5 Sauces to Dress Up Your Chicken Breast



Bosan dengan hidangan fillet dada ayam yang hanya di-roast, di-grill atau di-bake?
Ubah hidangan makan malam Anda yang biasa menjadi hidangan yang luar biasa dengan 10 jenis saus yang memiliki citarasa istimewa kreasi dari Food Network (FN) Magazine (dikutip dari www.foodnetwork.com). Berikut lima diantaranya:
1. Barbecue Sauce

Membuat barbecue (BBQ) sauce adalah yang paling mudah, pasalnya sudah banyak BBQ seasoning mix yang dijual dipasaran, tetapi untuk membuat saus Anda berbeda dengan yang lain ada beberapa bahan yang bisa ditambahkan. FN merekomendasikan penambahan Dijon mustard, Worcestershire sauce, dan garam Kosher, selain brown sugar, pasta tomat, dan sedikit merica.

Semua bahan dicampur kemudian diaduk diatas api yang agak besar hingga kental dan rasanya tajam. Oleskan pada ayam sebelum di-bake atau di-grill. Jika saus tersisa, simpan saus dalam refrigerator dan saus dapat digunakan hingga seminggu atau bekukan saus untuk dapat digunakan hingga 6 bulan.

2. Pesto Sauce

Beri sentuhan Italian pada ayam Anda. Cobalah si klasik Pesto Sauce, dengan citarasa campuran daun basil, keju Parmigiano-Reggiano, pine nuts, bawang putih, dan minyak zaitun. Semua bahan di-chop dalam food processor, kemudian siram diatas ayam, pasta, atau sayuran Anda.  

3. Horseradish Cream Sauce

Siraman sour cream yang diimbangi dengan rasa rempah yang tajam dari penambahan horseradish, serta rasa asam dan segar dari white wine vinegar dan Dijon mustard. Hidangkan dengan ayam tepung atau chicken fingers. Saus dapat disimpan dalam lemari es hingga 3 minggu.

4. Peanut Sauce

Sajikan fillet dada ayam Anda dengan saus eksotis yakni saus kacang. Citarasanya berempah dan juga mangandung santan. Siramkan saus pada ayam, atau sajikan saus dengan sayur-sayuran seperti selada dan kol –terinsiprasi dari hidangan salad Asian (gado-gado atau pecel di Indonesia).

5. Mango Salsa

Mau lagi yang berbeda? Bawa suasana ala Caribbean flavor pada menu Anda, cobalah saus segar berbahan buah. Tidak ribet cara membuatnya, hanya mencampurkan potongan mangga, mentimun, jalapeno, bawang merah, lime juice, daun cilantro dan sedikit garam dan merica. Semua bahan diaduk, dan campurkan pada ayam Anda, lebih sedap jika disajikan menggunakan tortilla chips yang crunchy.

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....