Mengenal Beras



Beras merupakan salah satu bahan makanan yang berasall dari Cina pada tahun 7000-5--- SM. Dapat dikategorikan sebagai menu oriental. Beras juga dapat dikategorikan sebagai menu continental yang terdapat di daerah mediterania seperto Italia dan spanyol. Pengolahannya selalu dicampur dengann bumbu atau bahan lain, baik itu bahan hewani maupun bahan nabati. Sebagai salah satu dari dua side dish porsi nasi 50-70 gram dalam keadaan matang. Jika merupakan satu-satunya side dish porsinya lebih besar.

Ada 3 macam jenis beras, yaitu white rice (beras putih), brown rice (beras merah), dan glutinous rice (beras ketan). Berdasarkan bentuk dan sifatnya, beras purih dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu long grain rice, short grain rice, dan medium grain rice. Kebanyakan orang Eropa lebih menyukai long grain rice karena rasanya yang empuk namun tidak lengket atau pulen seperti pada short grain rice. Akan tetapi, long grain rice yang dimasakk terlalu lama juga akan menyebabkan lengket. Beras putih terutama jenis long grain tidak memerlukan perendaman sebelum ditanak.

Beras memiliki kandungan nutrisi yang baik. Beras merupakan sumber energi dari karbohidrat yang dihasilkan, mengandung protein, kaya akan niasin,, vitamin B6, tiamin, asam pantotenat, Mg, P, Zn, Cu< dan kalium. Zat tepung dalam beras mengandung amilose dan amilopektin yang menjadikan beras mengembang selama pemasakan, sehingga menjadi sangat mudah dicerna.

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...