Lomba jajanan pasar ASEAN



IKABOGA menggelar lomba membuat kue jajanan pasar ASEAN dengan tujuan untuk mengangkat kue-kue tradisional Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu, 8 Mei 2011 bertempat di gedung UKM SMESCO Jakarta. “Sebenarnya kue tradisional Indonesia ini banyak peminatnya, hanya saja yang memproduksinya sedikit”, tutur  Hj. Zaurah Hasfian ketua umum DPP IKABOGA INDONESIA. Selain untuk mengangkat jajanan pasar Indonesia agar lebih dikenal lagi, lomba jajanan pasar ini juga dapat menimbulkan rasa ingin berwirausaha di bidang kue tradisional Indonesia yang khususnya diperuntukkan untuk kalangan wanita. “Jika sudah dikenal, maka dengan sendirinya kue tradisional ini dapat berkembang”, tutur Zaurah.

Lomba ini diikuti oleh 50 peserta dari Ikaboga, ibu rumah tangga, kowani, dan mahasiswa dengan kriteria penilaian diambil dari segi kebersihan, kreatifitas, kebersihan, pengemasan, penampilan akhir, dan rasa.

 Kue pepe merupakan salah satu kue yang dibuat oleh setiap peserta. ‘ternyata resep asli kue pepe didapat langsung dari orang betawi asli”, tutur Zaurah. Nila Sari yang merupakan salah satu pakar kue di Indonesia hadir sebagai salah satu juri dalam lomba jajanan pasar ASEAN ini berpendapat bahwa acara yang diselenggarakan oleh IKABOGA sangat baik, dapat membuat para ibu dan pengusaha dibidang jajanan pasar lebih terampil dengan menggunakan bahan dasar tepung beras.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...