Lebih dekat dengan Pasta



Pasta merupakan bahan makanan sumber energi dan protein terutama protein nabati dan dapat dikatakan bebas lemak. Karbohidrat yang terkandung membuat pasta mudah dicerna. Namun sedikit lama diserap didalam usus sehingga pasta dapat membuat perasaan kenyang yang bertahan lama.

Pasta merupakan bahan makanan yang terbuat dari tepung serealia, yang dicampur dengan air dan di cetak menjadi berbagai bentuk. Terbuat dari campuran telur, air, dan tepung terigu, pasta tersedia dalam bentuk segar atau kering. Di italia, pasta kering terbuat dari tepung duruma yang kemudian diproses menjadi tepung semolina. Orang Italia biasa memasak pasta dengan cara al dente, yang artinya ‘to the tooth’ (pas untuk gigi). Cara al dente yakni pasta dimasak tidak terlalu matang dan tidak terlalu mentah, jadi pas ketika harus dikunyah.

Pasta diperkenalkan oleh marcopolo di Italia pada abad XIII. Pasta mulai banyak diproduksi oleh pabrik-pabrik pada abad XV di Napoli. Pasta juga merupakan salah satu bahan makanan penting dalam dapur continental, terutama di Italia dan Perancis. Pasta terbaik yang dihasilkan terbuat dari jenis gandum keras seperti hard durum wheat, semola di grano duro atau semolina.

Pasta terbagi menjadi beberapa macam jenisnya. Pasta secca yaitu pasta kering yang terbuat dari terigu dan air. Pasta alluvo yaitu pasta yang terbuat dari telur. Satu lagi bernama pasta hijau yaitu pasta yang terbuat dengan tambahan bayam didalamnya. Pemberian nama pada pasta tergantung dari bentuk dan besar kecilnya pasta tersebut.  

Pasta yang berbentuk soup pasta dapat dibuat menjadi tubettini yaitu pasta pipa kecil, conchhigliette yaitu pasta keong kecil, dan anellini yaitu pasta cincin kecil dapat disajikan bersama minestre atau sup. Pasta yang berbentuk long pasta berbentuk batang dapat dibuat menjadi capellini yaitu pasta yang menyerupai bihun, vermicelli, dan sphagetti yang berdiameter 0.5 cm dapat disajikan bersama saus atau ragout maupun sup kental sepinggan. Pasta yang berbentuk pipa dapat dibuat menjadi tortiglioni yaitu pasta spiral berlubang, fusilli corti yaitu pasta spiral pendek, pennette yaitu pasta pena kecil, dan elbow macaroni yaitu macaroni yang berbentuk siku dapat disajikan bersama saus tomat ataupun saus mentega.

Adalagi  pasta yang berbentuk pita dapat dibuat menjadi taglierini yaitu pasta yang memilin lebar 1,5 mm, tagliatelle yaitu pasta yang memiliki lebar 5, dan lasagnette yaitu pasta yang memiliki lebar lebih dari 5 cm dapat disajikan bersama saus. Pasta yang berbentuk khusus dapat dibuat menjadi farfalle yaitu pasta berbentuk kupu-kupu, riccioli yaitu pasta yang berbentuk gulungan bunga, dan conchilioni yaitu pasta yang berbentuk kerang besar yang dapat dipanggang dengan saus. Stuffed pasta dapat dibuat menjadi cannelloni, pansotti, dan raviolletti yang disajikan bersama kaldu dan saus.

Pasta yang terbuat dari gandum utuh mengandung tiamin, niasin, asam pantotenat, magnesium, fosfor, zat besi, seng, dan tembaga. Tetapi sebagian vitamin B akan hilang jika pasta tersebut sudah mengalami pemasakan, terutama bila pasta dimasak terlalu lama. Pasta digunakan juga sebagai hidangan utama, misalnya sphagetti Bolognise yang berukuran 75-100 gram/saji yang dapat ditambahkan hidangan penyerta seperti daging sapi atau daging ayam. Rifa.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...