Bersiaplah Ketagihan Thai Food



 

Pamornya mungkin tak seheboh makanan Asia lain, seperti Japanese food atau Chinese food. Padahal, sekali mencicipi Anda pasti tak akan lupa akan keunikan dan kelezatan rasanya. Coba, yuk!

Sedikitnya restoran Thailand di Indonesia menjadikan masyarakat kita kurang mengenal Thai food sehingga menjadi asing dan ragu untuk mencoba. Padahal kalau sudah mencicipi banyak orang yang menjadikannya menjadi makanan favorit. Melihat fenomena di atas, tentu saja menjadi peluang besar untuk mendirikan restoran Thailand.

Itulah sedikit ihwal, hadirnya Kuppa Thai Restaurant. Sejak 2003, resto ini menawarkan hidangan khas Thailand, baik yang tradisional maupun modern yang sudah dikreasi sesuai dengan market.
Keberanian menghadirkan cita rasa Thailand inilah yang membuat Kuppa kini dikenal oleh penggemar kuliner sebagai salah satu restoran khas yang wajib dikunjungi jika ingin mencicipi sajian dari negeri gajah putih ini. Hidangan khas Thailand seperti, Chicken in Pandan Leaf (ayam bungkus daun pandan), Pla Rad Prik, (ikan goreng ala Thai dengan saus manis pedas), berbagai jenis selada Thai, dan aneka jenis Tom Yam soup (sup asam pedas), siap membuat Anda ketagihan.

Dari soal cita rasa, Kuppa memiliki keunikan sendiri dengan menghadirkan aneka rempah-rempahan khas asli Thailand di setiap menunya. Konsistensi dalam menghadirkan rempah-rempah asli dari ‘kampung’nya ini membuat hidangan yang ditawarkan resto ini terasa otentik.

Kesegaran adalah dampak yang bisa dirasakan ketika menikmatinya. Rasa tersebut setidaknya salah satunya tergambarkan ketika mencicipi menu modifikasi andalan, yaitu Tom Yam Oxtail.

“Biasanya tom yam yang dikenal di beberapa restoran Thailand adalah tom yam yang berisikan seafood seperti udang, cumi dan kerang. Di sini, kami juga menawarkan sup tom yam dengan buntut sapi yang tak kalah lezat,” kata Jack, Operational Manager Kuppa Thai Restoran.

Keunikan lain dari hidangan ini adalah dalam hal penyajiannya, sop dihadirkan dengan keadaan panas dan ditempatkan dalam satu mangkok, dipadukan dengan daun ketumbar, bawang putih sangrai, daun jeruk, sereh, lengkuas ditambah dengan ebi dan terasi semakin menggugah selera makan.

Pada prinsipnya Thai Food yang ditawarkan resto ini mengombinasikan 5 rasa dasar, yakni manis, pedas, asam, asin dan pahit. Makanya jika Anda ingin merasakan harmonisasi lima rasa dasar tersebut bergantian hadir di mulut Anda, maka tidak salah lagi wajib mengunjungi kuppa restoran yang memiliki banyak makanan lezat dan akan selalu ingat.

Selain itu, rasanya juga tidak jauh berbeda dengan makanan khas Indonesia. Lihat saja aneka masakan seafood seperti Gurame Goreng Asam Manis, atau Tom Yum Oxtail-nya mirip dengan sop kambing atau soto betawi. Rasanya tidak terlalu asing di lidah. Perbedaannya hanya pada rasa asam hidangan Thailand yang lebih kuat dibanding makanan Indonesia. Sumbangan rasa asam didapatkan dari jeruk lemon yang selalu hadir di setiap makanan.

“Meski tak semua orang Indonesia suka dengan makanan asam dan pedas, namun saat mencicipi hidangan di resto ini, pasti tidak akan menyesal,” ujar Jack.

Kuppa juga memberikan fleksibilitas yang tinggi kepada para pengunjung yang kurang menyukai rasa asam atau pedas.”Rasa menu kita bisa adaptasi dengan keinginan pengunjung. jika ingin otentik kita siap menghadirkannya, tapi kalau ingin mengurasi rasa keduanya, juga bisa,” sambungnya.

Menjaga keseimbangan rasa dan aroma yang khas adalah hal terpenting yang wajib dilakukan adalah memiliki standar kualitas, termasuk untuk urusan bahan baku.“Hal terpenting dalam menjaga kualitas produk adalah dengan menerapkan sistem sistem FIFO ( First in – First out ) saat menyimpan dan menggunakan bahan baku,” ungkapnya. Sistem ini menerapkan produk yang akan diproses atau diolah menjadi bahan masakan adalah bahan yang fresh bukan stok lama. Sistem ini disinyalir menjadi bagian yang diterapkan restoran untuk menjaga higienitas dalam olahan makanan mereka. Jadi jika berbicara soal mutu thai food di Kuppa sepertinya bisa dijamin. K-10

Artikel Lainnya

  • Apr 23, 2019

    Ragam Keju populer dan Aplikasinya pada Produk Horekaba

    Keju merupakan salah satu bahan pangan favorit produk fermentasi susu. Dalam aplikasinya, keju bisa digunakan secara langsung, dijadikan toping untuk berbagai produk pangan maupun dicampur dengan makanan lain. Seiring dengan perkembangannya, semakin beragam pula produk keju dalam hotel, restoran, katering, bakeri (Horekaba) serta industri pangan lainnya yang menggunakan keju sebagai bahan bakunya. Berikut ragam keju yang digunakan dalam produk horekaba. ...

  • Apr 22, 2019

    Perbedaan Cream Cheese dan Cheese Spread

    Untuk penggemar sarapan roti, keju krim (cream cheese) dan keju olesan cream (cheese spread) menjadi satu pilihan untuk diamasukkan ke dalam lapisan lembarlembar roti. Kedua produk tersebut dapat dioles di atas roti sebagai isian bergizi tinggi, atau juga dapat disantap dengan mengoleskannya pada kue atau crackers. Bagi yang suka membuat kue, keju krim dan keju olesan dapat dipakai sebagai campuran adonan dalam cheese cake atau dekorasi krim di atas kue. Lalu apa yang membedakan kedua produk tersebut?   ...

  • Apr 18, 2019

    Tips Memilih Whipped Cream

    hipped cream merupakan krim yang timbul di bagian atas dari susu pada waktu didiamkan atau dipisahkan, sehingga whipped cream juga disebut sebagai ‘kepala susu’.Kegagalan dalam pengolahan whipped cream biasanya ada pada suhu, pengocokan, dan perbandingan air (khusus untuk bubuk whipped cream). “Penggunaan air es dalam pengocokkan bubuk whipped cream sangat penting, karena air es tersebut membantu whipped cream mengembang secara maksimal.  ...

  • Apr 16, 2019

    Bahan-bahan yang mempengaruhi tekstur es krim

    Es krim dibuat dengan cara membekukan campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, dengan atau tanpa penambahan ingridien lain yang diizinkan. Bentuk dan ukuran masing-masing bahan penyusun es krim tersebut sangat menentukan kualitas es krim, terutama tekstur. Tekstur yang diinginkan pada es krim adalah lembut, creaminess (seperti kondisi kaya akan lemak) dan homogen. Sedangkan body yang diinginkan adalah firm dengan substansi padatan yang bersatu dalam bentuk buih/busa. Ketahanan es krim untuk tidak mudah meleleh juga menentukan apresiasi konsumen.   ...

  • Apr 15, 2019

    Costing Menu Honey Blended

    Honey Blended  adalah smoothie yang berbahan dasar raspberry, yoghurt, dan madu. Raspberry merupakan jenis buah yang banyak menyumbangkan manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi. Dipadukan dengan yogurt maka semakin melengkapi menfaat dari buah ini. ...