Arena Santapan Lezat Ibu (ASLI) Masako



Para ibu rumah tangga dituntut untuk mampu menyiapkan santapan keluarga yang beragam setiap harinya agar keluarga tercinta tidak bosan dengan masakan sang ibu.  Salah satu jalan bagi ibu-ibu untuk berkreasi adalah dengan mencoba berbagai resep masakan dari berbagai smber yang ada, baik melalui majalah, internet, ataupn dari cerita sesama ibu rumah tangga disaat kumpul bersama.
Dengan memanfaatkan kumpul bersama ibu-ibu rumah tangga, maka Masako membat suatu kontes adu resep Arena santapan Lezat Ibu Masako (ASLI Masako).  Lomba adu resep ini ditujukan untuk semua kalangan yang mampu memasak dengan resep unggulan untuk keluarganya.  Acara ini dibuka langsung oleh Taro Komura sebagai Presiden Direktur PT Ajinomoto Sales Indonesia dan welcome speech oleh Mr. Masahiro Tani sebagai VP PT Ajinomoto Indonesia.

Pada lomba resep ini total keseluruhan pemenang adalah 155 orang dengan kualifikasi pemenang utama, runner up 1, runner up 2, runner up 3, dan hadiah hiburan.  Dari total 155orang, pemenang utama sebanyak 30 orang berhak mendapatkan hadiah berupa tur pabrik (factory visit) dan uang saku.  Tujuan dari acara ini adalah untuk menunjukan proses pembatan masako secara langsung yang nantinya dapat meningkatkan keyakinan ibu-ibu bahwa Masako dibuat dengan daging asli.

Perjalanan Masako
Perjalanan Masako dari waktu ke waktu sejak tahun 1989 pertama kalinya di keluarkan masako ayam seharga Rp 100/10 g. Dengan masako para ibu dapat menikmati makanan dengan cita rasa ayam tanpa menggunakan daging ayam asli.  Akhirnya, pada tahun 2010 melaksanakan perbaikan terhadap masako yg ke 2 untuk memperkuat image bahwa masako dibuat dengan daging asli.

Masako dibuat dari daging ayam dan daging sapi sapi asli yang dicampur dengan bumbu rempah. Setelah dicampurkan dengan bumbu rempah dilakukan proses pengeringan, pengayakan, dan langsung dikemas dalam karton box.

Proses produksi kemasan Masako, PT Ajinomoto Indonesia memproduksi sendiri kemasan untuk Masako.  Kemsasan tersebut dibuat dari bahan berkualitas tinggi yang aman untuk makanan dan dilapisi dengan alumunium foil hingga dapat menjaga kualitas produksi.  Dalam pembuatan kemasan Masako diperlukan cylinder yang berfungsi untuk mencetak design pada film kemasan.  Satu putaran silinder dapat mencetak 36 bungkus masako berukuran 7.5g.

Proses pembuatan ekstrak daging ayam dibuat dari ayam yang dimasak dengan autocative.  Selanjutnya daging tersebut dipisahkan dengan tulang.  Setelah dipisahkan dengan tulang dilakukan proses penggilingan.  Setelah proses penggilingan dilakukan proses pemasakan dan pencampuran hingga selanjutnya dilakukan proses pengeringan.
 
Produk Masako dibuat di pabrik Mojokerto dan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia melalui PT Ajinmomoto Sales Indonesia yang  terbagi menjadi 3 cabang dengan masing-masing jangkauan area.  Cabang tersebut seperti cabang Medan yg berpusat di Medan, cabang Jakarta yang berpusat di Jakarta, dan cabang Surabaya yang berpusat di Surabaya.  Tidak hanya di pasar tradisional, Masako pun hadir di pasar modern, horeka dan pasar industri. Melalui tim penjualan yg langsung berhunugan dengan pelanggan, pihak ajinomoto selalu memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan produk yang bersih, berkualitas aman dan mudah didapat. Kelezatan Masako seperti kaldu buatan di rumah karena dibuat dengan daging asli bumbu rempah pilihan yang membuat segala jenis masakan ibu menjadi pilihan nomer satu untuk keluarga tercinta. Oleh Ariefa Syafitri

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....