Culinary Fiesta 2009



 

Culinary Fiesta kembali digelar pada tahun ini, acara mengambil tema mengekplorasi kekayaan dan keragaman makanan Indonesia. Chef Suwanta dari Hotel Ibis Mangga Dua dengan mengangkat resep Nasi Temu Sereh dan Victor Edwerd dari SMK Jayawisata 2 Jakarta dengan resepnya Indonesian Fusion Art adalah para juara pertama di kategori Food Display Competition untuk profesional dan non profesional.

Sementara itu untuk kategori Fruit Carving Competition untuk professional dan non professional, masing-masing pemenang pertamanya adalah Dolly Soeyatmoko dari hotel Mega Anggrek dan Lina dari Sekolah tinggi Parawisata Trisakti.

Mengangkat kuliner lokal dengan cita rasa internasional adalah tema wajib diangkat oleh para peserta tersebut. Adapun para jurinya adalah para chef handal dari Indonesian Chef Association.
Acara food display competition ini merupakan bagian dari Archipelago Fest 2009 yang diselenggarakan oleh Manan Foundation setiap tahun dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.
Diharapkan dengan dengan terselenggaranya Archipelago Fest dapat memicu anak bangsa untuk lebih berprestasi lagi dalam pelestarian dan pengembangan Budaya Indonesia.“ Semoga dengan acara pada tahun ketiga ini bisa mengingatkan banyaknya kekayaan kuliner Indonesia yang bisa dibanggakan dan diangkat ke dunia internasional,” kata Slamet Jarwanto coordinator food culinary completion tersebut.

Acara ini diselenggarakan atas dukungan PT Fitrafood International, Manan Foundation, PT Gastro Gizi Sarana, Badan Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi Banten, dan Indonesian Chef Association (ICA). K-10

 

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...