani.

Kembali tampil yakni Rumah Horti, termasuk contoh pekarangan dengan tanaman pangan ada didalamnya. Demo dan tips bisnis hortilkultura akan tampil di Panggung 3 Prefunction Asembly. Talkshow dan demo peserta expo non horti dan non diversifikasi pangan akan tampil di Panggung 2 di Asembly Hall. Sedangkan seminar dan bisnis gathering oleh beberapa Kementerian dan IPB akan tampil di Panggung 1 Merak Room setelah pembukaan sampai dengan menjelang penutupan Agrinex Expo.

Kesertaan perusahaan PKBL, BUMN dan perusahaan besar lainnya yang menghadirkan UKM Agribisnis dari berbagai lokasi produksi juga mendorong perkembangan agribisnis Indonesia, karena mereka bisa belajar dari sesama peserta serta kesempatan mengikuti berbagai perbincangan dan demo dari 3 panggung di Agrinex adalah kesempatan UKM dari daerah untuk mngembangkan kualitas produk dan usahanya.

Sistem subsidi silang antara UKM dan NGO juga diberlakukan pada expo ini. UKM hanya membayar 50% dari NGO, Litbang dan PTN hanya membayar 33% dari harga normal stand dan akan terus dipertahankan agar agribisnis berkembang di semua level usaha. Harapan lain dari penyelenggaraan Agrinex adalah agar agribisnis Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri di tengah krisis pangan dunia akibat iklim ekstrim.

Artikel Lainnya

  • Mar 20, 2019

    Diet Keto dari Sisi Gizi dan Kesehatan

    Diet keto memang dianggap efektif menurunkan berat badan (Campos, 2017). Dari segi gizi, diet keto menekankan pola asupan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini mengandalkan lemak serta protein hewani sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Asupan karbohidrat yang berkurang drastis ini akan menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat dan gula, proses inilah yang disebut dengan ketosis. ...

  • Mar 19, 2019

    Upaya Menghindari Foodborne Diseases

    Sebagian besar foodborne patogen lebih menyukai lingkungan yang hangat, walaupun bisa tumbuh dalam kisaran suhu yang luas. Suhu di atas 40C dan di bawah 600C sering diacu sebagai zona berbahaya, karena bakteri patogen seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria monocytogenes dapat berkembang biak pada suhu tersebut, sehingga menyebabkan penyakit. Menyimpan produk pangan pada suhu refrigerasi yang tepat pada suhu di bawah 40C dan memanaskan pada suhu diatas 600C, adalah usaha yang direkomendasikan agar terhidar dari foodborne disease. Oleh karena itu, penanganan pangan dari mulai bahan baku hingga distribusi harus memenuhi pedoman penanganan yang tepat, seperti: ...

  • Mar 18, 2019

    Alternatif Pola Hidup Sehat dengan Diet Ketogenik

    Diet ketogenik adalah pola konsumsi dengan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat yang akan menyediakan cukup protein untuk pertumbuhan tetapi kurang karbohidrat untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang pada prosesnya akan menghasilkan senyawa keton. Komposisi ketogenik menyaratkan porsi lemak tinggi (75-80%), porsi protein sedang (15% – 20%), dan porsi karbohidrat rendah (5% – 10%). ...

  • Mar 15, 2019

    Menu sebagai Alat Penjual

    Menu dalam bisnis pangan di industri hotel, restoran, katering, dan bakeri (horekaba) merupakan sarana pemasaran yang penting. Menu dapat digunakan sebagai gambaran dari produk yang ditawarkan. Perencanaan menu dibuat dengan menyusun daftar secara spesifik , yaitu menentukan makanan tersebut dibuat untuk satu periode makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) atau untuk sehari penuh termasuk snack.   ...

  • Mar 14, 2019

    Tip Menghindari Kesalahan dalam Penimbangan

    Pembuatan produk bakeri seperti roti dan pastry harus melibatkan proses perhitungan, penimbangan, dan prosedur baku yang harus diataati dalam tiap tahapannya. Penggunaan bahan-bahan seperti tepung, ragi, gula, dan bahan-bahan lain harus sesuai dengan standar formula yang sudah ditetapkan. Akurasi atau ketelitian diperlukan untuk mencegah kesalahan dalam penggunaan bahan. Berikut beberapa tip untuk menhindari kesalahan penimbangan dalam pembuatan produk bakeri.   ...