Milk Your Day!



Banyak khasiat yang tersimpan dalam segelas susu. Bukan hanya untuk kesehatan, susu pun bisa digunakan untuk kecantikan.

Kalau kebetulan Anda termasuk orang yang rutin mengonsumsi susu setiap harinya, kebiasaan itu sangatlah tepat. Dilihat dari sudut kesehatan, susu punya segudang zat gizi yang dahsyat untuk tubuh. Kandungan protein, kalsium, dan mineral di dalamnya, penting untuk proses pembentukan tulang, gigi, dan otot. Susu berkhasiat pula mengatasi insomnia dan gangguan pencernaan. Bahkan beberapa merek susu, kini disempurnakan dengan tambahan zat-zat gizi lain, seperti vitamin, zat prebiotik (serat), probiotik (bakteri), DHA (asam lemak yang berguna untuk pembentukan otak), dan lutein (untuk mata).

  • Tulang Kuat
  • Kalsium penting untuk proses pembentukan tulang. Seiring bertambahnya usia, massa tulang dalam tubuh kita akan berkurang tingkat kepadatannya dan berangsur mengalami penurunan. Makin lama, tulang menjadi keropos sehingga mudah retak dan patah. Dalam sebuah penelitian tertulis, resiko gangguan metabolisme tulang atau osteoporosis pada wanita lebih tinggi dibandingkan kaum pria. Supaya kepadatan tulang tidak lekas mengalami penurunan, sebaiknya rutin mengonsumsi susu dua gelas sehari. Bila asupan kalsium sudah di stok sejak dini, tidak perlu khawatir lagi akan kesehatan tulang di masa tua.

  • Insomnia
  • Jika anda mengalami masalah sulit tidur di malam hari (insomnia), disarankan untuk minum susu hangat dua jam sebelum tidur. Susu mengandung asam amino triptofan yang akan merangsang tubuh memproduksi serotonin, yaitu zat yang berguna untuk menimbulkan rasa tenang dan relaks pada tubuh. Di dalam tubuh, serotonin dan triptofan akan bekerjasama mengatur jadwal istirahat dan memproduksi hormon melatonin yang bertugas mengatur jadwal istirahat tubuh, sehingga rasa kantuk bisa segera muncul dan tidur menjadi lebih lelap.

  • Lactose Intolerance
  • Susu bisa menimbulkan alergi bagi tubuh yang tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk memecah laktosa (karbohidrat kompleks dari susu) menjadi gula sederhana. Kurangnya enzim ini akan mengakibatkan penyerapan laktosa tidak berjalan sempurna, sehingga tubuh menolaknya. Sama halnya dengan alergi lain, masalah ini bisa diobati dengan terus-menerus mencoba mengonsumsi susu sehingga tubuh jadi kebal.

  • Gangguan pencernaan
  • Susu berkhasiat untuk meredakan gangguan pada saluran pencernaan, sembelit, dan lain-lain. Susu yang diperkaya dengan prebiotik (serat) berguna untuk menjaga keseimbangan lingkungan dalam usus. Sehingga proses pembuangan zat-zat sisa dari dalam usus menjadi lancar.

Susu dan Kecantikan

Bukan hanya untuk kesehatan, susu juga bermanfaat untuk kecantikan dan perawatan kulit. Jangan khawatir soal image susu yang bisa bikin gemuk. Bagi yang sedang berdiet, susu tidak perlu dihilangkan sama sekali dari konsumsi menu harian. Susu tetap boleh diminum untuk melengkapi asupan gizi akibat jumlah makanan yang sedang dibatasi. Yang penting, pilih jenis susu dengan kandungan lemak yang rendah, seperti susu low fat atau susu skim.

Untuk mempercantik tubuh, susu juga bisa dipakai untuk perawatan kulit. Konon, penggunaan susu untuk kecantikan ini sudah sejak jaman Ratu mesir Cleopatra, yang rajin melakukan ritual mandi susu untuk menjaga kemulusan kulitnya. Lain lagi cerita tentang Maria Antoinette, ratu cantik dalam sejarah Perancis. Ada catatan yang menuliskan, ia terbiasa melakukan perawatan kulit kusam dengan lulur yang terbuat dari susu dan campuran bahan lainnya.

Rupanya kekaguman akan perawatan kecantikan dari susu inilah yang juga dimanfaatkan oleh salon dan produk kecantikan. Lulur, masker, lotion, krim dan pembersih wajah, hingga creambath, adalah beberapa contoh penerapan susu untuk merawat kecantikan, kemulusan, dan kekenyalan kulit.

 

Fakta Tentang Susu

  1. Untuk memaksimalkan penyerapan zat gizi, sebaiknya susu diminum saat perut kosong.
  2. Hindari menggabungkan susu dengan makanan yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi
  3. Hindari menggabungkan susu dengan minuman berkafein, seperti kopi. Karena penyerapan susu untuk proses pembentukan tulang bisa menjadi penghalang.
  4. Susu adalah jenis minuman yang tidak mengakibatkan pengeroposan gigi.
  5. Segelas susu mengandung gizi yang setara dengan 1.5 ons keju.
  6. Susu lebih mudah menyerap kalsium yang berasal dari susu dan produk olahannya dibandingkan sumber kalsium lain.
  7. Protein dalam susu sangat penting dalam proses pembentukan otot.

Artikel Lainnya