Sejuta Rasa Topping & Filling



“Roti dengan isi atau topping manis tetap lebih banyak disuka dibandingkan dengan yang gurih,” cerita Peni, pemilik Michelle Bakery, sebuah toko roti di Jalan Pajajaran, Bogor. Variasi roti yang dijajakan di outlet berusia 5 tahun ini memang cukup beragam. Tampil dengan 1001 wajah, roti menawarkan sejuta rasa bagi para penggemarnya.

Bermain-main dengan bahan isi (filling) atau topping untuk roti membutuhkan imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Pada prinsipnya roti yang cenderung bercita rasa netral, berjodoh dengan rasa apapun, baik manis, asin, gurih, pedas, ataupun berempah. Sejak industri bakery nusantara tumbuh merebak, variasi topping roti pun mengalami evolusi. Dari mulai bentuknya yang makin atraktif hingga pilihan rasanya.

“Mengkreasikan roti topping manis lebih mudah karena variasinya bisa banyak sekali. Apalagi berdasarkan pengalaman di Michelle Bakery, kecepatan penjualan roti topping manis lebih ungggul.”Itulah alasan mengapa perbandingan produksi roti rasa manis dengan roti rasa gurih/asin adalah sekitar
3-4 : 1. Meski ditawarkan cita rasa modern, selera standar seperti roti isi cokelat atau keju, tetap jadi andalan,” ujar Peni.

Untuk roti topping gurih, Peni menyebutkan 2 variasi andalan di Michelle Bakery, yaitu chicken black pepper dan ayam bumbu lemper. Tentang inspirasi mencari cita rasa roti, Peni mengaku bahwa ia rajin membaca-baca majalah seputar bakery untuk menangkap tren yang sedang terjadi di luar ataupun dalam negeri. Selain itu, melakukan studi banding, termasuk ke bakery-bakery di luar negeri, pun penting dilakukan. “Agar tidak ketinggalan zaman. Sering mengintip bakery di luar negeri sangat penting karena industri bakery lokal masih berkiblat ke luar negeri,” sambungnya. Mel

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...