Memanfaatkan Warisan Kuliner Indonesia



Dalam merancang menu masakan untuk rumah makan, seorang chef atau pengelola usaha sebaiknya memilih menu yang spesifik dan khas. Begitu banyak kekayaan kuliner di Tanah Air yang bisa digali dan dikreasi, untuk kemudian ditampilkan menjadi menu yang eksotik bagi sebuah restoran. ?Dengan menu yang khas dan spesifik, kita akan lebih fokus dibanding kompetitor,? kata Chef Adzan Budiman dalam Seminar ICA 2009 yang mengambil topik ?Warisan Kuliner Indonesia?. Acara yang berlangsung di Bondies Cafe, Jakarta pada akhir Maret lalu tersebut juga menghadirkan Executive Chef Segarra Jakarta, Ragil Imam Wibowo. Chef Adzan menjelaskan, saat ini kecenderungan yang terjadi di masyarakat adalah menyukai ragam masakan dari berbagai daerah di Indonesia, namun dengan kreasi yang bagus dengan penampilan yang menarik pula. Dan untuk masakan Indonesia ini, Chef Adzan menengarai adanya kekayaan kuliner berupa bumbu-bumbu tradisional yang eksotik. ? Bumbu ini sangat menentukan kekhasan masakan Indonesia, sehingga saya membuat secara khusus sebuah rumah bumbu. Orang yang bekerja disitu hanya khusus mmbuat bumbu saja,? katanya. Ia menambahkan, di rumah bumbu itu, dibuat beragam bumbu yang terbagi dalam tiga golongan besar yakni bumbu bakar, bumbu ungkep dan bumbu manis. Dengan berkreasi masakan Indonesia yang didukung oleh standar bumbu yang konsisten, maka sebuah rumah makan akan memiliki ciri khas tersendiri dan konsumen pun akan datang kembali untuk menikmati menu yang ditawarkan. K-8

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...