Instant Frozen Yoghurt: Convenience and Healthy



 

Perkembangan tren mengonsumsi yoghurt semakin marak akhir-akhir ini. Penyajian yoghurt sebagai frozen dessert dengan rasa yang segar dan ringan -karena rendah lemak- semakin menggugah selera. Apalagi jika penyajiannya bersama buah-buahan dan produk confectionery.

Kebanyakan yoghurt saat ini tersedia dalam bentuk siap minum dan harus disimpan dingin. Akibatnya konsumen dan food service sebagai penyedia menu berbasis yoghurt, mengalami kendala, baik dalam penyimpanan, penanganan, maupun penyajian –mengingat yoghurt bersifat perishable. Perkembangan frozen yoghurt yang semakin digemari konsumen meningkatkan kebutuhan untuk distribusi yang lebih luas, termasuk juga untuk produk turunannya.
Teknologi proses modern dalam pembuatan bubuk dengan sistem spray dried memberikan kita pilihan dalam memanfaatkan yoghurt dalam bentuk bubuk dengan kemudahan penanganan dan penyimpanan di suhu ruang. Dari yoghurt powder, dapat dibuat frozen yoghurt powder dengan menambahkan bahan lain seperti susu bubuk, gula, ataupun fresh yoghurt dan probiotik lain yang mudah di dapat di supermarket.

Manfaat yoghurt

Salah satu keunggulan yoghurt adalah kandungan probiotiknya. Probiotik adalah sel bakteri hidup yang memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan dan mampu bertahan hidup dalam kondisi saluran pencernaan manusia. Keyakinan akan efek baik yoghurt dikenal luas dari sejak zaman Abraham sampai Raja Perancis I yang telah disembuhkan dari penyakit dengan rutin mengoonsumsi yoghurt. Yoghurt modern saat ini dibuat dengan menggunakan kultur, yang dominan ada yaitu: Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Kedua bakteri ini akan mengubah susu cair menjadi koagulan kental dan lembut dengan rasa asam dan aromanya yang khas. Di samping kedua bakteri ini, kita bisa memperkaya manfaat yoghurt dengan penambahan probiotik lain seperti L. acidophilus, Bifidobacterium, atau L. casei.

Variasi rasa dan tekstur lembut frozen yoghurt powder

Frozen yoghurt powder bisa ditemukan dengan berbagai rasa buah-buahan seperti plain, lychee, stroberi, dan lain-lain. Kemudahan persiapan dengan hanya menambahkan air dingin sebelum masuk dalam mesin freezer, frozen yoghurt powder mulai dipilih sebagai salah satu pilihan untuk membuat frozen yoghurt yang saat ini mulai banyak tumbuh seperti jamur di mall-mall.

Tekstur lembut frozen yoghurt dihasilkan dari pilihan bahan baku yang seimbang dan pembekuan yang sempurna. Hasilnya adalah sensasi dingin, lembut, segar, ringan dan rasa buah lembut menggugah selera serta bisa dilangkapi dengan sajian buah-buah segar yang makin menyehatkan.

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...