Culinology in Practices



Kulinologi adalah sinergi antara teknologi pangan dan seni kuliner. Seorang ahli kulinologi mempunyai kemampuan untuk secara efisien menciptakan formula dan proses pengolahan produk pangan yang bisa diaplikasikan industri untuk menghasilkan produk yang praktis; tetapi tetap mempunyai mutu sensori, cita rasa dan tampilan, yang menarik; ?convenience foods? that actually look and taste like food served in a restaurant. Seorang ahli kulinologi; juga mempunyai kemampuan untuk menciptakan formula dan penyajian produk pangan di restoran ?misalnya- secara menarik dan menggugah selera; tetapi juga aman dan konsisten mutunya. Itulah esensi kulinologi.

Itu sebabnya; telah sejak tahun 1984; Charlie Cante, Ph.D., dari General Foods, merekrut seorang Chef dalam tim pengembangan produknya. Istilah yang dipakai waktu itu adalah ?technicoculinary specialist.? Di Indonesia; bidang kajian dan profesi ini sedang mulai tumbuh. Dengan tradisi dan potensi yang luar biasa yang dimiliki Indonesia; diharapkan akan muncul produk-produk pangan khas Indonesia yang mendunia. Selamat membaca.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...