Tahun ke-5 Agrinex Expo



Memasuki tahun ke-5, Agrinex Expo kembali digelar. Selama bertahun-tahun penyelenggaraannya, Agrinex menjadi bukti kebersamaan stake holder agribisnis Indonesia. Dengan konsep ABGC (Academic Business, Government dan Community) Agrinex akan diselenggarakan pada 4-6 Maret 2011 di Jakarta Convention Center. Bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, IPB dan Koperasi Indonesia, Performax juga menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Kemernterian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, juga dari keterwakilam para peserta yaitu pelaku usaha, BUMN juga media massa.

Tema Agrinex 2011 adalah “Agribusiness for Prosperity.” Terasa tepat di tengah menurunnya produksi pangan karena pengaruh iklim ekstrim. Melalui Agrinex, masyarakat diajak untuk memahami bahwa agribisnis bukan saja memberi makanan sehat dan biodiversity, tetapi uga ramah lingkungan dan memberi lapangan kerja yang luas bagi masyarakat di seluruh Indonesia yang mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa.

Agrinex juga akan menyelenggarakan berbagai talkshow yang akan dimotori oleh beberapa Kementerian Republik Indonesia. Seperti misalnya talkshow tentang herbal yang digagas oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, kemudian seminar mengenai diversifikasi pangan oleh Kementerian koordinator kesejahteraan Rakyat. Beberapa workshop juga digelar oleh Kementerian Pertanian, IPB menggelar pertemuan dengan 3 Pemda Provinsi yang mengembangkan agribisnis, sedangkan masih dalam perencanaan akan diselenggarakan temu UKM agribisnis dengan Menteri UKM.

Agrinex Expo merupakan wajah agribisnis Indonesia yang telah merebut perhatian masyarakat, media massa yang makin gencar memberitakan berbagai hal seputar agribisnis, juga mencari dukungan luas pemerintah. Kehadiran Presiden RI, Wakil Presiden RI, Para Menteri dan Dirjen di lokasi even. Agrinex bahkan menjadi sasaran kunjungan pelaku usaha dari berbagai Negara.

Sejak diselenggaraknnya di tahun 2007, Agrinex Expo selalu menyajikan porsi pameran dan edukasi yang saling melengkapi. Puluhan talkshow dan demo akan selalu ada termasuk nanti di Agrinex Expo 2011. Agrinex Expo 2011 berbagai materi talkshow dan demo untuk pengembangan agribisnis yang mensejahterakan petani.

Kembali tampil yakni Rumah Horti, termasuk contoh pekarangan dengan tanaman pangan ada didalamnya. Demo dan tips bisnis hortilkultura akan tampil di Panggung 3 Prefunction Asembly. Talkshow dan demo peserta expo non horti dan non diversifikasi pangan akan tampil di Panggung 2 di Asembly Hall. Sedangkan seminar dan bisnis gathering oleh beberapa Kementerian dan IPB akan tampil di Panggung 1 Merak Room setelah pembukaan sampai dengan menjelang penutupan Agrinex Expo.

Kesertaan perusahaan PKBL, BUMN dan perusahaan besar lainnya yang menghadirkan UKM Agribisnis dari berbagai lokasi produksi juga mendorong perkembangan agribisnis Indonesia, karena mereka bisa belajar dari sesama peserta serta kesempatan mengikuti berbagai perbincangan dan demo dari 3 panggung di Agrinex adalah kesempatan UKM dari daerah untuk mngembangkan kualitas produk dan usahanya.

Sistem subsidi silang antara UKM dan NGO juga diberlakukan pada expo ini. UKM hanya membayar 50% dari NGO, Litbang dan PTN hanya membayar 33% dari harga normal stand dan akan terus dipertahankan agar agribisnis berkembang di semua level usaha. Harapan lain dari penyelenggaraan Agrinex adalah agar agribisnis Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri di tengah krisis pangan dunia akibat iklim ekstrim.

Artikel Lainnya

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...

  • Sep 20, 2018

    Keamanan Pengemas Jajanan dan Makanan Cepat Saji

    Penggunaan kemasan adalah salah satu upaya untuk mencegah terjadinya cemaran pada produk olahan pangan. Selain berfungsi sebagai pelindung, kemasan juga berperan sebagai media untuk promosi. Kemasan dapat mempengaruhi berbagai aspek pada pangan seperti nilai jual, estetika, dan keamanan pangan. Makin kompleks suatu kemasan, maka nilai tambah produk pangan juga akan dapat meningkat. Konsumen cenderung memilih kemasan yang menarik dan mampu menunjukkan mutu produk pangan. ...

  • Sep 17, 2018

    Apa itu Gaya Hidup Ketofastosis?

    Diet ketogenik merupakan salah satu tren diet yang cukup populer di Indonesia. Prinsip diet ini ada pada pengaturan pola makanan harian untuk mencapai kondisi ketosis. Diet ini dipandang efektif untuk penurunan berat badan. Saat ini, diet ketogenik dikombinasikan dengan puasa pada kondisi ketosis dengan tujuan mempertahankan metabolisme lemak yang optimal sehingga disebut dengan ketofastosis....

  • Sep 14, 2018

    Kemeriahan Lomba Cipta Menu Berbahan Lokal

    Crafting Special Recipe (CRISPY) Competition merupakan lomba cipta menu dan masak dengan menggunakan bahan pangan lokal. CRISPY tahun 2018 mengangkat tema “Kreasi olahan cemilan sehat untuk keluarga : one bite size” dan menggunakan buah sukun sebagai bahan dasar utama.  Acara yang berlangsung pada 9 September 2018 lalu di Kampus IPB Dramaga tersebut diikuti oleh 24 tim peserta dari masyarakat umum dan berbagai instansi, di antaranya adalah Stikes Mitra Keluarga, UPN Jakarta, Poltekkes Jakarta II, UHAMKA, Bhi, Poltekkes Kemenkes Bandung, Universitas Negeri Jakarta, STP Bogor, Akpar Pertiwi, Universitas Djuanda, Universitas Ibnu Khaldun, Bina Sarana Informatika, Sekolah Vokasi IPB, dan IPB. ...

  • Ags 30, 2018

    Efektifitas Rantai Pasok untuk Peningkatan Kualitas Susu Segar

    Susu merupakan salah satu produk industri peternakan yang potensial di Indonesia. Sebagian besar (98%) susu di Indonesia diproduksi di Pulau Jawa yang berasal dari peternakan rakyat. Terdapat tiga permasalahan utama terkait produksi susu di Indonesia yaitu kurangnya pengetahuan peternak tentang penanganan susu, lahan peternakan dan skala kepemilikan, serta persoalan regenerasi....