Melirik sukses dapurnya Dapur Cokelat



Melirik sukses dapurnya Dapur Cokelat

Identik dengan warna kuning dan cokelat, Dapur Cokelat hadir di beberapa ruas daerah Ibukota. Ada 5 gerai di Jakarta dan 2 gerai di Surabaya, semuanya menyajikan konsep yang sama yakni self service chocolate candy’s atau cake cokelat kesukaan Anda.

Besar di keluarga yang memang sudah mengenal dunia wirausaha, Ermey tumbuh dengan jiwa kewirausahaan yang kental dalam darahnya. Didukung dengan pendidikan kepariwisataan jurusan pastry yang ditekuni, Ermey mantap akan langkah yang diambil dalam hidup dan karirnya. Ermey mengenal dan jatuh cinta pada cokelat sejak ia belajar mengenai pastry, salah satu mata kuliah disekolahnya. Mulai saat itu beliau giat belajar dan berlatih cara dan teknik mengolah cokelat menjadi makanan atau minuman yang lezat dan menarik banyak orang. Dengan bekal ilmu pengetahuan yang didapatkan dari proses belajar, akhirnya  Ermey membuka gerai cokelat pertamanya di jalan K.H. Ahmad Dahlan tahun 2001 lalu dengan nama Dapur Cokelat. Saat itu nasib mujur belum menghampiri Ermey, lebih dari 3 bulan toko cokelat ini dibuka, keuntungan pun belum bisa didapatkan. Kesabaran, keuletan dan bermodalkan koneksi yang cukup luas, akhirnya gerai pertama Dapur Cokelat laris manis dan dikenal banyak orang.

Konsep gerai Dapur Cokelat disesuaikan dengan namanya. Dapur modern dan minimalis selalu hadir di setiap outlet Dapur Cokelat. “Konsep dekorasi dari masing-masing outlet juga terkadang disesuaikan dengan bentuk bangunan yang ditempati Dapur Cokelat. Jika bangunannya agak old fashion style, maka dekorasi ruang juga didekor berbau old style, tetapi tetap nyaman dan menarik,” Jelas Indah Rizky Marketing and Promotion Dapur Cokelat kepada Kulinologi.

Dapur Cokelat is Everything about chocolate. Mau cokelat yang seperti apa, pasti bisa Anda temukan disini, harganya? Jangan lagi ditanya, pas untuk kantong siapapun!

Cokelat mulai harga 2 ribuan ada jika Anda mau. Dapur Cokelat menyediakan cokelat praline dengan lebih dari 25 jenis isian; truffle; cokelat candy berbagai rasa, warna, dan bentuk; cookies cokelat; hingga cake cokelat ada disini. Jenis cake seperti tiramisu, fruit shortcake, opera, raspberry truffle, java chocolate, triple decker, dc’s choco, chococheez, caramel chocolate, choco monkey, two season, atau chocofruz dengan lapisan cokelat menggoda bisa Anda dapatkan dengan harga 145 ribu hingga 245 ribu per cake ukuran 20x20 cm. Jika rasa haus menyerang selagi Anda pilah-pilih cokelat, ice chocolate bisa langsung dieksekusi ditempat untuk menghapus dahaga Anda.

“Cokelat yang kami gunakan adalah premium Belgium chocolate yang langsung diimpor dari Belgia, dan  kemudian kami olah kembali menjadi berbagai produk cokelat yang bisa Anda nikmati di Dapur Cokelat.” Promo Indah.

Kualitas menjadi hal utama untuk cokelat produksi Dapur Cokelat. Semua cake dan berbagai produk cokelat diproduksi di satu kitchen (center kitchen), jadi standar bahan baku, produk jadi dan kualitas akhir produk dapat terkontrol. Cek akhir produk akhir sebelum dikirim ke store juga selalu dilakukan, hal ini untuk mencegah terjadinya gagal produk atau produk cacat sampai ke konsumen. Distribusi produk menggunakan mobil berpendingin juga dilakukan untuk mencegah kerusakan dan perubahan bentuk produk. Untuk mengantisipasi lonjakan suhu yang terjadi di store, Dapur Cokelat selalu memasang dan mengontrol alat pencatat suhu (thermometer) agar kualitas produk tidak menurun.
Memenuhi permintaan penggila cokelat di daerah Tangerang dan sekitarnya, Dapur Cokelat kini hadir di BSD City mulai Desember 2010. K-12.

Dapur Cokelat
Jalan H. O. S. Cokroaminoto no. 62 A
Jakarta Pusat (021) 31923988

Artikel Lainnya

  • Feb 15, 2019

    Dangke: Produk Keju dengan Kearifan Lokal

    Dangke merupakan produk keju tradisional dari susu kerbau khas Sulawesi Selatan dan telah diproduksi sejak tahun 1905. Dangke banyak diproduksi di daerah Enrekang, Curio, Baraka, Anggeraja dan Alla. Menurut cerita, nama Dangke berasal dari bahasa Belanda, “dank u well” yang berarti terimaksih banyak. Saat itu seorang peternak kerbau memberikan olahan fermentasi susu kepada orang Belanda yang sedang melintas dan orang Belanda tersebut mengucapkan “dank je” yaitu ucapan singkat dari “dank u well”. Sejak saat itulah susu fermentasi kerbau ini disebut dangke. Dangke memiliki tekstur yang elastis, berwarna putih, dan memiliki rasa mirip dengan keju pada umumnya. ...

  • Feb 14, 2019

    Costing Menu Summer Fresh

    Summer Fresh merupakan smoothies buah mangga, pisang, dan peach yang dihaluskan dengan tambahan susu dan yogurt. Teksturnya agak kental mengandung butiran halus es buah beku yang dingin, sangat pas disajikan saat siang atau udara panas. Kaya akan vitamin C, kalium, kalsium, dan zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Penambahan yogurt selain memberi rasa asam segar juga memberikan manfaat bagi kesehatan percernaan karena mengandung probiotik. Bahan smothies ini antara lain mangga, peach, pisang, susu segar, dan yogurt. Kandungan gizi per porsinya antara lain; energi 251 kkal, protein 7,6 gram, lemak 8,2 gram, dan karbohidrat 39,8 gram. Berikut adalah costing dari Summer Fresh: ...

  • Feb 13, 2019

    Jus Martabe Khas Sumatra Utara

    Jus martabe merupakan minuman dari Sumatera Utara yang tergolong unik dan jarang dijumpai pada daerah lain. Keunikannya terletak pada bahan dasar yang digunakan yakni terong Belanda dan markisa. Martabe sendiri merupakan singkatan dari Markisa-Terong-Belanda. Jus ini tinggi serat pangan dan pektin, gula buah fruktosa, vitamin C, vitamin E, asam folat, kalium, dan magnesium. Mengonsumsi jus  martabe dapat memperbaiki kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, mengefektifkan sistem pembersihan racun dalam tubuh, memacu peremajaan sel, menggiatkan fungsi hati dan ginjal, serta mengatasi radang saluran kencing.   ...

  • Feb 12, 2019

    Audit untuk Menjaga Keamanan Pangan Restoran

    Salah satu usaha yang mengombinasikan antara produk dan jasa adalah restoran. Dalam menyajikan menu di restoran perlu adanya proses yang memastikan bahwa prosedur yang telah dibuat sesuai dengan praktiknya. Oleh karena itu, audit sangat dibutuhkan bagi restoran. Tujuan dari proses audit adalah sebagai proses verifikasi untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Keamanan yang dibentuk oleh restoran benar-benar diimplementasikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Selain itu, audit juga dilakukan sebagai evaluasi untuk memastikan apakah sistem tersebut masih dapat menjaga produk pangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan untuk kebutuhan sertifikasi atau validasi pengesahan terhadap sistem untuk kebutuhan branding produk maupun persyaratan akan suatu bentuk status komersial.   ...

  • Feb 11, 2019

    Kecukupan Gizi Konsumen Vegetarian

    Konsumen vegetarian biasanya menghindari beberapa makanan khusunya yang menjadi sumber protein hewani. Oleh karena itu, asupan gizi seperti protein yang biasa didapat dari sumber hewani harus digantikan dari sumber lain. Menurut Prof. Ali, masalah terbesar utama yang sangat sering dialami para vegetarian adalah kekurangan asupan protein yang berkualitas dan kekurangan zat besi (Fe). Mereka bisa saja mendapatkan asupan protein dari pangan nabati. Namun, kebanyakan sumber protein dari pangan nabati tidak memiliki nilai biologis yang cukup, sehingga memerlukan proses yang lebih lama agar bisa diserap dengan baik oleh tubuh.   ...