Fakta Penting Bisnis Restoran Indonesia



 

Kenyamanan, masakan lokal, simpel dan higienis, serta hidup sehat menjadi faktor utama kemajuan bisnis restoran di Indonesia di 2010.

Bisnis kafe dan restoran di Indonesia di 2010 akan terus berkembang, hal ini ditandai dengan makin banyaknya tempat makan baik untuk kalangan menengah atas maupun bawah. Pusat jajan kaki lima pun kini mulai disulap oleh para pengembang menjadi tempat jajan yang lebih asri dan bersih, dan menjadi tempat tujuan makan dan bersantai bagi masyarakat di kota-kota besar.

Kemungkinan ini dipengaruhi dengan tren kehidupan masa sekarang dengan konsep one stop shopping yang sudah banyak berkembang di kota-kota besar seperti Jakarta, kata Pengajar STP Trisakti Temmy Agus Rahmat. Dengan melihat perkembangan seperti itu, konsep restoran seperti ini akan menjadi tren yang akan terus menjadi primadona di masyarakat. Konsumen akan lebih mudah memilih menu makanan dan tidak perlu bingung untuk mencari atau memilih makanan. ”Konsep food court yang ada di alam terbuka juga akan menjadi tren bisnis yang cukup menjanjikan di masa mendatang,” papar Temmy.

Hal lain yang menjadi tren di dunia kuliner yakni konsep restoran keluarga. Ini merupakan respon dari kebiasaan sosial masyarakat Indonesia yang lebih menyukai makan bersama keluarga atau kerabat. Presiden Direktur Toni Jack’s Indonesia Didit Permana mengatakan, salah satu tren restoran saat ini adalah restoran keluarga yang memiliki beragam hidangan baik untuk anak-anak, remaja maupun dewasa. Oleh karenanya, Toni Jack’s Indonesia yang memiliki 13 outlet tersebut melayani empat segmen sekaligus, yakni family, teens (umur 12-17 tahun), young adults (18-25 tahun) dan dewasa (berumur 30 tahun ke atas). Toni Jack’s Indonesia merupakan nama 13 outlet restoran milik pengusaha nasional Bambang N. Rachmadi yang sebelumnya adalah merupakan bagian dari jaringan restoran Mc Donald’s. Perubahan nama menjadi Toni Jack’s Indonesia terjadi karena adanya perselisihan dengan manajemen Mc Donald’s Internasional perihal hak waralaba yang dipegang oleh Bambang sejak 1991. Dengan merek baru tersebut, restoran dengan logo bajak laut tersebut tetap menggunakan konsep restoran keluarga cepat saji, dengan hidangan utama yakni ayam goreng dan kentang goreng.

Dengan konsep restoran keluarga tersebut, Didit menandaskan, kenyamanan menjadi faktor utama dalam menjalankan bisnisnya. ”Untuk mendukung hal itu, restoran perlu didukung dengan aneka layanan seperti area makan yang nyaman, penyediaan tempat meeting, layan antar, fasilitas internet, serta layanan 24 jam bagi konsumen,” tutur Didit.
Selain kesukaan akan makan bersama, makan di restoran sebagai bagian dari gaya hidup adalah kecenderungan yang banyak terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Terlebih jika dipadukan dengan gaya hidup yang berefek pada kesehatan bagi tubuh, akan sangat digemari masyarakat urban. Hal itulah yang antara lain ditangkap oleh restoran Sour Sally yang khusus menyediakan yoghurt sebagai hidangan yang menyehatkan. ”Restoran kami menawarkan tren hidup sehat dengan mengonsumsi frozen yoghurt premium bagi masyarakat, ”kata Marketing Manager Sour Sally Sagita Kwee. Kalau yoghurt biasa berbentuk cair seperti produk olahan susu pada umumnya, Sour Sally menawarkan pengalaman menikmati yoghurt dalam bentuk yang berbeda, yakni yoghurt dalam kondisi frozen –yang akan mencair dalam waktu kurang lebih 15 menit. Artinya, untuk mendapatkan sensasi ketika menikmati frozen yoghurt, harus segera dikonsumsi dalam waktu kurang dari 15 menit. Pengalaman mengonsumsi yoghurt beku inilah yang dirancang Sour Sally sedemikian rupa sehingga menjadi tren di masyarakat perkotaan.
Di samping hidangan yang menyehatkan dan bersifat lifestyle, masakan di masa mendatang yang akan digemari masyarakat adalah jenis-jenis makanan yang simpel dan bersih, serta makanan khas daerah setempat. Temmy berpendapat, konsep makanan yang back to nature tersebut akan menjadi tren. Gejala tersebut telah pula ditangkap oleh Tony Jack’s Indonesia dengan merancang masakan-masakan lokal sesuai dengan tempat restoran dibuka. Maka, masakan-masakan lokal seperti rendang, soto, atau tongseng yang dihidangkan dalam kondisi simpel, bersih dan higienis akan sangat berperan dalam kemajuan bisnis restoran dewasa ini.

Untuk menjawab tantangan tren di masyarakat tersebut, Temmy menyarankan agar industri kuliner Indonesia harus berani melakukan inovasi dan memodifikasi masakannya agar dapat terlihat lebih simpel dan menarik, namun dengan tidak menghilangkan citarasa dan keunikan masakan khas tersebut. Andang Setiadi

Artikel Lainnya

  • Feb 20, 2019

    Peluang dan Tantangan Manis Bisnis Kefir

    Di Indonesia, produk kefir masih perlu diedukasi ke masyarakat luas bahwa ada produk fermentasi susu selain yogurt yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Produk kefir sangat berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran mengkonsumsi produk fermentasi susu yang berkualitas dan menyehatkan. Terdapat beberapa tantangan dalam produksi kefir dan menjaga konsistensi kualitasnya. Secara ideal, kefir yang berkualitas dihasilkan dengan menggunakan biji kefir dan aplikasi teknik produksi secara tradisional serta menghindari penggunaan sarana berbahan metal. Namun aplikasi ini mengalami kesulitan dalam menjaga konsistensi produk akhir. Sejalan dengan kemajuan teknologi pangan, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan starter berupa mother-culture yang bisa menghasilkan kefir yang mirip dengan kefir yang dihasilkan secara tradisional. Produk kefir mengandung gas CO2 sehingga semakin lama proses fermentasi dilakukan maka kandungan gas CO2 semakin tinggi. Secara bertahap gas CO2 yang terbentuk harus dikeluarkan. Perlu ada desain kemasan khusus yang memudahkan keluarnya gas yang terbentuk selama dalam kemasan. Bila sistem kemasnya rapat, maka gas CO2 akan menyebabkan kembung kemasan dan bisa meledak bila kandungan gas terlalu tinggi. ...

  • Feb 19, 2019

    Mengenal Ingridien untuk Membuat Gelato

    Gelato merupakan jenis es krim yang berasal dari Italia. Perbedaan gelato dengan es krim pada umumnya terutama terletak pada komposisi kandungan lemaknya. Produk gelato memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit daripada es krim. Berbeda dengan es krim, komponen utama gelato adalah susu dan krim, tanpa penambahan kuning telur seperti pada formulasi es krim. Jenis susu yang paling baik untuk membuat gelato adalah whole milk sebanyak 3,5%, namun gelato juga dibuat menggunakan susu rendah lemak dengan jumlah sebanyak 1-2% atau pun susu tanpa lemak (skim). Selain mempertahankan sifat krimi dan tekstur yang lembut, namun susu juga berfungsi meningkatkan resistensi produk terhadap leleh. Di samping itu, susu tidak hanya menambah kandungan protein dalam produk, namun juga merupakan sumber kalsium. ...

  • Feb 18, 2019

    Ragam Olahan Kacang Ijo

    Kacang hijau atau yang biasa disebut kacang ijo merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sebagai bahan pangan, kacang ijo merupakan salah satu sumber protein nabati dengan kandungan protein sekitar 22,2%. Selain itu kacang ijo juga kaya akan zat gizi lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, serta vitamin B1. Meskipun bukan sebagai makanan pokok, masyarakat seringkali mengolah kacang ijo menjadi masakan siap santap. Hampir semua kalangan dapat menikmati masakan berbasis kacang ijo karena ketersediaan dan harga yang cukup terjangkau. ...

  • Feb 15, 2019

    Dangke: Produk Keju dengan Kearifan Lokal

    Dangke merupakan produk keju tradisional dari susu kerbau khas Sulawesi Selatan dan telah diproduksi sejak tahun 1905. Dangke banyak diproduksi di daerah Enrekang, Curio, Baraka, Anggeraja dan Alla. Menurut cerita, nama Dangke berasal dari bahasa Belanda, “dank u well” yang berarti terimaksih banyak. Saat itu seorang peternak kerbau memberikan olahan fermentasi susu kepada orang Belanda yang sedang melintas dan orang Belanda tersebut mengucapkan “dank je” yaitu ucapan singkat dari “dank u well”. Sejak saat itulah susu fermentasi kerbau ini disebut dangke. Dangke memiliki tekstur yang elastis, berwarna putih, dan memiliki rasa mirip dengan keju pada umumnya. ...

  • Feb 14, 2019

    Costing Menu Summer Fresh

    Summer Fresh merupakan smoothies buah mangga, pisang, dan peach yang dihaluskan dengan tambahan susu dan yogurt. Teksturnya agak kental mengandung butiran halus es buah beku yang dingin, sangat pas disajikan saat siang atau udara panas. Kaya akan vitamin C, kalium, kalsium, dan zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Penambahan yogurt selain memberi rasa asam segar juga memberikan manfaat bagi kesehatan percernaan karena mengandung probiotik. Bahan smothies ini antara lain mangga, peach, pisang, susu segar, dan yogurt. Kandungan gizi per porsinya antara lain; energi 251 kkal, protein 7,6 gram, lemak 8,2 gram, dan karbohidrat 39,8 gram. Berikut adalah costing dari Summer Fresh: ...