Menjadi Koki Bersama Kokita



Memudahkan setiap orang memasak berbagai macam masakan khas Indonesia dengan rasa yang konsisten di mana saja mereka berada.

Impian ini dibuat pasangan suami-istri Winata, sejak mendirikan PT Ikafood Putramas pada 1987 dengan menciptakan berbagai macam bumbu siap pakai yang berlabel Kokita. Impian perusahaan setidaknya bisa dilihat dari kepanjangan arti produk mereka ?Koki Kita? yang berarti ?kita bisa memasak seperti koki?. Perusahaan yang mempunyai pabriknya di Bandung Jawa Barat ini, sejak awal mengkhususkan untuk berbisnis dalam menyediakan bumbu-bumbu dasar yang biasa digunakan dalam memasak masakan khas Indonesia baik perorangan maupun perusahaan restoran dan kafe. Diharapkan dengan bumbu-bumbu tersebut bisa mempertahankan rasa asli setiap hidangan yang mereka sajikan.

? Hari ini, waktu di dunia terasa bergerak begitu cepat, ibu rumah tangga bekerja di luar tempat tinggalnya, sebagian ada yang tinggal di luar kota bahkan di luar negeri. Namun mereka tetap saja tidak bisa menghilangkan keinginan untuk menghadirkan berbagai masakan yang menjadi favorit mereka selama ini. Di sisi lain, waktu yang tersedia seakan tidak memungkinkan mereka untuk repot-repot menyiapkan berbagai macam bumbu dasar yang biasa digunakan. Menjawab semua ini, maka dibutuhkan inovasi dalam menghadirkan ragam bumbu tradisional menjadi produk yang siap pakai,? kata Maudy Ratna Winata, Presiden PT Ikafood Putramas, kepada KULINOLOGI INDONESIA beberapa waktu lalu di kantornya di kawasan Cideng, Jakarta.

Menjawab kebutuhan tersebut Kokita menawarkan berbagai macam bumbu siap pakai untuk berbagai macam masakan Indonesia antara lain bumbu nasi goreng, bumbu nasi kuning, bumbu ayam goreng, dan bumbu rendang. Kokita juga membuat kecap manis, bumbu gado-gado, sambal bajak, sambal Bangkok, dan sambal asam manis dan masih banyak lagi. Belakangan juga hadir tauco dan terasi siap pakai.

Selain itu ada pula produk BUMBU INTI, yaitu bumbu yang berisikan macam-macam bumbu dasar yang biasa digunakan untuk masakan khas Indonesia. Bumbu ditawarkan dengan empat macam pilihan Bumbu Inti A, B, C dan D sesuai dengan kebutuhan para juru masak dapat menggunakan masing-masing bumbu, yaitu Bumbu Inti A adalah dasar cabai, Bumbu Inti B adalah dasar kunyit, Bumbu Inti C adalah dasar kemiri, dan Bumbu Inti D adalah dasar bawang putih. Tidak kurang dari 24 masakan tradisional Indonesia bisa dibuat dengan mudah dengan menggunakan empat bumbu inti ini karena setiap produk sudah disertakan resep yang sudah diuji coba di dapur KOKITA.

Melihat begitu antuasiasnya masyarakat Indonesia dalam menerima bumbu siap pakai ini, Kokita sejak awal proses produksi hingga akhir pembuatannya selalu dikontrol oleh departemen quality control untuk memastikan produk yang dihasilkan sesuai standar kualitas dan rasa yang diinginkan. Produk Kokita juga menjamin mutu dan kehalalan karena selama ini telah menggunakan standar Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) dan memperoleh sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

? Kokita menawarkan bumbu instan yang segar. Segar karena bahan bakunya berasal dari komoditas yang segar dan diperoleh langsung dari petani dalam negeri seperti cabai merah dan cabai rawit, bawang merah, daun salam dan kunyit,? ungkap Maudy.

Selama ini Kokita memang konsisten dalam menjaga citarasa dari bumbu-bumbu yang ditawarkannya, hal ini terbukti dengan digunakannya produk ini oleh masyarakat banyak baik untuk masakan sehari-hari di rumah maupun untuk keperluan usaha mereka. Tidak mengherankan jika Kokita juga telah hadir di Negara Jepang, Korea, Malaysia, Saudi Arabia, Dubai, Australia, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Norwegia dan Inggris.
K-10

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...