Kompetisi Barista dan Semangat Hari Kartini



Sebanyak dua puluh enam Barista dari lima kota di Indonesia pemenang seleksi Regional Indonesian Barista Competition 2011 berlaga di Grand Final Indonesian Barista Competition 2011. Kompetisi yang diadakan bersamaan dengan Food and Hotel Indonesia 2011 berlangsung sejak tanggal 6-9 April lalu. Ada yang unik dalam Indonesian Barista Competition 2011 ini. Ternyata semangat Kartini tidak menghalangi dua Barista unutk memenuhi komitmen bertanding walaupun dalam keadaan hamil dan menyusui. Mimi Alawiyah dari Jakarta yang bertanding pada 7 April, tetap berkomitmen menyusui putranya setelah melewatkan seluruh harinya di arena kompetisi. Sedangkan Rifki Munfaida dari Yogyakarta ternyata sedang mengandung anak pertamanya ketika bertanding pada 8 April. Rifki baru mengetahui kehamilannya setelah lolos sebagai Juara Pertama Penyisihan Regional Yogyakarta Desember 2010.

Delapan pemenang Babak Penyisihan Indonesian Barista Competition 2011 tersebut adalah wanita, dan empat diantara mereka adalah Juara Pertama di arena Penyisihan Kompetisi Regional. Mereka yakni Intan Kumalasari (Bali), Rifki Munfaida (Yogyakarta), Riri Amiyata (Bandung) dan Jamilla Noppiyanti (Jakarta).

Direktur Eksekutif Spesialty Coffe Association of Indonesia Ina A Murwani menjelaskan, pada prinsipnya, penilaian dilakukan dalam dua hal, yakni dari segi sensory : rasa, ketepatan produk yang dibuat dengan standar yang ada, dan bagaiman barista tersebut mempresentasikan minuman yang dia buat.

Penilaian yang kedua yakni dalam hal technical: cara kerja barista tersebut dari mulai teknik tamping, waktu ekstraksi hingga kebersihan area kerja barista tersebut.

Kejuaraan Indonesia Barista 2011 yang berlangsung selama tiga hari ini dimenangkan oleh Datuk Doddy Samsura (Juara I), Ketut Hartawan (Juara 2), dan Riri Amiyata (Morning Glory). Para juara mendapatkan kesempatan untuk dikirim ke Asian Barista Championship April 2012 dengan biaya dan akomodasi yang ditanggung oleh penyelenggara. Mereka juga akan dikirim ke pabrik mesin espresso di Italia. Selamat untuk para pemenang! K-08

Artikel Lainnya