Kunjungan Menteri Koperasi dan UKM ke Cimory



Kunjungan Menteri Koperasi dan UKM ke Cimory

Kerjasama antara PT Cisarua Mountain (Cimory) dengan Koperasi Unit Desa (KUD) yang ada di daerah sekitar perusahaan yang terjalin sejak tahun 2003 patut di contoh oleh berbagai pihak. Cimory selama ini mendapatkan bahan baku susu dari KUD Giri Tani Cisarua dan KUD Cipanas untuk diproduksi menjadi produk andalannya yaitu premium pasteurized milk dan yoghurt. Kerjasama tersebut juga membuka pasar dan harga stabil bagi para peternak yang menjadi anggota koperasi tersebut. Demikian yang diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha kecil dan Menengah, Suryadarma Ali ketika mengunjungi Cimory, daerah Cisarua Propinsi Jawa Barat, selasa (24/3) lalu.

Melihat keberhasilan kerjasama yang dilakukan antara Cimory dan KUD ini, Suryadarma Ali berharap di Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat harus dibangun pusat koperasi susu yang mampu menyediakan susu segar olahan sehingga mampu bertahan lama. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah akan memberikan bantuan untuk tahap penyediaan awal berupa teknologi yang dibutuhkan. Menindaklanjuti program tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor, Udin Syamsudin langsung menyambut baik program yang ditawarkan Menteri Koperasi tersebut. Saat itu pula dilakukan pertemuan antara Pemda Kabupaten Bogar dengan Cimory dan perwakilan peternak untuk membahas kelanjutan rencana ini.

Pemilik Cimory, Farell G Sutantio berharap dengan adanya program pembuatan pengolahan susu segar yang dimiliki KUD, mampu meningkatkan daya jual susu segar para peternak di Kabupaten Bogor. Perlu diketahui KUD Giri Tani dan KUD Cipanas selama ini mensuplai susu segar kepada Cimory sebanyak 8000 liter/hari. Susu tersebut langsung diolah Cimory pada saat hari itu pula dan langsung dipasarkan. K-10

Artikel Lainnya