Dari Tradisional Menjadi Fenomenal





Kreativitas menjadi kunci keberhasilan dalam mengubah hal yang biasa menjadi luarr biasa. Di tangan Reza Nurhilman, keripik singkong yang mulanya dianggap cemilan tradisional biasa seketika berubah menjadi fenomena tren gaya hidup baru. Penggemarnya bahkan rela bersusah payah demi mendapatkan sebungkus keripik istimewa ini.

Keripik singkong fenomenal

Fenomena keripik singkong pedas Maicih, belakangan memang menjadi pembicaraan super hot di kalangan pecinta kuliner. Keripik singkong pedas atau yang biasa dikenal masyarakat kota Bandung sebagai keripik setan ini terkenal dengan rasanya yang super pedas. Uniknya ada beberapa level kepedasan dari level 1 hingga level 10. Semakin besar levelnya, semakin pedas dan terbatas produknya sehingga semakin diburu oleh penggemarnya yang penasaran. Level 10 merupakan limited edition bagi pecinta kuliner super pedas sejati.

Sejak diluncurkan pada Juni 2010, Reza Nurhilman, sosok di balik kesuksesan Maicih, berhasil meroketkan popularitas keripik pedas ini melalui strategi marketing yang berani berbeda. Dalam satu hari sekitar 2.000 sampai 3.000 bungkus keripik Maicih laku dipasaran. Dengan harga perbungkusnya mulai dari Rp 15.000, maka tak heran bila mahasiswa manajemen perguruan tinggi swasta di Bandung ini kini meraup omzet hingga Rp 1 milliar per bulan. Merk Maicih pun menjadi top of mind untuk produk keripik pedas asal Bandung. "Maicih memang bukan keripik setan yang pertama. Tapi saya ingin Maicih jadi ikon. Bukan sekadar oleh-oleh khas Bandung, tapi jadi kebutuhan," harap Reza. Lelaki muda yang biasa disapa Axl ini menuturkan bahwa gagasan awal membuat keripik pedas bermula dari pertemuannya dengan seorang nenek (emak) 3 tahun silam. Berbekal resep rahasia si emak, dia mulai membuat keripik singkong yang renyah dan gurih. Awalnya Maicih diproduksi dengan 5 varian level pedas. Setelah tes pasar selama 3 bulan, ternyata konsumen lebih menyukai keripik level 3 dengan rasa pedas sedang dan level 5 dengan rasa pedas.


Kini Maicih memiliki berbagai variasi produk seperti keripik gurilem, seblak, macaroni, baso goreng. Semuanya berciri khas tradisional dan pedas ala Maicih.

 

Pasukan jenderal gentayangan

Popularitas keripik setan menanjak berkat kejelian Axl melakukan strategi pemasaran melalui jaringan social facebook dan twitter. Keripik Maicih memang tidak dijual layaknya produk sejenis yang dipajang di toko dan supermarket. Untuk mendapatkan sebungkus keripik Maicih, konsumen harus berburu info lokasi penjualan yang selalu berpindah-pindah yang di update melalui twitter dan facebook. Di lokasi penjualan pun, konsumen masih harus berjuang dalam antrian yang panjang layaknya kereta api.

Lalu apa yang membuat banyak orang rela bersusah payah demi keripik setan ini? Maicih memang bukan sekedar keripik, Axl telah menjadikan merk ini sebagai trend gaya hidup di kalangan anak muda. “Rasanya belum gaul kalau belum makan maicih,” demikian komentar dari para Icihers, komunitas penggemar maicih yang mayoritas remaja putri.

Kekuatan Maicih juga terletak pada distributor (agen reseller) yang tersebar di berbagai kota seperti Bandung, Jabotabek, luar Pulau Jawa dan bahkan luar negeri. Jika anda membuka fanpage #maicih atau follow @infomaicih, anda akan bertemu dengan pasukan jenderal yang meng-update status lokasi gentayangan mereka. What? Apa pula ini para jenderal gentayangan? Karena pangsa pasarnya mayoritas kalangan muda, maka jangan terkaget-kaget dengan istilah-istilah gaul yang beredar di dunia icihers, seperti sebutan ‘Presiden’ untuk jabatan Axl sebagai Kepala Negara Maicih, ‘Jenderal’ untuk sebutan agen penjual, ‘Cucu’ yang berarti konsumen, ‘Icihers’ sebagai sebutan gaul penggemar Maicih. Ataupun istilah 'tericih-icih', untuk menggambarkan ketagihan akan pedasnya si emak.

Seiring kesuksesannya yang melesat , makin banyak peminat yang tertarik menjadi reseller. Dari berjualan Maicih saja, ada ‘jenderal’ yang dapat meraih penghasilan hingga Rp 10 juta perbulan. Namun untuk menjadi jenderal tanpa bintang, peminat harus lulus dulu dari Akademi Jenderal Maicih.

Selalu berinovasi

Kesuksesan yang telah diraih Axl tak membuatnya puas begitu saja. Ke depan ia berencana melakukan inovasi baru untuk lebih mensukseskan bisnisnya. Sadar bahwa suatu produk akan mengalami titik jenuh bila berhenti berinovasi. Namun Axl merasa masih jauh dari titik jenuh karena secara statistik, penduduk Indonesia mencapai lebih dari 200 juta jiwa sementara kapasitas produksi maksimal Maicih baru 200.000 bungkus perbulan. “Potensi pasar Indonesia masih besar karena masih banyak orang yang belum mencicipi Maicih,” harap Axl.
Oleh karena itu, kapasitas produksi Maicih terus ditingkatkan agar produknya bisa menjangkau pemasaran dari Sabang sampai Merauke. Exclusivitas produk Maicih tetap dijaga sebaik mungkin agar tidak terdapat di sembarang tempat untuk mencegah kebosanan pasar. “Saya tidak akan menjual lewat minimarket, supermarket atau pasar,” ujarnya.

Seiring kesuksesannya yang telah menginspirasi banyak orang, Axl kini kerap diundang sebagai pembicara seminar. “Bukan sharing tentang cara pembuatan Maicih, tapi bagaimana strategi saya dalam membesarkan Maicih," ujarnya. Gebrakan Axl telah membuat kita semakin bangga pada kuliner lokal. Dan semoga semakin banyak generasi muda bangsa yang terinspirasi memajukan kuliner Indonesia untuk Go International.

Tips aman menikmati keripik pedas

Tertarik untuk mencicipi keripik setan tapi khawatir dengan kekuatan lambung yang tidak tahan rasa pedas? Berikut beberapa tips dari sang ‘Presiden’ untuk anda agar aman saat makan keripik pedas yang satu ini :

1. Saat memakan keripik pedas, sebaiknya emut-emut keripiknya. Zat pedas bisa dilarutkan oleh enzim.
2. Jangan terlalu sering minum air putih. Tunggu dulu hingga puas memakan keripik pedas.
3. Jangan makan terlalu banyak, secukupnya saja.

Tertantang uji nyali kepedasan maicih? silakan memburu para jenderal yang gentayangan di sekitar anda.

Artikel Lainnya

  • Feb 20, 2019

    Peluang dan Tantangan Manis Bisnis Kefir

    Di Indonesia, produk kefir masih perlu diedukasi ke masyarakat luas bahwa ada produk fermentasi susu selain yogurt yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Produk kefir sangat berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran mengkonsumsi produk fermentasi susu yang berkualitas dan menyehatkan. Terdapat beberapa tantangan dalam produksi kefir dan menjaga konsistensi kualitasnya. Secara ideal, kefir yang berkualitas dihasilkan dengan menggunakan biji kefir dan aplikasi teknik produksi secara tradisional serta menghindari penggunaan sarana berbahan metal. Namun aplikasi ini mengalami kesulitan dalam menjaga konsistensi produk akhir. Sejalan dengan kemajuan teknologi pangan, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan starter berupa mother-culture yang bisa menghasilkan kefir yang mirip dengan kefir yang dihasilkan secara tradisional. Produk kefir mengandung gas CO2 sehingga semakin lama proses fermentasi dilakukan maka kandungan gas CO2 semakin tinggi. Secara bertahap gas CO2 yang terbentuk harus dikeluarkan. Perlu ada desain kemasan khusus yang memudahkan keluarnya gas yang terbentuk selama dalam kemasan. Bila sistem kemasnya rapat, maka gas CO2 akan menyebabkan kembung kemasan dan bisa meledak bila kandungan gas terlalu tinggi. ...

  • Feb 19, 2019

    Mengenal Ingridien untuk Membuat Gelato

    Gelato merupakan jenis es krim yang berasal dari Italia. Perbedaan gelato dengan es krim pada umumnya terutama terletak pada komposisi kandungan lemaknya. Produk gelato memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit daripada es krim. Berbeda dengan es krim, komponen utama gelato adalah susu dan krim, tanpa penambahan kuning telur seperti pada formulasi es krim. Jenis susu yang paling baik untuk membuat gelato adalah whole milk sebanyak 3,5%, namun gelato juga dibuat menggunakan susu rendah lemak dengan jumlah sebanyak 1-2% atau pun susu tanpa lemak (skim). Selain mempertahankan sifat krimi dan tekstur yang lembut, namun susu juga berfungsi meningkatkan resistensi produk terhadap leleh. Di samping itu, susu tidak hanya menambah kandungan protein dalam produk, namun juga merupakan sumber kalsium. ...

  • Feb 18, 2019

    Ragam Olahan Kacang Ijo

    Kacang hijau atau yang biasa disebut kacang ijo merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sebagai bahan pangan, kacang ijo merupakan salah satu sumber protein nabati dengan kandungan protein sekitar 22,2%. Selain itu kacang ijo juga kaya akan zat gizi lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, serta vitamin B1. Meskipun bukan sebagai makanan pokok, masyarakat seringkali mengolah kacang ijo menjadi masakan siap santap. Hampir semua kalangan dapat menikmati masakan berbasis kacang ijo karena ketersediaan dan harga yang cukup terjangkau. ...

  • Feb 15, 2019

    Dangke: Produk Keju dengan Kearifan Lokal

    Dangke merupakan produk keju tradisional dari susu kerbau khas Sulawesi Selatan dan telah diproduksi sejak tahun 1905. Dangke banyak diproduksi di daerah Enrekang, Curio, Baraka, Anggeraja dan Alla. Menurut cerita, nama Dangke berasal dari bahasa Belanda, “dank u well” yang berarti terimaksih banyak. Saat itu seorang peternak kerbau memberikan olahan fermentasi susu kepada orang Belanda yang sedang melintas dan orang Belanda tersebut mengucapkan “dank je” yaitu ucapan singkat dari “dank u well”. Sejak saat itulah susu fermentasi kerbau ini disebut dangke. Dangke memiliki tekstur yang elastis, berwarna putih, dan memiliki rasa mirip dengan keju pada umumnya. ...

  • Feb 14, 2019

    Costing Menu Summer Fresh

    Summer Fresh merupakan smoothies buah mangga, pisang, dan peach yang dihaluskan dengan tambahan susu dan yogurt. Teksturnya agak kental mengandung butiran halus es buah beku yang dingin, sangat pas disajikan saat siang atau udara panas. Kaya akan vitamin C, kalium, kalsium, dan zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Penambahan yogurt selain memberi rasa asam segar juga memberikan manfaat bagi kesehatan percernaan karena mengandung probiotik. Bahan smothies ini antara lain mangga, peach, pisang, susu segar, dan yogurt. Kandungan gizi per porsinya antara lain; energi 251 kkal, protein 7,6 gram, lemak 8,2 gram, dan karbohidrat 39,8 gram. Berikut adalah costing dari Summer Fresh: ...