Eksotisme si Kayu Manis



Kayu manis, salah satu bumbu masakan yang tertua yang digunakan oleh manusia. Telah digunakan oleh bangsa Mesir kuno 5000 tahun lalu. Produk ini memiliki aroma dan rasa khas sehingga digolongkan ke dalam rempah-rempah eksotis dari timur (citarasa oriental). Kayu manis dapat diolah lebih lanjut menjadi kayu manis kering dalam bentuk lembaran atau batangan (stick), bubuk, atau ekstraknya (cinnamon bark oil atau oleoresin).

Cinnamon atau yang lebih dikenal dengan nama kayu manis ini seringkali dijumpai dalam beberapa jenis masakan. Kayu manis bubuk tak jarang juga digunakan untuk ditaburkan di atas kue ataupun sebagai campuran kue kering. Aromanya yang khas membuat kue ataupun masakan jadi lebih enak.

Hingga sekarang kayu manis tetap menjadi komoditas berharga di pasar internasional. Tak peduli dalam bentuk apapun, bubuk, batangan, atau minyak, diyakini efek medis kayu manis berasal dari tiga komponen utama yang terkandung di dalamnya, yakni cinnamaldehyde, cinnamyl acetate, dan cinnamyl alcohol.

Artikel Lainnya