Desain Interior Toko Bakery



Sebagian pengusaha bakery di Indonesia kini mulai melakukan berbagai strategi supaya konsumen setia untuk membeli produk mereka. Memang cita rasa dan aneka produk yang disajikan masih dianggap mampu jadi magnet yang besar untuk menarik perhatian konsumen. Tapi belakangan ini, ada cara lain yang mulai diterapkan oleh mereka. Satu di antaranya adalah menampilkan toko atau gerai yang di tata secara menarik, unik dan didesain sedemikian rupa sehingga konsumen merasa nyaman di tempat tersebut.

Maka tidaklah mengherankan jika ketika kita mengunjungi berbagai mall atau daerah tertentu, dengan mudah melihat toko atau gerai bakery yang begitu kreatif menata bangunan dan ruangan mereka. Tentu konsep penataan ini tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa dan sembarangan. Diperlukan pemikiran dan strategi khusus supaya menghasilkan desain toko atau outlet yang ?eye catching? dan menarik minat konsumen untuk mengunjungi sekaligus membeli produk mereka.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Pengusaha Bakery Indonesia (APEBI) Chris Hardijaya, dalam seminar ?Peran Desain Interior dalam Usaha Bakery? yang diselenggarakan oleh APEBI dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ada tiga manfaat yang bisa diperoleh dari toko atau gerai yang menghadirkan penataan ruangan yang menarik ini. Pertama adalah, menimbulkan daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. Desain toko atau gerai yang baik sebenarnya akan membantu dan memudahkan konsumen dalam melihat dan memilih produk yang disajikan, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan pembelian.

Kedua, dapat mengomunikasikan citra toko. Apalagi jika makin banyaknya toko atau gerai yang berdiri maka desainnya harus mampu mengekspresikan berbagai karakteristik toko dan pencitraan kepada konsumennya. Ketiga, dapat mengundang reaksi emosi pengunjung untuk membeli produk dan ingin berkunjung kembali.

Menurut seorang konsultan Desainer Interior, Francis Surjaseputra, ternyata tidak mudah membentuk desain toko atau outlet yang mampu menimbulkan hasil positif dari konsumen. Pasalnya, berkaitan dengan banyak elemen-elemen strategis yang mesti diperhatikan antara lain penentuan lokasi, pemahaman produk yang akan dijual, pengertian akan target pasar dan strategi penjualannya berikut menghasilkan sebuah desain yang segar di pasar. Lalu bagaimana memulai untuk mendesain toko atau gerai ini bagi yang akan dan baru mulai usaha ini ?

Pertama menentukan lokasi. Lokasi toko atau gerai bisa saja di area publik seperti mall, hotel, dan trade center. Atau bisa juga terletak pada bangunan yang berdiri sendiri. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Lihat saja misalnya J.Co dan Harvest Cake, keduanya hadir di lokasi yang berbeda. J.Co memilih area publik sedangkan Harvest memiliki bangunan yang berdiri sendiri. Hal terpenting adalah bahwa di lokasi manapun sebaiknya gerai yang akan didirikan mudah terlihat dan terjangkau. Kedua, membangun toko dan gerai sedemikian rupa seperti dengan membuat bangunan yang banyak bukaan kaca, sehingga suasana luar dapat dirasakan dari dalam. Dan juga sebaliknya dari luar kita juga bisa melihat suasana di dalamnya. Hal tersebut penting dikarenakan salah satu yang paling diutamakan adalah bagaimana produk yang akan dijual dapat mudah terbaca, dimulai dari pemilihan nama ?brand? yang mempunyai makna dan nuansa bakery, mudah terlihat dengan cara tata membuat displai yang menarik yang dapat mengundang selera pengunjungnya.

Ketiga menata ruangan dengan memanfaatkan luas area yang ada dan akhirnya mampu menghadirkan kenyamanan konsumen dalam melakukan aktifitasnya mulai memilih, mengambil dan mencicipi makanan hingga proses membayarnya. Selain itu tidak lupa juga dipikirkan penataan ruangan yang bersifat ?entertaining? diharapkan ruangan ini membuat konsumen terasa di tempat yang sangat mereka inginkan untuk melakukan aktifitas lain seperti menunggu teman, meeting hingga menyelesaikan tugas sekolah dan kantornya.

Dan keempat yang paling mendasar adalah desain interior toko atau gerai harus disesuaikan dengan tema dan image yang diinginkan oleh pemilik usahanya. Tema yang berkembang sekarang ada ke arah modern, tradisional, simple trendy. Tidak tertutup kemungkinan, akan lebih baik lagi, jikalau diciptakan sebuah konsep khusus berbeda dengan yang sedang tren untuk manghadirkan konsep yang fresh yang mampu membuahkan tren baru di pasar. Untuk mewujudkan disain toko atau gerai kita sebenarnya tidak luput juga dari anggaran yang disiapkan. Karena meskipun impian desain yang diinginkan itu bagus secara konsep, namun anggaran yang dikeluarkannya terbatas dan secara hitung-hitungan tidak bisa diwujudkan. Biasanya anggaran yang dikeluarkan untuk mendisain ini berkisar 7 hingga 10% dari jumlah modal awalnya. Tapi bagi yang sudah mulai memiliki tempat usahanya, tinggal melakukan penataan ulang saja.

Untuk menghasilkan desain yang menarik dan maksimal di tempat usaha ini, disarankan untuk melakukan konsultasi dan kerjasama dengan yang ahlinya. Dengan demikian mereka bisa menuangkan konsep yang diinginkan dan sekaligus untuk menghindari kesalahan dalam perencanaan dan penataannya. Elfa Hermawan

Artikel Lainnya

  • Mei 23, 2019

    Prinsip-Prinsip Dasar dalam Menjamin Keamanan Pangan

    Prinsip dasar kebersihan makanan untuk menjamin kemanan pangan yang perlu disiapkan oleh produsen antara lain sebagai berikut. Pilih resep makanan dengan seksama Saat memilih menu produk yang akan dijual, perlu mengetahui beberapa kualitas dan komposisi bahan yang digunakan. Beberapa produk pangan dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa konsumen. Oleh karena itu perlu diberikan informasi yang cukup pada label pangan. Selain itu juga menu yang disajikan diharapkan dapat memberikan asupan gizi dalam jumlah yang tepat. ...

  • Mei 22, 2019

    Asupan Zat Gizi agar Tubuh Tetap Bugar

    Pada prinsipnya makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka harus lengkap, mengandung unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Sebenarnya, kunci asupan gizi seimbang dicerminkan oleh beragam makanan yang kita konsumsi baik di saat buka maupun sahur, dan empat sehat lima sempurna merupakan cermin keberagaman makanan meski kini sudah ada acuan yang lebih lengkap, yaitu Pedoman Gizi Seimbang. ...

  • Mei 21, 2019

    Menyusun Menu yang Baik selama Bulan Ramadan

    Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air kelapa, dan jenis buah-buahan dengan kandungan air tinggi lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir dalam menu puasa, karena bila berlebihan dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih, usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur minimal minum satu liter air atau sesuai kebutuhan. ...

  • Mei 20, 2019

    Panduan Sederhana Mengonsumsi Protein Nabati

    Anggapan bahwa protein nabati tidak lebih baik dari protein hewani adalah pernyataan yang tidak sepenuhnya benar. Meskipun beberapa komoditas menunjukkan kekurangan dalam komponen asam aminonya, namun banyak jalan yang bisa ditempuh untuk membuatnya setara dengan komponen protein hewani. ...

  • Mei 17, 2019

    Benarkah Protein Nabati Tidak Lengkap?

    Mutu protein bahan pangan salah satunya ditentukan oleh jenis dan proporsi asam amino yang di kandungnya. Setidaknya, terdapat 20 jenis asam amino yang terdiri dari sembilan asam amino esensial dan 11 asam amino non-esensial. Asam amino non-esensial adalah asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh, sedangkan asam amino esensial  merupakan asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh dan didapat dari sumber pangan. ...