Rempah Indonesia Go Internasional di Agro & Food Expo 2011





Hari ini, Agro & Food Expo dibuka. Memasuki tahun ke-11, pameran ini senantiasa menemani para pelaku industri dibidang pertanian Indonesia untuk memasarkan produk-produk unggulan mereka. Dengan tema “Mengembalikan Kejayaan Rempah Indonesia”, pameran ini diharapkan dapat membuka potensi baru bagi penjualan rempah Indonesia baik di dalam dan di luar negeri. Pameran ini akan dilaksanakan dari tanggal 26-29 Mei 2011 di Hall B Jakarta Conventian Center.

Dalam pidato pembukaannya, Presiden Direktur Wahyu Promo Citra, Haji M. Sukur Sakka mengatakan bahwa, pameran ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan kita akan produk asli Indonesia, meningkatkan nilai jual, mendatangkan investasi dari luar, serta potensi lainnya yang lebih besar. Lapangan kerja juga diharapkan terbuka lebar disektor pertanian, karena 70% rakyat Indonesia hidup dari sektor ini.

Sebanyak 152 peserta yang terdiri dari berbagai institusi, lembaga pemerintahan dan non pemerintah ikut meramaikan expo ini. Selama 4 hari expo ini akan menampilkan komoditas rempah-rempah dan turunannya, produk organik, produk makanan & minuman, segar & olahan, komoditas pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, kelautan & perikanan, alat pertanian dan mesin-mesin, pupuk & obat-obatan, peluang investasi dan bisnis, penawaran proyek pembangunan & kemitraan,  dan lain-lain. “Industri obat herbal dan healthy food sedang berkembang di Indonesia. Rakyat Indonesia juga sejak dahulu hingga sekarang menggunakan rempah-rempah dan produk herbal Indonesia. Hal ini merupakan potensi dari dari dalam negeri untuk bisa dikembangkan hingga mancanegara,” tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Ir. Hari Priyono. Menurut Hari, ada lebih dari seribu jenis rempah-rempah yang ada di Indonesia, tetapi baru 150 jenis rempah-rempah yang dikenal dan dibudidayakan di Indonesia.

Tema yang diusung dalam Agro and Food Expo tahun ini diangkat dalam rangka meningkatkan dan mengembalikan kejayaan rempah baik di tanah air sendiri, maupun di mancanegara. FB.Yunita.

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....