Tips Mendekorasi Cake



 

Selain rasa yang diunggulkan, dekorasi yang cantik juga menjadi faktor penting untuk menaikkan gengsi cake.

Ada ratusan ide untuk menghias cake, mulai dari yang sederhana, lucu, hingga elegan. Tema hiasan untuk cake juga bisa disesuaikan dengan event, apakah untuk perayaan ulang tahun anak, dewasa, hari valentine atau perkawinan. Masing-masing tentu punya spesifikasi bentuk dan warna yang perlu disesuaikan. Disinilah diperlukan kreativitas serta latihan dan kesabaran yang tinggi untuk membuat hiasan cake yang cantik dan indah di pandang. Buku, majalah, website, kursus hingga internet adalah beberapa sumber yang bisa dijadikan acuan untuk mencari inspirasi hiasan yang diinginkan.

Metode dekorasi cake
Secara garis besar, ada tiga metode dekorasi cake yang umumnya menjadi pedoman para desainer kue dalam menghias cake menjadi sebuah karya seni tinggi. Metode ini dibedakan menjadi:

  • Metode Lambeth Gaya dekorasi Inggris yang dipopulerkan oleh Joseph Lambeth. Metode ini banyak menggunakan pipa rumit untuk membuat 3 D scrollwork, daun bunga, dan dekorasi lain di atas cake. Umumnya digunakan para desainer kue pengantin untuk menghias di atas fondant atau marzipan. Kemudian diberi aksen buah segar, bunga segar, mutiara, atau sedikit bordir.
  • Metode Australia Metode ini dibawa ke Australia, dikenalkan oleh koloni Inggris yang menetap di Australia. Metode ini mirip dengan metode Lambeth karena melibatkan penggunaan overpiping pada kue dan ditutupi fondant. Perbedaannya, lebih banyak berhias scrollwork dan banyak curtaining. Hiasan yang dipakai menggunakan manik-manik, mutiara atau permen kecil.
  • Metode Wilton Metode ini paling sering digunakan dalam menghias kue. Dasar teknik yang dipakai menggunakan frosting butter cream icing. Sedangkan hiasannya bisa bervariasi, sesuai kebutuhan.

Hiasan dan isi cake

Ada berbagai variasi hiasan atas cake, seperti lapisan gula halus, taburan gula bubuk maupun yang lembut seperti glace icing, krim mentega, krim kocok, dan lapisan gula dan putih telur yang dikocok. Hiasan ini juga bisa digunakan untuk isian kue, hingga fungsinya serba guna. Apa saja jenisnya?

  • Butter cream icing (krim mentega) Butter cream terbuat dari mentega yang dikombinasikan dengan gula, dikocok hingga pucat dan kental. Tambahkan vanili, lalu susu atau krim agar adonan lebih mengembang. Butter cream frosting digunakan terutama dalam metode wilton cake decorating.
  • Whipped cream icing Untuk mendapatkan konsistensi yang baik, campur whipping bubuk dengan air dingin, kocok dengan mixer. Atau kondisikan whipping cream dalam keadaan dingin.
  • Royal icing Royal icing paling umum digunakan dalam metode Lambeth dan metode Australia. Saat memakai royal icing, lapisi cake dengan marzipan, lalu sendoki icing ke atasnya. Ratakan bagian atas dan samping cake dengan pisau palet. Gunakan spatula logam untuk melicinkan permukaan cake dan merapikan pinggirannya.
  • Ganache Ganache icing adalah cokelat dan krim kental yang dilelehkan bersama- sama. Ganache memberikan rasa kue yang lezat dengan tekstur yang mengilap.
  • Glazes Glazes yang dipakai bisa jelly, agar-agar, atau selai. Banyak digunakan untuk menyempurnakan permukaan cake sebelum dekorasi dan frosting diterapkan.
  • Marzipan Marzipan (lapis almond) digunakan untuk melapis cake, maupun sebagai dasar untuk icing.

Mendekorasi cake cokelat

Mengerjakan hiasan cokelat memerlukan keterampilan khusus, namun tekniknya mudah dipelajari. Cokelat masak mengandung kadar mentega tinggi, biasanya digunakan untuk membuat dan menghias kue. Sedangkan cokelat susu lebih sulit penanganannya
Berikut tips berguna yang perlu Anda tahu saat membuat hiasan cake dari cokelat.

  • Potong-potong cokelat. Taruh dalam mangkuk di atas panci berisi air panas (tim) biarkan meleleh. Angkat dan aduk hingga licin.
  • Jaga agar cokelat tidak sampai tercampur air atau uap air, karena cokelat akan menjadi keras dan tidak mau meleleh. Campurkan 1-2 sdt minyak sayur agar menjadi lembut kembali.
  • Cokelat akan mudah dibentuk dalam keadaan lunak. Lelehkan cokelat, tuang dua pertiganya di alas yang keras. Gerakkan pisau palet maju mundur pada permukaannya hingga hampir mengeras. Kembalikan ke dalam mangkuk berisi sisa cokelat dan panaskan kembali di atas air panas sambil di aduk

Untuk hiasan, gunakan cokelat balok biasa atau cokelat masak yang dilelehkan. Kerjakan di tempat yang sejuk. Hindari memegang cokelat terlalu sering karena suhu tangan bisa membuatnya meleleh. Siapkan hiasan cokelat beberapa jam sebelum digunakan. Hiasan itu dapat disimpan 1-2 minggu dalam freezer atau lemari es. Pastikan untuk menutupnya rapat agar tidak terkena air. Saat akan digunakan kembali, tim hingga leleh.
Ganache cokelat adalah krim cokelat kental yang gurih untuk melapisi atau mengisi cake. Kopi atau liqueur bisa ditambahkan untuk penyedap rasa. Untuk tekstur yang lebih lembut, kocok krim hingga berbuih.
Mel

Artikel Lainnya

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....

  • Jun 26, 2018

    Rupa dan Jenis Salad

    Salad merupakan makanan pembuka yang bertujuan untuk menambah selera makan yang mengonsumsinya....