Lomba jajanan pasar ASEAN



IKABOGA menggelar lomba membuat kue jajanan pasar ASEAN dengan tujuan untuk mengangkat kue-kue tradisional Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu, 8 Mei 2011 bertempat di gedung UKM SMESCO Jakarta. “Sebenarnya kue tradisional Indonesia ini banyak peminatnya, hanya saja yang memproduksinya sedikit”, tutur  Hj. Zaurah Hasfian ketua umum DPP IKABOGA INDONESIA. Selain untuk mengangkat jajanan pasar Indonesia agar lebih dikenal lagi, lomba jajanan pasar ini juga dapat menimbulkan rasa ingin berwirausaha di bidang kue tradisional Indonesia yang khususnya diperuntukkan untuk kalangan wanita. “Jika sudah dikenal, maka dengan sendirinya kue tradisional ini dapat berkembang”, tutur Zaurah.

Lomba ini diikuti oleh 50 peserta dari Ikaboga, ibu rumah tangga, kowani, dan mahasiswa dengan kriteria penilaian diambil dari segi kebersihan, kreatifitas, kebersihan, pengemasan, penampilan akhir, dan rasa.

 Kue pepe merupakan salah satu kue yang dibuat oleh setiap peserta. ‘ternyata resep asli kue pepe didapat langsung dari orang betawi asli”, tutur Zaurah. Nila Sari yang merupakan salah satu pakar kue di Indonesia hadir sebagai salah satu juri dalam lomba jajanan pasar ASEAN ini berpendapat bahwa acara yang diselenggarakan oleh IKABOGA sangat baik, dapat membuat para ibu dan pengusaha dibidang jajanan pasar lebih terampil dengan menggunakan bahan dasar tepung beras.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...