EAC Indonesia Perkenalkan Trehalose untuk Produk Bakery



 

Dalam konsep kesejahteraan, semakin sejahtera seseorang, kualitas penampilan dan penyajian suatu makanan menjadi poin utama dalam menilai makanan secara keseluruhan. Untuk mendukung kesempurnaan suatu penampilan, dibutuhkan ingredient yang tepat, salah satunya adalah Trehalose.
Produk bakery dan confectionary yang berasal dari negara Jepang memiliki rasa, tekstur, dan aroma yang lebih baik dari produksi industri bakery manapun di dunia ini. Negara Jepang seakan menjadi kiblat untuk perkembangan produk bakery di dunia. Kunci dari keunikan Jepang dalam industri bakery diungkapkan pada seminar yang diselenggarakan oleh EAC Indonesia di Jakarta belum lama ini.

Trehalose dapat membuat produk bakery terasa jauh lebih lembut, memperkaya aroma, mencegah kerusakan produk saat disimpan pada suhu rendah, mencegah denaturasi protein, memiliki sifat higroskopis yang rendah, tahan terhadap suhu tinggi dan asam, mencegah reaksi maillard, menstabilkan keberadaan vitamin dan mineral, serta memiliki tingkat kemanisan setengah dari Sukrosa. Uniknya, para produsen bakery dan confectionary hanya cukup mengganti 30% dari keberadaan Sukrosa dalam suatu produk untuk mendapatkan semua keuntungan di atas.

Business Manager bidang Food & Pharma PT EAC Indonesia Ricky Susanto mengatakan,
Trehalose masuk ke Indonesia pada tahun 2005, lalu pada tahun 2007 diresmikan perizinannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan merek dagang TREHA™,” ungkap Ricky. Chief of Representative Office for South East Asia Hayashibara Shigenori Kotabe menambahkan, Trehalose adalah suatu ingridien berupa gula disakarida, berfungsi sebagai pembentuk struktur fisik pada produk bakery. Struktur yang dibentuk dengan adanya Trehalose membuat produk bakery lebih stabil. Dalam hal kelarutan, Trehalose memiliki kelarutan yang lebih rendah dibandingkan dengan Sukrosa pada suhu rendah, sehingga keberadaan Trehalose dalam suatu produk dapat lebih dipertahankan. K-26

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...