Penghargaan MURI untuk Pembuatan 1001 Patung Cokelat



 

Pembuatan 1001 buah patung Santa dari cokelat pada pertengahan Desember kemarin dilakukan oleh para chef yang tergabung dalam Association of Culinay Professional (ACP). Tidak tanggung-tanggung, kegiatan tersebut akhirnya diapresiasi oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) kepada ketiga penyelenggaranya yaitu ACP, Plaza Indonesia dan PT Gandum Mas Kencana.
“Pembuatan 1001 cokelat ini adalah kerjasama dengan beberapa chef di Jakarta dengan pengolahan tertentu, sehingga cokelat tersebut tetap bisa dimakan,” kata Vindex Tengker perwakilan ACP.

Dalam proses pengerjaannya, ternyata telah menghabiskan satu ton cokelat Colatta. Bagaimana tidak banyak, ternyata para chef telah menghabiskan 500 kg cokelat untuk membuat satu buah patung Santa raksasa yang mempunyai tinggi empat meter dan lebar dua meter. Sedangkan
500 kg cokelat lagi untuk pembuatan 1000 buah patung untuk ukuran sedang.

“Pembuatan patung dari cokelat ini juga menunjukkan bahwa cokelat tidak hanya rasanya saja yang digemari oleh semua orang, tapi juga bisa diwujudkan menjadi bentuk-bentuk yang kreatif, reaktif dan atraktif. Kegiatan kreatif ini direncanakan akan dilakukan setiap tahunnya,” kata Iman Setia Nugraha dari PT Gandum Mas Kencana selaku produsen cokelat Colatta.
Menurut ketua MURI, Jaya Suprana, diharapkan kegiatan ini dilakukan semakin sering dan tetap menunjukkan jati diri bangsa Indonesia. Makanya dia, berharap tahun depan, patung yang dibuat adalah replika semar. Selain itu, kegiatan ini juga, agar tidak hanya jadi ajang pemborosan saja, dia berharap produknya bermanfaat untuk masyarakat luas. Seperti halnya yang dilakukan dalam acara ini, cokelat-cokelat tersebut dilelang, dan hasilnya diberikan kepada yayasan pita kuning anak Indonesia dan yayasan pantara. K-10

Artikel Lainnya

  • Mar 21, 2019

    Tepat Menyimpan Produk Bakeri

    Teknik pendinginan merupakan metode yang sering digunakan untuk memperpanjang umur simpan produk pangan. Prinsipnya sangat sederhana, yakni menghambat pertumbuhan mikroba. Aplikasi penurunan suhu ini sangat luas digunakan dalam berbagai produk pangan, termasuk produk bakeri seperti kue,roti, patiseri, dan lainnya.   ...

  • Mar 20, 2019

    Diet Keto dari Sisi Gizi dan Kesehatan

    Diet keto memang dianggap efektif menurunkan berat badan (Campos, 2017). Dari segi gizi, diet keto menekankan pola asupan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Diet ini mengandalkan lemak serta protein hewani sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Asupan karbohidrat yang berkurang drastis ini akan menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat dan gula, proses inilah yang disebut dengan ketosis. ...

  • Mar 19, 2019

    Upaya Menghindari Foodborne Diseases

    Sebagian besar foodborne patogen lebih menyukai lingkungan yang hangat, walaupun bisa tumbuh dalam kisaran suhu yang luas. Suhu di atas 40C dan di bawah 600C sering diacu sebagai zona berbahaya, karena bakteri patogen seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria monocytogenes dapat berkembang biak pada suhu tersebut, sehingga menyebabkan penyakit. Menyimpan produk pangan pada suhu refrigerasi yang tepat pada suhu di bawah 40C dan memanaskan pada suhu diatas 600C, adalah usaha yang direkomendasikan agar terhidar dari foodborne disease. Oleh karena itu, penanganan pangan dari mulai bahan baku hingga distribusi harus memenuhi pedoman penanganan yang tepat, seperti: ...

  • Mar 18, 2019

    Alternatif Pola Hidup Sehat dengan Diet Ketogenik

    Diet ketogenik adalah pola konsumsi dengan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat yang akan menyediakan cukup protein untuk pertumbuhan tetapi kurang karbohidrat untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang pada prosesnya akan menghasilkan senyawa keton. Komposisi ketogenik menyaratkan porsi lemak tinggi (75-80%), porsi protein sedang (15% – 20%), dan porsi karbohidrat rendah (5% – 10%). ...

  • Mar 15, 2019

    Menu sebagai Alat Penjual

    Menu dalam bisnis pangan di industri hotel, restoran, katering, dan bakeri (horekaba) merupakan sarana pemasaran yang penting. Menu dapat digunakan sebagai gambaran dari produk yang ditawarkan. Perencanaan menu dibuat dengan menyusun daftar secara spesifik , yaitu menentukan makanan tersebut dibuat untuk satu periode makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) atau untuk sehari penuh termasuk snack.   ...