Susu dan Chef



Beberapa tahun terakhir permintaan produk susu dunia semakin meningkat. Hal ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya karena konsumen mulai melirik untuk membeli produk yang memiliki nilai lebih untuk kesehatan. Aneka produk pangan berbahan baku susu adalah pilihan utama yang diminati.

Produsen pangan ternyata menangkap tanggapan positif peluang tersebut, beragam kreasi dan inovasi pun digunakan untuk menghasilkan beragam produk fungsional ini. Hasilnya kini konsumen bisa merasakan manfaat dari susu, tidak hanya sebagai minuman semata.

Selain dikonsumsi langsung, ternyata produk susu juga sudah sejak lama sudah dijadikan sebagai salah satu bahan utama oleh para baker dan chef untuk menghasilkan aneka produk pangan yang begitu menarik dan menggoda. Beragam resep yang menggunakan mentega, keju dan yoghurt kini dengan mudahnya ditemukan di berbagai hotel, restoran, kafe, hingga toko kue.

Benarkah mereka menggunakan produk susu? Hal yang pertama kali dilakukan sesudah memanaskan wajan adalah memasukkan mentega dan membiarkannya menjadi cair untuk digunakan sebagai pengganti minyak goreng. Selain mudah digunakan mentega juga langsung memberikan rasa yang gurih pada masakan tersebut. Tidak mengherankan jika kini para chef menggunakan butter dalam aneka masakan sayur-sayurannya.

Sementara itu untuk seorang baker, apabila mereka membuat kue, brownies, cookies, pie, tiramisu dan sebagainya tentu saja membutuhkan mentega sebagai salah satu bahan utama. Selain itu susu dan aneka jenis keju juga bahan yang tidak bisa dipisahkan dalam resep.

Menurut Chief Marketing Officer PT Yummy Food Utama, Faisal Husein, perusahaannya selama ini sangat yakin jika baker dan chef dalam menghasilkan resep masakannya pasti menggunakan dairy products. “ 90% konsumen perusahaan ini adalah hotel dan restoran,” kata Faisal.

Fenomena ini merupakan prospek bisnisyang sangat besar. Makanya tidak mengherankan mulai muncul industri besar hingga industri rumah tangga yang menawarkan produk berbasis susu.

Menurut Faisal, produk susu dari segi pemasaran dan penjualannya yang paling diminati adalah yoghurt. Berbagai klaim yang menyebutkan berbagai khasiat yoghurt seakan merangsang konsumen ingin mengkonsumsinya. “Pada mulanya yoghurt yang diproduksi Yummy masih terbatas untuk hotel, kafe, dan restoran, namun kami sekarang melihat permintaan dari konsumen secara langsung juga sangat besar,” katanya.

Konsumen sendiri sekarang bisa dengan mudah mendapatkannya. Selain yoghurt ada juga outlet yang dirancang khusus hanya menjual aneka produk yang bahan bakunya yoghurt.
Elfa Hermawan

 

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...