Culinary Fiesta 2009



 

Culinary Fiesta kembali digelar pada tahun ini, acara mengambil tema mengekplorasi kekayaan dan keragaman makanan Indonesia. Chef Suwanta dari Hotel Ibis Mangga Dua dengan mengangkat resep Nasi Temu Sereh dan Victor Edwerd dari SMK Jayawisata 2 Jakarta dengan resepnya Indonesian Fusion Art adalah para juara pertama di kategori Food Display Competition untuk profesional dan non profesional.

Sementara itu untuk kategori Fruit Carving Competition untuk professional dan non professional, masing-masing pemenang pertamanya adalah Dolly Soeyatmoko dari hotel Mega Anggrek dan Lina dari Sekolah tinggi Parawisata Trisakti.

Mengangkat kuliner lokal dengan cita rasa internasional adalah tema wajib diangkat oleh para peserta tersebut. Adapun para jurinya adalah para chef handal dari Indonesian Chef Association.
Acara food display competition ini merupakan bagian dari Archipelago Fest 2009 yang diselenggarakan oleh Manan Foundation setiap tahun dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.
Diharapkan dengan dengan terselenggaranya Archipelago Fest dapat memicu anak bangsa untuk lebih berprestasi lagi dalam pelestarian dan pengembangan Budaya Indonesia.“ Semoga dengan acara pada tahun ketiga ini bisa mengingatkan banyaknya kekayaan kuliner Indonesia yang bisa dibanggakan dan diangkat ke dunia internasional,” kata Slamet Jarwanto coordinator food culinary completion tersebut.

Acara ini diselenggarakan atas dukungan PT Fitrafood International, Manan Foundation, PT Gastro Gizi Sarana, Badan Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi Banten, dan Indonesian Chef Association (ICA). K-10

 

Artikel Lainnya

  • Jul 24, 2018

    Tren Keju dalam Produk Pangan Indonesia

    Tren keju seakan tidak pernah ada habisnya. Meskipun bukan produk dan ingridien asli Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sangat akrab dengan cita rasa keju di berbagai produk pangan. Meningkatnya animo pasar dengan keju ini tentu harus disambut dengan inovasi produk pangan yang inovatif.  ...

  • Jul 16, 2018

    Promosi Hotel, Restoran dan Katering Indonesia dengan Kopi

    Keberhasilan Pameran Hotelex yang telah diselenggarakan di sepuluh negara Asia menjadi salah satu alasan kuat PT Pamerindo Indonesia untuk mengadakan Pameran Hotelex Indonesia pada 18-20 Juli 2018 mendatang di Jakarta International Expo. "Pameran ini merupakan pameran business to business. Kami harapkan Pameran Hotelex Indonesia akan dikunjungi oleh lebih dari 12.000 pengunjung yang merupakan para pelaku industri hotel, restoran dan katering," tutur Project Director PT Pamerindo Indonesia, Wiwik Roberto dalam konferensi pers Hotelex Indonesia di Jakarta pada 6 Juli 2018. ...

  • Jun 29, 2018

    Tepat Menggunakan Rempah

    Berbagai rempah memiliki variasi komponen kimiawi yang berperan dalam pembentukan profil flavornya....

  • Jun 28, 2018

    Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

    Berbagai rempah dan bumbu dapur yang selama ini dekat dengan...

  • Jun 27, 2018

    Mengenal Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu suku tanaman temu-temuan (Zingiberaceae)....