Inovasi Pangan Beku



Inovasi Pangan Beku Siap Saji

Oleh Mien Sutanto

Dalam menghadapi krisis global saat ini, suatu usaha harus tetap eksis, antara lain dengan melakukan berbagai inovasi baru bagi produk yang dihasilkannya. Pangan beku siap saji merupakan salah satu inovasi penting yang dapat dilakukan di masa sekarang ini.

Inovasi dengan berfokus pada efisiensi biaya tanpa mengurangi mutu ini contohnya adalah, pangan beku siap saji. Produk ini telah matang, yang kemudian dibekukan dalam temperatur - 40oC (dengan teknologi blast freezer), lalu disimpan pada ruang dengan suhu - 18oC. Teknologi blast freezer pada prinsipnya merupakan shock temperature untuk mikroba atau memusnahkan mikroba. Di samping itu, blast freezer juga memungkinkan kristalisasi air yang terbentuk berukuran kecil dan solid, sehingga tidak berpengaruh nyata pada perubahan mutu produk.

Penyimpanan pada suhu -18oC yang dilakukan setelah dilakukan blast freezer bermanfaat untuk memperpanjang masa simpan, yakni dengan menekan pertumbuhan mikroba perusak. Penyimpanan pada suhu ini juga bertujuan untuk mengurangi risiko perubahan bentuk pada saat proses pengemasan maupun proses pengiriman produk.

Keuntungan produk makanan beku siap saji terutama dalam hal efisiensi biaya dan waktu. Produk ini tidak memerlukan mesin khusus, tidak memerlukan keahlian khusus dalam menyajikan produk tersebut, mengurangi kelebihan makanan yang tidak semestinya, serta menghilangkan biaya kegagalan pembuatan produk yang dibuat sendiri. Dari sisi waktu, produk pangan beku siap saji juga lebih cepat dalam hal penyajiannya, tidak memerlukan waktu khusus untuk persiapannya, kapan saja bisa langsung di sajikan.

Produk pangan siap saji yang disimpan di temperatur -18oC dalam jumlah yang tidak terbatas berdasarkan kapasitas tempat penyimpanan ? menjadi solusi yang bersifat fleksibel dalam hal penyajian jumlah menu dalam waktu yang relatif singkat. Produk ini akan sangat terasa besar manfaatnya saat mempersiapkan makanan dalam acara ? acara yang padat dengan jumlah kebutuhan yang tidak pasti. Mien Sutanto, PT Selaras Adi Perkasa

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...