Desain Interior Toko Bakery



Sebagian pengusaha bakery di Indonesia kini mulai melakukan berbagai strategi supaya konsumen setia untuk membeli produk mereka. Memang cita rasa dan aneka produk yang disajikan masih dianggap mampu jadi magnet yang besar untuk menarik perhatian konsumen. Tapi belakangan ini, ada cara lain yang mulai diterapkan oleh mereka. Satu di antaranya adalah menampilkan toko atau gerai yang di tata secara menarik, unik dan didesain sedemikian rupa sehingga konsumen merasa nyaman di tempat tersebut.

Maka tidaklah mengherankan jika ketika kita mengunjungi berbagai mall atau daerah tertentu, dengan mudah melihat toko atau gerai bakery yang begitu kreatif menata bangunan dan ruangan mereka. Tentu konsep penataan ini tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa dan sembarangan. Diperlukan pemikiran dan strategi khusus supaya menghasilkan desain toko atau outlet yang ?eye catching? dan menarik minat konsumen untuk mengunjungi sekaligus membeli produk mereka.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Pengusaha Bakery Indonesia (APEBI) Chris Hardijaya, dalam seminar ?Peran Desain Interior dalam Usaha Bakery? yang diselenggarakan oleh APEBI dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ada tiga manfaat yang bisa diperoleh dari toko atau gerai yang menghadirkan penataan ruangan yang menarik ini. Pertama adalah, menimbulkan daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. Desain toko atau gerai yang baik sebenarnya akan membantu dan memudahkan konsumen dalam melihat dan memilih produk yang disajikan, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan pembelian.

Kedua, dapat mengomunikasikan citra toko. Apalagi jika makin banyaknya toko atau gerai yang berdiri maka desainnya harus mampu mengekspresikan berbagai karakteristik toko dan pencitraan kepada konsumennya. Ketiga, dapat mengundang reaksi emosi pengunjung untuk membeli produk dan ingin berkunjung kembali.

Menurut seorang konsultan Desainer Interior, Francis Surjaseputra, ternyata tidak mudah membentuk desain toko atau outlet yang mampu menimbulkan hasil positif dari konsumen. Pasalnya, berkaitan dengan banyak elemen-elemen strategis yang mesti diperhatikan antara lain penentuan lokasi, pemahaman produk yang akan dijual, pengertian akan target pasar dan strategi penjualannya berikut menghasilkan sebuah desain yang segar di pasar. Lalu bagaimana memulai untuk mendesain toko atau gerai ini bagi yang akan dan baru mulai usaha ini ?

Pertama menentukan lokasi. Lokasi toko atau gerai bisa saja di area publik seperti mall, hotel, dan trade center. Atau bisa juga terletak pada bangunan yang berdiri sendiri. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Lihat saja misalnya J.Co dan Harvest Cake, keduanya hadir di lokasi yang berbeda. J.Co memilih area publik sedangkan Harvest memiliki bangunan yang berdiri sendiri. Hal terpenting adalah bahwa di lokasi manapun sebaiknya gerai yang akan didirikan mudah terlihat dan terjangkau. Kedua, membangun toko dan gerai sedemikian rupa seperti dengan membuat bangunan yang banyak bukaan kaca, sehingga suasana luar dapat dirasakan dari dalam. Dan juga sebaliknya dari luar kita juga bisa melihat suasana di dalamnya. Hal tersebut penting dikarenakan salah satu yang paling diutamakan adalah bagaimana produk yang akan dijual dapat mudah terbaca, dimulai dari pemilihan nama ?brand? yang mempunyai makna dan nuansa bakery, mudah terlihat dengan cara tata membuat displai yang menarik yang dapat mengundang selera pengunjungnya.

Ketiga menata ruangan dengan memanfaatkan luas area yang ada dan akhirnya mampu menghadirkan kenyamanan konsumen dalam melakukan aktifitasnya mulai memilih, mengambil dan mencicipi makanan hingga proses membayarnya. Selain itu tidak lupa juga dipikirkan penataan ruangan yang bersifat ?entertaining? diharapkan ruangan ini membuat konsumen terasa di tempat yang sangat mereka inginkan untuk melakukan aktifitas lain seperti menunggu teman, meeting hingga menyelesaikan tugas sekolah dan kantornya.

Dan keempat yang paling mendasar adalah desain interior toko atau gerai harus disesuaikan dengan tema dan image yang diinginkan oleh pemilik usahanya. Tema yang berkembang sekarang ada ke arah modern, tradisional, simple trendy. Tidak tertutup kemungkinan, akan lebih baik lagi, jikalau diciptakan sebuah konsep khusus berbeda dengan yang sedang tren untuk manghadirkan konsep yang fresh yang mampu membuahkan tren baru di pasar. Untuk mewujudkan disain toko atau gerai kita sebenarnya tidak luput juga dari anggaran yang disiapkan. Karena meskipun impian desain yang diinginkan itu bagus secara konsep, namun anggaran yang dikeluarkannya terbatas dan secara hitung-hitungan tidak bisa diwujudkan. Biasanya anggaran yang dikeluarkan untuk mendisain ini berkisar 7 hingga 10% dari jumlah modal awalnya. Tapi bagi yang sudah mulai memiliki tempat usahanya, tinggal melakukan penataan ulang saja.

Untuk menghasilkan desain yang menarik dan maksimal di tempat usaha ini, disarankan untuk melakukan konsultasi dan kerjasama dengan yang ahlinya. Dengan demikian mereka bisa menuangkan konsep yang diinginkan dan sekaligus untuk menghindari kesalahan dalam perencanaan dan penataannya. Elfa Hermawan

Artikel Lainnya

  • Apr 13, 2018

    Clean eating pada Menu Balita

    Clean eating pada menu balita dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi balita....

  • Apr 12, 2018

    Hidup Sehat Mencegah Penyakit Degeneratif

    Ada yang bilang, kondisi masa tua merupakan cerminan dari apa yang kita konsumsi di masa muda....

  • Apr 11, 2018

    Menyusun Menu Terpadu

    Dalam menjalankan bisnis restoran, hal-hal kecil yang luput diperhatikan dapat menyebabkan beberapa kendala yang signifikan....

  • Apr 10, 2018

    Tepat Menangani Katering

    Menangani katering berbeda dengan menangani sarapan setiap paginya....

  • Apr 10, 2018

    Fun Kitchen Festival: Sarana Informasi Kuliner Indonesia

    Memadukan cita rasa memang bukan perkara yang mudah tetapi, bukan berarti pula tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan teknik, pengolahan, serta pengetahuan terhadap bahan yang tepat sebuah hidangan baru yang merupakan pencampuran dari dua hal yang berbeda. Tidak melulu soal rasa, pencampuran juga terkadang memberikan sentuhan pada penampilan maupun ukuran. Hal tersebutlah yang ingin diusung pada Fun Kitchen Festival yang mengangkat tema “Trend Modern and Traditional Food & Beverages 2018” acara yang diselenggarakan pada 13-18 Maret 2018 lalu di Atrium Tengah Mall Taman Anggrek ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri peserta  dari segala latar belakang. ...