Sehat dan Cantik dari Makanan (1)



Tidak perlu perawatan yang super mahal dan menyiksa untuk menjadi cantik. Untuk mendapatkan wajah dan kulit yang halus mulus, effort yang dikeluarkan memang cukup besar menurut anggapan para wanita. Namun, banyak wanita lupa kalau selain perawatan dari luar, wajah dan kulit yang mulus tersebut bisa juga didapatkan jika perawatan dari dalam dilakukan dengan tepat.

Meski khasiatnya tidak bisa instan seperti perawatan dari luar, namun dengan mengatur pola makan yang seimbang, tak hanya fisik Anda yang cantik, Andapun akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Berikut beberapa zat gizi yang Anda butuhkan untuk memperoleh mata indah, kulit mulus dan tubuh langsing.

Beta Karoten

Karotenoid yang banyak terdapat pada sayur dan buah dapat mencegah kerja enzim perusak kolagen. Karotenoid ini juga secara aktif memelihara fungsi kulit normal. Keistimewaan lain dari beta karoten adalah fungsinya sebagai pro vitamin A. selain memiliki aktifitas antioksidan, vitamin A juga sangat penting untuk kesehatan mata. Sumber-sumber beta karoten yang cukup popular antara lain wortel, mangga dan pepaya.

Vitamin A, C, dan E

Ketiga jenis vitamin ini memiliki kemampuan menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, seperti kulit cepat keriput. Selain berasal dari buah dan sayur, kini banyak industri pangan yang memfortifikasi produknya (terutama minuman) dengan vitamin-vitamin tersebut.

Lutein dan Zeaxanthin

Kedua zat ini merupakan karotenoid yang dapat ditemukan pada telur, bayam, brokoli dan bahan pangan lainnya. Bahkan ada industri yang memproduksi keduanya, sehingga bisa digunakan sebagai ingridien ataupun bahan tambahan yang bisa digunakan industri pangan dalam formulasinya. Peranan utama zat ini adalah untuk memperlambat terjadinya penurunan fungsi mata karena faktor usia.

Bersambung, Sehat dan Cantik dari Makanan.(2)

Artikel Lainnya